Memilih waralaba yang baik

waralaba

User Rating: / 1
PoorBest 
Memilih waralaba yang baik - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Memilih waralaba yang baik

Memilih Waralaba Yang Baik

Mungkin banyak orang yang berfikir dan mungkin juga termasuk kita dan sebagian besar masyarakat lainnya bahwa waralaba merupakan alternatif yang mudah dan sederhana, atau bila boleh dikatakan jalur cepat untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Fikiran ini mungkin benar, tetapi fikiran ini akan sangat salah jika kita tidak berhati-hati dalam memilih waralaba yang baik dan bukan hanya sedang menipu atau memanfaatkan kita.

 

Usaha waralaba mungkin terlihat begitu menarik utamanya bagi yang belum mempunyai pengalaman dalam berwirausaha. Bagaimana tidak, hanya dengan bermodalkan uang, dan atau dengan lokasi yang strategis, maka sebuah usaha yang telah memiliki nama dan berjalan akan menjadi kepunyaan kita. Pada kenyataannya tentu tidak sesederhana itu pertimbangannya.

 

Usaha waralaba atau bisnis waralaba yang menjanjikan merupakan yang berkaitan dengan kebutuhan sehari hari. Kebutuhan ini dapat meliputi makanan, minuman, ritel, kecantikan dan lainnya. Kebutuhan sehari-hari bakal selalu dibutuhkan orang, hingga diharapkan usaha waralaba ini akan terus ramai. Tetapi mesti diperhatikan pula mengenai lokasi usaha. Bisa kita perhatikan di jalan jalan, ada satu waralaba yang berhadapan atau bahkan bersebelahan dengan waralaba lain yang memiliki produk sejenis. Hali ini tentu saja akan berpotensi konflik, atau setidaknya dapat menyulitkan laju usaha. Mesti juga diperhatikan apakah terdapat aturan di waralaba tersebut, atau aturan daerah tempat lokasi waralaba yang mengatur hal ini.

 

Ada beberapa panduan sederhana yang secara umum dapat kita gunakan guna memilih sebuah produk waralaba yang baik yaitu sebagai berikut :

 

Pelajari secara lengkap latar belakang usaha waralaba tersebut. Pendirinya, produknya, apa kata konsumennya, dan apa review dari orang-orang yang telah menjadi pewaralaba dibawahnya serta kunjungi juga lokasi pewaralaba dibawahnya tersebut.

Pada saat pertemuan awal, gali sebanyak-banyaknya informasi mengenai usaha waralaba ini, utamanya catatan keuangannya. Kita mesti mengetahui bagaimana trend keuangan usaha ini terutama dalam 5 tahun terakhir, serta bagaimana prospeknya 5 tahun ke depan. Waralaba yang baik pasti juga bisa menjelaskan dengan baik.

Merek waralaba yang telah banyak dikenal orang dan mempunyai reputasi bagus di masyarakat lebih dapat kita pertimbangkan. Tetapi kita juga tetap butuh melakukan riset dan mencari seluruh informasi, termasuk dari internet.

Hati hati dengan waralaba yang sangat mudah bermulut manis dan memberikan kita janji-janji surga dengan mudah. Jangan lengah dan tetap waspada.

Usaha waralaba yang baik mempunyai sistem training atau pelatihan, baik untuk kita ataupun untuk karyawan yang akan langsung terjun di usaha kita. Tersedia juga sistem operasional prosedur dalam bentuk buku yang dapat dipelajari dengan mudah. Pastikan pemiliki waralaba mempunyainya dan kita juga bisa memperolehnya.

 

Dari panduan sederhana diatas jika kita gunakan guna memilih waralaba yang baik dan ingin kita geluti. Gunakan waktu kita untuk riset secara benar dan mendalam. Jangan sia-siakan modal dan uang kita hanya untuk sebuah waralaba yang kelihatan menjanjikan tapi sesungguhnya tidak bermasa depan.

Jangan tertukar antara waralaba (waralaba) dengan Business Opportunity (penawaran bisnis). Jika ini jelas menguntungkan, aplikasi usahanya mudah dan dapat diterapkan serta memiliki panduan. Maka ini termasuk waralaba, tapi jika itu hanya janji-janji manis tanpa kejelasan. Segera waspada dan jangan langsung percaya. Selamat berwaralaba!


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!