Usaha Rumahan Laundry

usaha rumahan

User Rating: / 8
PoorBest 
Usaha Rumahan Laundry - 3.9 out of 5 based on 8 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Rumahan Laundry

Usaha Rumahan Laundry

Usaha Rumahan Laundry adalah usaha rumahan yang di jalankan di rumah sesuai dengan  namanya, target pasar dari Usaha Rumahan Laundry adalah rumah tangga di sekitar rumah  kita. Usaha Rumahan Laundry sangat baik di lakukan bila rumah kita berlokasi di komplek  perumahan padat, dekat dengan kos kosan mahasiswa atau pegawai, rumah sewa karyawan  dan lainnya.

 

 

Ada baiknya sebelum memulai Usaha Rumahan Laundry ini kita melakukan survei terlebih  dahulu, yang harus kita survei adalah banyak usaha sejenis, profesi penduduk terutama kaum  wanitanya di sekitar rumah kita, umur,pendidikan penghasilan rata rata dan karakteristik  konsumen. Survei bisa dilakukan secara langsung dengan melakukan pendataan dari rumah ke  rumah maupun secara tidak langsung yaitu melalui pengamatan yang kita lakukan dan  kemudian di kembangkan menjadi sebuah data.

 

Hasil survei sangat berpengaruh pada keberhasilan dan kemajuan Usaha Rumahan Laundry  yang kita buka. Semakin banyak perusahaan sejenis akan menggambarkan ketatnya persaingan  yang akan kita hadapi, kita mesti bisa mengambil hati konsumen dengan pelayanan yang baik,  harga yang bersaing, kualitas yang bagus, dan tepat waktu. Sementara semakin padat  perumahan, kos kosan dan rumah sewaan karyawan akan semakin membuka peluang bagi kita  untuk memperoleh konsumen. Pendidikan dan penghasilan rata rata akan berpengaruh  terhadap kebiasaan mereka, semakin tinggi penghasilan dan pendidikan semakin banyak yang  akan menggunakan jasa Usaha Rumahan Laundry kita. Begitu juga dengan karakteristik  konsumen bila semakin royal dan sering "Jajan" juga akan semakin sering menggunakan jasa  kita.

 

Setelah survei di lakukan dan dianggap layak, tahap berikutnya adalah merencanakan  promosi, peralatan dan operasional Usaha Rumahan Laundry kita. Kita siapkan peralatan  mesin cuci, pengering dan setrika. Siapkan juga perlengkapan seperti kantong pembungkus,  gantungan baju, plastik penutup baju dan lain sebagainya. Bila anda bingung peralatan dan  perlengkapan apa saja yang mesti di siapkan, anda baiknya anda membeli dengan sistem  paket di mana sudah di sediakan semua perlengkapan. Anda bisa mencarinya di GOOGLE

 

Setelah mesin laundry siap, tentukan skema penjualan yang kita lakukan. Apakah dengan  skema laundry kiloan, skema laundry bayar bulanan untuk karyawan misalnya dan lain  sebagainya. Tentukan juga harga jasa laundry yang anda berikan, usahakan harga jasa  laundry anda lebih murah atau tidak di atas para pesaing anda. Buatlah ruangan khusus atau  kios di depan rumah yang paling strategis mengarah orang yang biasa lalu lalang, buatlah  semenarik, unik dan senyaman mungkin. Pastikan tersedia sistem sirkulasi  air yang baik.

 

Setelah itu barulah siapkan promosi untuk Usaha Rumahan Laundry anda, tentukan jumlah  dana yang akan kita keluarkan untuk keperluan promosi. Promosi bisa kita lakukan dengan  cara promosi dari mulut ke mulut, membuat dan menyebarkan pamflet, leaflet, brosur ke kos  kosan, rumah sewaan, dan perumahan di sekitar kita. Baik juga untuk membuat spanduk atau  banner di depan lokasi Usaha Laundry supaya orang orang yang lewat bisa tahu tentang  usaha laundry yang kita jalani dan tertarik untuk menggunakan jasa usaha laundry kita.

 

Berikan diskon bagi pelanggan yang menggunakan jasa usaha laundry kita dengan kuantitas  tertentu, contoh bila pelanggan memesan 5 kg sedangkan harga per kg-nya Rp 5.000 anda  cukup menagih Rp 20.000. Buatlah banner atau spanduk khusus yang memuat diskon ini  supaya setiap orang tahu, masukan juga dalam brosur, leaflet yang kita sebarkan.

 

Pelayanan adalah kunci usaha jasa apapun juga termasuk usaha laundry, ramahlah dengan  pelanggan dan cobalah untuk berbincang atau sekedar menanyakan kabar. Ini penting untuk  mengambil "Hati" pelanggan, jika mereka senang dengan anda mereka akan kembali  menggunakan jasa usaha rumahan laundry anda walaupun banyak pesaing. Kualitas dari jasa  yang anda berikan juga akan sangat menentukan, begitu juga ketepatan waktu dalam  menyelesaikan pesanan pelanggan.

 

Bila Usaha Rumahan Laundry anda sudah mulai berkembang dan cukup besar, mulailah untuk  memikirkan merekrut karyawan guna membantu usaha laundry anda ini. buatlah sistem  penggajian yang adil dan sesuai dengan beban kerja juga berikan bonus bila omset usaha  meningkat, hal ini bisa meningkatkan semangat kerja karyawan untuk memberikan yang  terbaik untuk usaha rumahan laundry anda. Selamat berwirausaha


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!