Usaha membuat Nata de Coco

usaha rumahan

User Rating: / 13
PoorBest 
Usaha membuat Nata de Coco - 4.3 out of 5 based on 13 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha membuat Nata de Coco

Usaha membuat Nata de Coco
Nata de coco adalah sejenis makanan yang di buat dari hasil fermentasi air kelapa menggunakan asam cuka, makanan ini biasanya di jadikan minuman yang sangat populer dan laris ketika bulan puasa tiba. Salah satu peluang usaha yang bisa dibilang prospeknya bagus adalah usaha rumahan membuat nata de coco. Walaupun di pasaran sudah ada bebarapa produsen, namun dengan manajemen yang baik kita tetap akan bisa merebut pasar.

Saat ini, berbagai upaya dilakukan para pembuat nata de coco untuk merebut pasar. Salah satunya adalah dengan berinovasi membuat beberapa varian rasa yang berbeda dalam minuman yang berisikan nata de coco buatannya, misalnya ada yang rasa mangga, strawberry, lechi, rasa nanas, rasa apel, dan original tentunya. Begitu juga dengan warna yang dibuat berbagai macam, disamping warna putih, ada yang merah, kuning, kuning, orange dan hijau. Dan yang paling utama adalah kualitas bahan dan ketepatan racikannya hingga menghasilkan produk minuman nata de coco yang enak dan sehat.

Cara membuat nata de coco

Cara Membuat nata de coco sebetulnya tidak terlalu sulit, bahan dasarnya adalah air kelapa yang di fermentasi dengan asam cuka. Gula pasir juga ditambahkan untuk membuat rasa manis, sedangkan berbagai rasa di tambahkan saat membuat minuman berbahan kabu nata de coco. Berikut ini adalh cara membuat nata de coco yang bisa kita ikuti.

Resep Nata de coco

Bahan-bahan :

  • Air kelapa
  • Gula pasir
  • Asam cuka (asam asetat)
  • Wadah fermentasi
  • Starter atau biakan bakteri Acetobacter xylinum
  • Panci untuk memasak

Cara membuat nata de coco

  1. Saringlah air kelapa untuk memisahkan kotoran dan serat. Pastikan kandungan air kelapa benar-benar bersih dari serat-serat kelapa.
  2. Masukkan air kelapa ke dalam panci. Didihkan air kelapa tersebut. setelah mendidih, tuangkan gula pasir.
  3. Matikan api dan dinginkan. Taruhlah air kelapa tersebut ke dalam wadah untuk proses fermentasi yang telah steril. Setelah dingin, tambahkan asam asetat (asam cuka).
  4. Tahap selanjutnya adalah tahap inokulasi yaitu suatu proses pemindahan bibit atau biakan bakteri dari medium lama ke medium baru. Pindahkan starter atau biakan bakteri Acetobacter xylinum dari media biakan ke wadah fermentasi berisi air kelapa yang telah didihkan, diberi gula dan asam cuka.
  5. Tutuplah wadah fermentasi dan peram selama 7 sampai 14 hari. Pastikan media peram tertutup dan tidak mengalami goncangan. Pastikan kesterilan wadah peram dan penutupnya.
  6. Ketika masa panen nata tiba, nata harus dicuci, direbus atau direndam terlebih dahulu untuk menghilangkan asam. Jika dilakukan dengan cara direndam, rendamlah dalam air selama 3 hari dan pastikan untuk mengganti air rendaman setiap hari.
  7. Setelah itu, nata dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Kemudian lakukan perebusan nata kembali.
  8. Tahap akhhir pembuatan nata de coco yaitu dengan merendam nata yang telah direbus ke dalam larutan gula dengan presentase 40% selama 30 menit sampai 45 menit. Nata siap disantap.
  9. Nata de coco siap di kemas atau di jadikan minuman segar


Promosi dan Pemasaran
Sistem pemasaran nata de coco bisa dilakukan dengan mengajak distributor kerjasama untuk mengambil produk kita dengan komisi. Itu dilakukan kalau produk kita dalam jumlah banyak. Dan kita mampu untuk secara kontinyu menyediakan produknya jika para distributor itu membutuhkan. Tetapi jika produknya dipandang masih belum banyak, maka kita bisa memasarkan langsung ke toko-toko. Tentu saja dengan mempekerjakan sales. Kalau itupun tidak bisa karena produknya masih sedikit, maka memang kita harus langsung memasarkan sendiri ke toko-toko. Sasaran toko-toko tersebut yaitu toko-toko kelontong, toko khusus makanan dan minuman dan warung makan atau rumah makan. Saat ini penjualan nata de coco dengan memakai media online juga sudah banyak dilakukan


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!