Usaha Modal Kecil PopCorn

usaha modal kecil

User Rating: / 27
PoorBest 
Usaha Modal Kecil PopCorn - 4.7 out of 5 based on 27 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Modal Kecil PopCorn

Usaha Modal Kecil Pop Corn,Usaha Modal Kecil, Pop Corn,Usaha Kecil PopCorn,bisnis popcorn,bisnis,usaha

Popcorn merupakan penganan yang terbuat dari jagung dan umumnya di makan saat  bersantai, menonton film dan acara keluarga. Biasanya popcorn di jual di bioskop, taman  bermain, pasar malam, sekolah atau kampus dan berbagai tempat orang orang berkumpul.  Anak anak dan remaja adalah orang yang sangat menyukai popcorn, mereka adalah target  pasar utama usaha modal kecil popcorn ini.

 

 

Bahan Baku PopCorn

Bahan Baku utama usaha modal kecil popcorn adalah Jagung dan mentega, popcorn adalah  jagung yang di panaskan dalam suhu tinggi sampai mengembang. Mentega di gunakan agar  rasa popcorn lebih gurih dan enak, menimbulkan kesan padat, di beberapa penjual popcorn  juga di sajikan dalam rasa manis dengan tambahan larutan gula saat membuatnya. Cara membuat popcorn ini bisa dibilang sangatlah mudah, masukan satu sendok makan mentega dan 3 sendok jagung ke mesin popcorn atau microwave. Dalam 2 menit popcorn lezat sudah siap di jual.

 

Lokasi Usaha PopCorn

Popcorn bukanlah termasuk makanan pokok, oleh karena itu meskipun banyak yang  menyukainya. Pemilihan lokasi usaha yang tepat sangatlah berpengaruh pada usaha popcorn  karena tidak semua orang "membutuhkan" popcorn, melainkan hanya untuk camilan saja.  Lokasi yang tepat adalah tempat dimana banyak anak anak dan remaja berkumpul seperti  taman bermain, taman hiburan, sekolahan, kampus dan bisa juga membuka usaha modal kecil  di pusat perbelanjaan yang ramai. Besarnya biaya sewa tempat juga mesti anda perhatikan dengan seksama dan harus sesuai dengan perkiraan harga jual dan banyaknya penjualan yang terjadi.

 

Perlengkapan Usaha Modal Kecil Popcorn

Perlengkapan usaha untuk usaha modal kecil popcorn ini terbilang sedikit tapi unik karena  tidak di temukan di usaha jenis lain, yaitu alat untuk membuat popcorn. Secara tradisional kita  bisa membuat popcorn menggunakan wajan panas di isi pasir, jagung di masukan ke dalam  wajan berpasir ini hingga mengembang. Popcorn yang di hasilkan secara tradisional ini relatif  lebih gurih dan alami, walau begitu kita tidak mungkin membuat popcorn seperti ini lagi untuk  usaha. Anda membutuhkan alat pembuat popcorn, anda dapat menggunakan Microwave atau  Oven dan Mesin Pembuat Popcorn.

Bila anda menggunakan microwave anda mungkin dapat  menghemat biaya modal usaha karena lebih rendah biaya pembeliannya dan microwave pun  dapat di gunakan untuk keperluan lain, kelemahannya kapasitas produksi yang di hasilkan  relatif terbatas untuk keperluan usaha modal kecil Popcorn. Sedangkan bila anda memilih  Membeli Mesin PopCorn, modal usaha yang anda keluarkan cukup besar dan mesin popcorn  tidak dapat dipakai untuk keperluan lain. Walau begitu mesin popcorn dapat menunjang  kegiatan usaha modal kecil popcorn anda dengan baik, kami menyarankan anda membeli mesin popcorn bila anda serius menekuni usaha ini.

Nama Perlengkapan Harga (Rp)
Etalase atau Gerobak 1.500.000 - 3.000.000
Mesin PopCorn 2.000.000 - 4.000.000
Microwave 800.000 - 2.000.000

*Catatan : Microwave atau Mesin Popcorn dapat anda pilih salah satu saja sesuai keinginan anda.

 

Karyawan

Usaha Modal Kecil Popcorn bisa berjalan dengan hanya seorang operator, ini berarti bila anda memutuskan mengelola secara langsung usaha kecil ini anda tidak membutuhkan bantuan karyawan. Lain hal nya bila anda tidak ingin terlibat langsung dan membuat usaha popcorn ini sebagai usaha sampingan saja, anda dapat memperkerjakan seorang karyawan untuk mengelola bisnis popcorn ini.

 

Promosi Usaha

Karena Popcorn bukanlah makanan pokok, maka anda mesti mengenalkan usaha kecil ini pada masyarakat sekitar usaha anda. Anda dapat membuat spanduk atau banner besar yang memberitahukan keberadaan usaha popcorn anda, buat juga etalase atau gerobak yang menarik dan warna yang mencolok mata agar mudah dikenali. Rasa dan banyaknya popcorn juga akan menjadi ukuran bagi pembeli, terutama bila anda memiliki saingan usaha di kawasan tersebut.

 

Harga jual Popcorn

Popcorn umumnya di jual seharga Rp 5.000 di taman bermain atau taman hiburan malam dan sekolahan, namun bila di jual di pusat perbelanjaan, taman rekreasi berbayar, atau bioskop harganya bisa melonjak tinggi berkisar Rp 10.000 - Rp 20.000. tentu ini akan sejalan dengan harga sewa tempat yang juga mahal di kawasan tersebut. Bila anda memutuskan bejualan menggunakan gerobak dorong ke kampung kampung, maka harga jual dapat lebih rendah, bisa sekitar Rp 3.000-Rp 5.000 atau sesuai dengan uang yang di miliki pembeli dalam artian seperti ini. Bila kita mematok harga popcorn dengan harga Rp 5.000 untuk 1 ons popcorn, maka jika ada yang membeli seharga Rp 2.000 misalnya anda dapat memberinya sebanyak 0,4 Ons saja.

 

Resiko Usaha Popcorn

Resiko terbesar adalah karena pembeli yang datang sedikit saja, ini bisa di karenakan popcorn bukanlah usaha makanan pokok yang selalu di cari pembeli setiap hari. Mundurnya perekonomian dan mundurnya pendapatan masyarakat sekitar juga bisa membuat penjualan berkurang. Walau begitu, dikarenakan biaya operasional usaha modal kecil ini sedikit. Ini dapat menutup kerugian yang bisa di timbulkan


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!