Usaha Modal Kecil Dagang Sayur Keliling

usaha modal kecil

User Rating: / 15
PoorBest 
Usaha Modal Kecil Dagang Sayur Keliling - 4.7 out of 5 based on 15 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Modal Kecil Dagang Sayur Keliling

Usaha Modal Kecil Dagang Sayur Keliling

Anda boleh saja menganggap remeh profesi yang satu ini, namun berjualan sayur keliling merupakan salah satu usaha modal kecil yang ada di setiap wilayah masyarakat dan mampu memberikan penghidupan bagi penjual sayur keliling tersebut berikut keluarganya. Usaha dagang sayur keliling ini sudah terbukti tahan banting baik itu saat krisis menerpa maupun tidak. Keuntungan yang di dapat dari usaha menjual sayur keliling sesungguhnya cukup menjanjikan dan dapat mencapai 25%-50% dari penjualan, ini sebabnya usaha dagang sayur keliling ini masih menjanjikan.

Jika anda ingin menjadi seorang penjual sayur kelililng, anda memerlukan mental yang kuat dan daya tahan tubuh yang baik. Anda mesti bersedia bangun pagi buta untuk membeli sayur sayuran di pasar agar saat pagi hari anda sudah siap berjualan sayuran kepada pelanggan anda. Pilihlah sayuran yang masih segar dan memiliki kualitas yang baik, jangan membeli sayuran jelek untuk menghindari kerugian akibat sayuran itu tidak laku dan tidak ada yang beli. Utamakan juga mencarikan sayuran pesanan pelanggan terlebih dahulu, hal ini agar pelanggan anda tidak kecewa.

 

Sarana Transportasi Berdagang Sayur Keliling

Sebagai pedagang sayur keliling, tentunya anda membutuhkan sarana untuk membawa sayuran yang akan di jual. Umumnya pedagang sayur keliling berjualan menggunakan gerobak sayur, namun begitu saat ini banyak juga di temukan pedagang sayur keliling yang menggunakan sepeda atau sepeda motor, bahkan ada yang menggunakan mobil bak terbuka sebagai sarana usaha pedagang sayur keliling. Sarana ini juga akan berpengaruh terhadap daya jelajah anda berkeliling, bila menggunakan gerobak atau sepeda anda mungkin hanya dapat berkeliling komplek dan kampung namun keuntungannya anda dapat memasuki gang gang sempit. Sedangkan bila memakai mobil bak terbuka anda tidak dapat memasuki gang gang sempit tapi di untungkan dengan kemampuan jelajah yang jauh dan banyaknya sayuran yang dapat anda bawa.

 

Ada beberapa tips yang dapat anda ikuti dalam berjualan sayur secara keliling, mungkin tips tips ini dapat membantu anda.

1. Buatlah pelanggan tetap kembali

Usaha kecil anda ini hanya dapat berhasil bila ada pelanggan atau pembeli, usahakan anda dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan pembeli terutama bila pembeli memesan sayuran sehari sebelumnya kepada anda.

2. Harga yang bersaing

Usahakan harga yang anda tetapkan tidak melebihi harga para penjual sayur lainnya, ini akan membuat para pelanggan tetap kembali membeli pada anda setiap hari

3. Akrab dengan pembeli

Usaha pedagang sayur keliling masih mengandalkan sistem tawar menawar, ini sebabnya anda mesti dapat berinteraksi dengan para pembeli, bersenda guran dan bertegur sapa. Bagaimana mungkin para pembeli akan kembali bila anda saat di tanya harga hanya menjawab secukupnya tanpa mau mengakrabkan diri dengan para pembeli, apalagi bila anda sering jutek, cemberut atau bahkan pemarah saat sayuran anda ditawar.

4. Tepat waktu

Para ibu rumah tangga yang membeli sayuran biasanya akan berbelanja di pagi hari, terlambat sedikit saja anda dapat kehilangan palenggan karena mereka sudah membeli dari penjual sayur lain. Untuk itu anda harus tepat waktu, jika anda mulai berjualan jam 6 pagi maka usahakan setiap hari anda memulai jualan jam 6 pagi agar para pelanggan dapat pemperkirakan kadatangan anda.

5. Menentukan rute berjualan

Rute berjualan harus di buat dan mesti dijalani setiap hari agar anda bisa datang ke para pelanggan anda di waktu dan tempat yang sama setiap harinya.

6. Jaga kebersihan barang dagangan

Kebersihan sayuran wajib di jaga dari kotoran maupun dari lalat yang biasanya akan selalu mengiringi, terutama jika anda juga membawa lauk atau daging yang bersipat amis

7. Buat kode panggil tersendiri

Kode panggil yang di maksud adalah kata kata atau bunyi tertentu yang unik dan bila diperdengarkan akan mudah di kenali para pelanggan anda yang mungkin masih berada di dalam rumah, seperti bunyi tok tok pada pedagang bakso atau berteriak Sayur.

 

Anda juga harus memikirkan mana yang lebih efektif agar berkeliling atau diam di tempat, sebagai contoh bila anda telah selesai berkeliling komplek perumahan anda bisa mangkal di suatu tempat yang strategis agar jika ada para ibu yang terlewat dapat menyusul anda ketempat tersebut. Ketekunan dan mental yang kuat akan menentukan keberhasilan usaha dagang sayur keliling, anda juga harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan ataupun orang orang yang biasa anda temui saat anda lewat untuk berjualan, begitu juga dengan para pedagang sayur di pasar. Selamat berusaha.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!