Home Usaha Kecil Usaha Reparasi Sepatu

Usaha Reparasi Sepatu

User Rating: / 7
PoorBest 
Usaha Reparasi Sepatu - 4.6 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

usaha kecil
Written by Diandra Azahra   

Usaha Reparasi Sepatu

Usaha Reparasi Sepatu

Usaha reparasi sepatu atau biasa dikenal dengan nama usaha sol sepatu sebetulnya bukan hal yang baru. Pada awalnya usaha reparasi sepatu hanya bertujuan untuk memperbaiki sepatu sesuai keinginan pelanggan, serta bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan anatomi kaki  para pemiliknya. Namun saat ini usaha reparasi sepatu juga sudah banyak yang menerjunkan diri di pembuatan sepatu secara handmade.


Usaha reparasi sepatu biasanya mendatangi rumah kerumah, mereka bekerja dengan peralatan sol sepatu yang bisa dibilang seadanya. Namun ternyata banyak juga pengusaha ukm reparasi sepatu yang menetap dan membuka kios mereka. Disinilah, selain memperbaiki sepatu pelanggan mereka juga membuat sendiri sepatu hasil produksi mereka. Kunci terpenting produk sepatu yang akan dibuat adalah desain yang lebih baik daripada sepatu yang ada di pasaran.

Dalam mengelola usaha reparasi sepatu dan produksi sepatu handmade ini tantangan yang dihadapi adalah waktu yang cukup lama. Dimana pengukuran kaki pelanggan baik untuk perbaikan ataupun pemesan sepatu membutuhkan waktu yang cukup lama sebab seluruhnya di lakukan secara manual. Bahkan tidak jarang ada pelanggan yang meminta supaya datang kerumah mereka dan melakukan pengukuran dirumah pelanggan.

Banyak pelangan yang mau sepatu mereka jadi dengan cepat, dalam keadaan seperti ini para pengusaha reparasi sepatu harus bekerja ekstra keras bahkan lembur untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Para pegawai harus memperhatikan catatan catatan yang sudah dibuat ketika melakukan pengukuran kaki pelanggan agar sepatu yang di produksi atau diperbaiki bisa sesuai dengan yang diinginkan.

Tantangan lain dalam usaha kecil ini adalah  memberikan dan menyediakan produk sepatu buatan tangan sesuai dengan yang diinginkan pelanggan. Ini merupakan tantangan terbesar sebab bila sepatu tidak sesuai dengan yang diharapkan atau tidak nyaman digunakan maka sepatu akan dikembalikan kembali oleh pelanggan. Oleh karena itu sejak awal proses produksi, dari sejak pengukuran dan pencatatan anatomi kaki sampai produksi harus dilakukan secara ekstra hati-hati.

Banyak pemilik anatomi kaki bermasalah seperti mempunyai bentuk punuk kaki lebih tinggi dari bentuk normal, mempunyai telapak kaki yang datar dan melebar atau tidak mempunyai cekungan, atau bahkan ada bentuk kaki yang bentuknya lebih panjang sebab mempunyai jari yang lebih panjang dari ukuran normal, serta bentuk-bentuk asimetris lainnya. Kunci penting lainnya adalah penggunaan  bahan baku yang berkualitas, serta kontrol produksi secara maksimal sehingga produk yang dihasilkan memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada pelanggan.

Semakin banyaknya jumlah permintaan pesanan sepatu handmade memerlukan bahan baku yang harus dibeli secara tunai dalam jumlah cukup sebagai stok. Pembelian bahan baku ini memerlukan modal dimuka yang mesti tersedia,  sementara ketersediaan modal usaha biasanya sangat minim jumlahnya. Sedangkan peralatan yang semula digunakan hanya peralatan sederhana seperti peralatan sol sepatu dan kini terus berkembang dan bertambah jumlahnya seiring dengan kebutuhan produksi sepatu rumahan ini.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

 

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!

Joomla templates by a4joomla