Home Usaha Kecil Usaha Kecil Odong Odong

Usaha Kecil Odong Odong

User Rating: / 6
PoorBest 
Usaha Kecil Odong Odong - 5.0 out of 5 based on 6 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

usaha kecil
Written by Dody Tabrani   

Usaha Kecil Odong Odong

usaha odong odong
Usaha kecil odong odong kerap kali di pandang sebelah mata, sebetulnya penghasilan dari usaha odong odong ini tidak kalah dengan kerja kantoran bahkan berlipat. Umumnya harga yang di terapkan pada anak anak untuk sekali naik odong odong berkisar antara Rp 1.000 - Rp 2.000 per anak/sekali naik. Sekali goes dapat menaikan 4 orang anak, dengan lama sekitar 3 lagu atau 6 menit. Jadi dalam 1 jam bisa mendapatkan Rp 20.000 - Rp 40.000, dan bila bekerja selama 8 jam maka dalam sehari akan memperoleh Rp 160.000 - Rp 320.000 atau sekitar Rp 4.800.000 - Rp 9.600.000 perbulan/30 hari. Amazing, anggaplah bila odong odong kita sedang sepi dan hanya di isi setengahnya atau seperempatnya bisa kita hitung sendiri berapa penghasilan kita dan modalnya  hanya tenaga.



Tentu saja penghasilan di atas dengan asumsi bila kita sendiri yang menjalankan usaha odong odong tersebut dan odong odong tersebut milik kita. Bila kita tidak memiliki odong-odong sendiri kita harus menyewa dengan biaya sekitar Rp 35.000 - Rp 40.000 /hari, bila serius sebaiknya memang memiliki odong odong sendiri atau bahkan juragan odong-odong.  

Harga odong odong baru bervariasi, untuk odong odong becak berkisar antara Rp 4,5 Juta - Rp 6,5 Juta menggunakan tenaga kita. Sedangkan untuk odong odong motor Sekitar Rp 10 Juta sudah termasuk sepeda motor (bekas) sebagai tenaga penggerak. Semakin unik, mencolok dan tokoh mainan yang disukai akan semakin di minati oleh anak anak. Untuk memesan odong odong  baru bisa lihat di http://odong-odongku.com/ atau klik cari  GOOGLE.

 

Riset Sebelum Usaha Odong Odong


Sebelum memulai usaha kecil odong odong, kita perlu melakukan sedikit riset terlebih dahulu guna mengetahui pesaing dan target pasar kita. Dalam riset ini yang mesti kita ketahui adalah sebagai berikut :

  • Cari suatu daerah untuk usaha odong odong yang banyak terdapat anak kecil usia 5 tahun kebawah karena anak anak  di atas 5 tahun sudah kurang berminat naik odong odong. Lebih baik cari daerah lain bila sedikit anak anak di bawah 5 tahun.
  • Perhatikan pesaing odong-odong di daerah tersebut apakah banyak pesaingnya dan apakah odong odongnya bagus bagus atau model lama semua, jika odong odongnya bagus semua anda harus membeli odong odong baru jangan yang bekas agar bisa bersaing.
  • Perhatikan juga model odong-odong pesaing di daerah tersebut, jika odong odong boneka sebaiknya anda membeli odong odong model lain yang berbeda dengan yang lain sebab anak anak lebih suka yang baru.

Beberapa hal agar pendapatan usaha odong odong stabil

Setelah tempat baru di dapat, saatnya memesan odong odong yang sesuai. Setelah odong odong di dapat kita bisa mulai usaha odong odong kita, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar pendapatan dari usaha kecil odong odong kita stabil.

  • Saat kita pertama kali memulai usaha, biasanya minggu pertama masih akan sepi. Ini di karenakan anak anak dan ibu ibunya belum begitu kenal dengan kita, kita juga belum begitu mengetahui kebiasaan anak anak bermain. Biasanya pada minggu kedua baru usaha odong odong kita mulai ramai dan berlangganan, hal ini karena ibu ibupun sudah mulai kenal dan merasa aman dengan kita.
  • Jangan datang ke tempat yang sama setiap hari karena anak anak akan mudah bosan, carilah beberapa tempat usaha yang berbeda dan atur jadwal keliling di daerah tersebut sehingga anak anak tidak cepat bosan.
  • Akrablah dengan ibu ibu, usahakan mengobrol dengan ibu ibu demikian juga dengan anak anak. Usahakan hafal dengan setiap nama anak, sapalah anak tersebut bila bertemu demikian juga ibunya.
  • Untuk anak anak di bawah 1 tahun wajib ditunggui oleh orang tua mereka dan mesti lebih kita perhatikan untuk mencegah kecelakaan jatuh.
  • Mulailah keliling dari pagi hari saat anak anak sarapan, usahakan bila pagi hari kita keliling di sekitar perumahan dan siangnya di perkampungan dan sekolah TK. Istirahatlah di siang hari, dan kembali keliling saat sore hari.
  • Jika ada keramaian seperti pasar malam, hajatan dll. Sebaiknya anda mangkal di tempat tersebut dari sore agar mendapat tempat yang bagus, pasangi dengan lampu lampu agar terang dan lebih menarik.


Usaha odong odong saat ini bisa dibilang tengah naik daun. Lihat saja di beberapa kompleks perumahan dan perkampungan di Jakarta atau daerah lain, odong-odong selalu terlihat. Anak-anak begitu senang naik odong-odong, diiring lagu anak dari suara tape yang dipasang di kereta andong tersebut. Kita juga dapat berjualan sebagai usaha sampingan, juallah kebutuhan anak anak dan mainan. Namun ingat, kita tidak boleh lengah karena berjualan dan tetap fokuslah pada odong odong yang sedang kita jalankan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

 

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!

Joomla templates by a4joomla