Home Usaha Kecil Usaha Kecil kerajinan tangan tradisional Indonesia

Usaha Kecil kerajinan tangan tradisional Indonesia

User Rating: / 8
PoorBest 
Usaha Kecil kerajinan tangan tradisional Indonesia - 4.0 out of 5 based on 8 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

usaha kecil
Written by Dody Tabrani   

Usaha Kecil kerajinan tangan tradisional Indonesia

Usaha Kecil kerajinan tangan tradisional Indonesia,Usaha Kecil, kerajinan tangan tradisional Indonesia

Usaha Kecil kerajinan tangan tradisional Indonesia. Kerajinan tangan tradisional Indonesia saat ini sudah mendapatkan pasar yang cukup luas dan memiliki pasar tersendiri. Apalagi, tidak sedikit pula produk kerajinan tangan tradisional indonesia yang sudah sukses menembus pasar mancanegara.

Orang orang diluar negeri, khususnya dari Eropa dan Amerika menilai barang-barang kerajinan tangan tradisional Indonesia mempunyai sesuatu hal yang eksotis, unik, serta antik. Tidak jarang ada yang bersedia membeli walaupun dengan harga mahal. Barang barang kerajinan tangan tradisional Indonesia ini juga dianggap sesuai dengan selera sebagian masyarakat Eropa dan Amerika yang memulai kembali pola hidup alami ( back to nature ).




Kerajinan rotan, anyaman, batik, wayang, kain tenun, ulos, angklung, dan beragam hasil kerajinan tangan tradisional indonesia telah melanglang buana, menghiasi rumah rumah orang di beragam penjuru dunia.

Standar Mutu Kerajinan tangan tradisional Indonesia


Kerajinan tangan tradisional Indonesia sudah tidak lagi hanya berkutat pada pasar didalam negeri saja. Sebenarnya benar benar tidak mudah menembus pasar luar negeri karena negara-negara tersebut, seperti  negara Amerika, Eropa, Jepang, dan Australia mempunyai standar mutu yang tinggi dan berlainan dengan Indonesia. Standar mutu yang dimiliki Indonesia umumnya masih lebih rendah. Dan juga tidak sedikit produk indonesia yang dibuat asal jadi.

Adanya perbedaan standar mutu ini tentunya tidak menjadikan usaha kecil kerajinan tangan tradisional Indonesia mundur serta takut untuk menembus pasar mancanegara. Adanya perbedaan standar mutu ini justru harus dijadikan dorongan guna menghasilkan produk kerajinan tangan tradisional Indonesia dengan mutu yang semakin baik dan mampu menyaingi dan melampaui mutu produk produk sejenis dari negara lain. Tidak salah juga untuk berkompromi dengan keinginan pasar sepanjang hal ini tidak merubah makna filosofi yang terkandung didalam produk kerajinan tangan tradisional Indonesia ini.

Jika bukan kita sendiri yang mengangkat seni kerajinan tangan tradisional indonesia, siapa lagi yang akan mengerjakannya ? Jiki kita justru malu menunjukkan kepada dunia bahwa inilah kerajinan tangan tradisional Indonesia, janganlah kebakaran jenggot jika suatu saat di kemudian hari kerajinan tangan tradisional Indonesia “dicuri” serta diakui oleh bangsa lain. Akankah kita bisa memanfaatkan usaha kecil  kerajinan tangan tradisional Indonesia di negeri kita sendiri sebelum diambil negara lain.

Refferensi

Photo


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

 

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!

Joomla templates by a4joomla