Usaha Kecil Cafe Ice Cream

usaha kecil

User Rating: / 53
PoorBest 
Usaha Kecil Cafe Ice Cream - 4.9 out of 5 based on 53 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

 

Peluang usaha Cafe Ice cream

Cafe ice cream

Peluang usaha es krim rumahan skala kecil menengah ini sengaja saya ulas karena beberapa waktu yang lalu saya sempat mampir di sebuah Cafe Ice Cream, ternyata asal usulnya adalah penjual Ice cream keliling milik sebuah perusahaan Ice Cream besar  dan akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan Usaha Kecil Cafe Ice Cream ke arah yang lebih besar lagi dengan membuka toko sendiri.

 

Pada dasarnya es krim bisa di bagi 2 macam.

1. Soft es krim. Yaitu es krim yang berasal dari susu dan biasa di sebut Softmix yang di olah dalam Ice Cream Mechine, pada dasarnya mesin es krim ini membuat softmix tersebut mengembang menjadi es krim. Kita biasa mengenalnya dengan nama Ice Cream Cone yang biasa di jual di fastfood.

 

2. Hard es krim. Yaitu es krim yang biasa anda beli di toko toko seperti eskrim walls, diamond dan lain sebagainya. eskrim jenis inilah yang bisa kita buat sendiri dengan rasa yang tidak kalah lezatnya

 

Lalu bagaimana anda memulai peluang usaha ini? bagaimana jika anda tidak bisa ? tenang saja, pertama anda tentukan dulu jenis es krim mana yang akan anda ambil atau kah keduanya.

 

Bila anda memutuskan untuk usaha kecil soft ice cream maka modal awal yang harus di keluarkan adalah membeli mesin es krim. Harga mesin es krim yang kecil dan hanya dapat membuat satu rasa saja sekitar 5 juta rupiah, sedangkan yang bisa dua sampai tiga rasa lebih dari 20 juta rupiah. Silahkan anda cari penjual mesinnya di google dan  mereka juga akan memberikan suplai softmix bagi anda, saran saya gunakan softmix dari indomilk atau diamond. saat ini banyak yang mulai menjualnya dengan keliling komplek atau dekat sekolahan dengan menggunakan mobil dan genset ataupun di pusat pusat perbelanjaan.

 

Untuk anda yang memutuskan memilih  Hard Ice cream maka yang anda butuhkan adalah keyakinan serta Trial and erorr alias coba dan coba karena modal usaha yang di butuhkan tidak terlalu banyak. anda bisa membuka toko atau cafe es krim sendiri atau juga memanfaatkan penjual es krim keliling (anda bisa memperkerjakan beberapa orang sebagai penjual es krim anda). es krim jenis ini juga bisa anda titipkan di toko toko sekitar anda atau juga memanfaatkan event event tertentu seperti kawinan dan lain lain.

 

Pemilihan tempat usaha juga sangat menentukan. Karena target pasar anda adalah anak kecil sampai orang dewasa jadi sebaiknya dekat dengan Sekolah atau Kampus, atau tempat rekreasi dan berkumpulnya orang orang. Berikut saya sertakan sebuah resep contoh untuk pembuatan Hard Ice Cream yang bisa anda kembangkan. Untuk Resep dan Cara Membuat Ice Cream bisa lihat di Resep Dan Cara Membuat Es Krim

Resep Membuat Ice Cream

Bahan Utama Yang Diperlukan :

1. 475 ml cream/kepala susu

2. 125 ml Susu cair (atau bisa juga santan kelapa)

3. 4 butir telur

4. 100 ml gula (lebih bagus lagi kalau gula halus)

5. 1 sendok teh vanilli

 

Rasa yang akan kita coba dalam resep es krim kali ini adalah dengan menggunakan Durian jadi siapkan paling sedikit 100gr durian, anda juga bisa mencobanya dengan rasa yang lain baik dari buah asli ataupun dari pasta makanan.

 

Alat Yang Diperlukan

1. wadah es krim

2. kompor

3. panci kecil

4. blender

5. lemari es (kulkas n freezer)

 

Berikut ini Cara Pembuatannya

Adonan 1

Daging durian diblender, kemudian ditaruh ke dalam panci. Masukkan cream dan susu/santan. Seluruhnya dipanaskan pelan-pelan sambil terus diaduk. Jika sudah panas (gelembung udara mulai naik)segera matikan, turunkan panci.

 

Adonan 2

Telur (kuning+putihnya), gula, dan vanili diblender (dikocok). setelah itu tuangkan ke dalam panci berisi adonan 1.

 

Catatan : Krim / Kepala susu  adalah bagian dari susu yang kental yang lebih dikenal dengan kepala susu dan mengandung lemak sekitar 18%-48% bisa anda peroleh di supermarket atau toko bahan makanan/kue. Untuk krim dengan kandungan lemak tinggi diatas 30% bila dikocok menjadi kaku seperti es krim dengan cita rasa gurih. Biasanya krim dipakai untuk memperkaya rasa gurih pada masakan, beragam cake, minuman dan dessert. Baik sebagai campuran, olesan, maupun topping dan hiasan. Biasanya di jual di supermarket seperti carefour ada koq…bisa merk Anchor Cream cari di bagian keju (tempat yg ada kulkasnya)

 

Setelah itu semuanya dipanaskan lagi, sambil diaduk terus hingga mengental. Setelah kental, dituangkan ke dalam wadah es krim (rantang atau sejenisnya) ditaruh ke dalam kulkas selama 3-4 jam. Setelah itu dipindahkan ke dalam freezer, setiap 1 jam diaduk, supaya tidak terjadi pengkristalan es. Setelah 3-4 kali pengadukan ( = 3..4 jam) menurut pengalaman tidak perlu lagi diaduk. Jika es krim yang jadi terlalu keras/liat, sebaiknya 10 menit dikeluarkan sebelum disajikan.

 

Sangat klop bila di hidangkan dengan kue kering, cake atau yang lainnya yang bisa anda jadikan pilihan untuk menemani es krim jualan anda. Ingat lakukan sekarang! dan anda akan memjadi leader di bidang peluang usaha ini.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!