Usaha Bibit Pertanian

usaha kecil

User Rating: / 20
PoorBest 
Usaha Bibit Pertanian - 4.8 out of 5 based on 20 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Bibit Pertanian

Usaha bibit pertanian


Bibit pertanian adalah faktor produksi utama dalam setiap produksi budidaya pertanian. Kita tidak akan bisa mulai menanam tanpa ada bibit, bibit pertanian yang digunakan haruslah bibit yang bermutu baik yang juga sudah di uji dan mendapat label dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB). Usaha bibit pertanian ini sudah banyak dilakukan oleh para penangkar bibit, disini akan diberikan tips dalam usaha bibit pertanian.

Usaha bibit pertanian adalah sebuah bisnis kepercayaan. Sekali pelanggan kita mencoba dan puas, maka pelanggan tersebut akan loyal terhadap bibit pertanian yang kita  hasilkan. Begitu juga sebaliknya, jika pelanggan kita kecewa maka produk bibit pertanian yang kita jual akan di tinggalkan. Untuk itu kita harus mengetahui pengetahuan yang cukup tentang perbenihan dan kelemahan dan kelebihan benih yang kita jual.

 

Tips Usaha Bibit Pertanian

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pokok dalam menjalankan usaha bibit pertanian. Di antaranya berikut ini.

Produksi Bibit


Membuka usaha bibit pertanian sebetulnya bisa dilakukan oleh semua orang, tidak harus memiliki lahan yang luas. Yang di butuhkan dalam usaha bibit pertanian adalah kemauan, kemampuan pengetahuan dan manajemen, serta komitmen terhadap kwalitas bibit yang di hasilkan. Produksi bibit bisa dilakukan dengan jalan berkerjasama dengan para petani dan petani penangkar bibit yang sudah di bina oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi bibit (BPSB).

Varietas bibit yang ditanam merupakan varietas tanaman yang banyak diminati para petani sebagai konsumen bibit atau varietas-varietas baru yang mempunyai keunggulan-keunggulan baik potensi produksi maupun ketahanan terhadap Orginisme Pengganggu Tanaman (OPT).

Teknik budidaya bibit tanaman yang dilakukan di tanam secara legowo dengan satu bibit per lubang guna memudahkan proses seleksi. Pemupukan berimbang, tepat waktu dan dosis sesuai dengan anjuran setempat, lakukan pengendalian terhadap Orginisme Pengganggu Tanaman (OPT) secara berkala. Masa panen yang tepat baik cuaca, umur, waktu, maupun alat panen.  Kita juga hendaknya daftarkan ke Balai Pengawasan dan Sertifikasi bibit (BPSB) setempat saat akan memproduksi bibit untuk mendapatkan sertifikat agar bibit yang dihasilkan berkualitas dan bebas dipasarkan.

Kontinuitas Bibit

Kontinuitas bibit harus di jaga, bibit harus tersedia secara terus-menerus. Jangan sampai terputus, ini bisa mengakibatkan petani yang loyal dengan bibit produksi kita
pindah ke perusahaan bibit lain.

Proses perlakuan Bibit

Semua proses perlakuan bibit baik itu penjemuran, pembersihan ataupun sortasi  bisa dilakukan secara manual tanpa mesin. Proses perlakuan bibit secara manual mutunya biasanya lebih baik, sebab akan terhindar dari kerusakan fisik maupun fisiologis yang disebabkan oleh pengaruh perlakuan mesin.  Mutu juga mesti dijaga dan tidak boleh tercampur dengan varietas lain (genetik, fisik dan fisiologis). Ujikan bibit yang telah diprosesing ke Balai Pengawasan dan Sertifikasi bibit (BPSB) setempat guna memperoleh sertifikat dan label.

Kemasan Dan Merek Yang Menarik


Kemasan harus di buat semenarik mungkin, sebab umunya orang lebih tertarik dengan kemasan yang bagus dari pada asal-aalan. Berikan juga merek yang mudah di ingat, termasuk label bibit yang dilegalisir oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi bibit (BPSB) selalu dipasang dalam kemasan. Merek yang terkenal dan jaminan label bibit dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi bibit (BPSB) akan meyakinkan calon pembeli kita. Berikan juga teknik cara budidaya dengan bibit kita, serta potensi produksi dari bibit varietas tersebut supaya calon pembeli tertarik untuk mencoba.

Pemasaran

Untuk bibit pertanian yang kita hasilkan, kita bisa melakukannya dengan 2 cara.

1. Pemasaran sendiri

Pemasaran sendiri dilakukan dengan memasarkan bibit hasil produksi bibit pertanian kita oleh kita sendiri, baik dengan membuka toko, online shop maupun langsung mendatangi petani konsumen bibit. Pasarkan bibit seluas-luasnya kepada petani konsumen bibit untuk mengenalkan produk bibit yang kita hasilkan.

Di awal pemasaran biasanya akan sedikit menemui kendala karena umumnya petani sudah memiliki bibit pertanian langganannya masing-masing. Namun bila kita bisa meyakinkan petani apalagi ada bukti contoh lahan yang di tanami bibit kita dan hasilnya bagus, maka petani akan memilih kita. Berikan garansi bila tanaman tidak tumbuh atau jelek, maka akan di ganti dengan bibit baru.  

Kita juga bisa juga merekrut beberapa orang petani untuk membantu memasarkan hasil kita dengan memberinya komisi penjualan sebagai imbalannya. Jika kita juga memiliki usaha penjualan pupuk dan pestisida, kita bisa melakukan penjualan dengan sistem paket.

2. Pemasaran kemitraan

Pemasaran kemitraan dilakukan dengan cara bermitra dengan produsen yang sudah maju atau BUMN seperti PT. Sang Hyang Seri atau PT. Pertani.  Bisa juga bermitra dengan agen dan retailer penjualan pupuk, pakan dan bibit besar.

Modal Usaha Bibit Pertanian

Modal usaha bibit pertanian dapat di peroleh secara bertahap, selain dari modal usaha sendiri bisa juga melakukan usaha kemitraan dengan produsen yang telah maju atau BUMN.

Jujur Menjelaskan Kandungan Bibit pertanian yang kita produksi


Usaha bibit pertanian sama saja dengan menjual informasi genetik, oleh sebab itu bibit mesti mempunyai informasi genetik yang jelas yang ditunjukkan dengan LABEL seperti yang diberikan oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi bibit (BPSB). Bibit harus diperlakukan dengan baik  sesuai dengan sifat-sifatnya mulai saat produksi, proses, penyimpanan, distribusi dan penjualan. Dengan demikian seorang pengusaha bibit harus jujur dan mencintai kebenaran, karena baik dan benarnya pengusaha benih cerminan dari baik dan benarnya bibit yang akan dijual.

Refferensi
Dinas Pertanian Jawa Barat


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!