Usaha Bakso Rumput Laut

usaha kecil

User Rating: / 7
PoorBest 
Usaha Bakso Rumput Laut - 5.0 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Bakso Rumput Laut

usaha bakso rumput laut
Usaha Rumput Laut
Usaha rumput laut saat ini masih terkendala pada pengolahan pasca panen. Rumput laut yang di budidaya oleh petani rumput laut biasanya hanya berakhir pada rumput laut kering. harga rumput laut kering sendiri saat ini hanya dihargai sekitar Rp 5.000 hingga Rp 7.000. Rumput laut biasanya hidup di alam bebas, namun beberapa jenis rumput laut sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat pesisir seperti jenis rumput laut  Euchema cottonii dan Gracelaria sp.

Budidaya rumput laut banyak dilakukan di daerah pantai selatan pulau Jawa, pantai barat Sumatera, kepulauan seribu dan daerah pesisir lainnya di Indonesia. Rumput laut yang ada di alam bebas biasanya hidup di atas substrat berpasir dan karang mati, rumput laut liar banyak ditemui hidup pada karang-karang yang terjal yang melindungi pantai dari hempasan ombak.


usaha rumput laut
Kandungan Nutrisi Rumput Laut
Rumput laut mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Rumput laut mengandung 27,8% air, 5,4% protein, 33,3% karbohidrat, 8,6% lemak, 3% serat kasar dan 22,25% abu. Rumput laut juga mengandung asam amino, asam nukleat, enzim, vitamin (A,B,C,D, E dan K) serta makro mineral seperti oksigen, nitrogen, kalsium, selenium dan mikro mineral seperti zat besi, natrium dan magnesium. Kandungan vitamin, asam amino dan mineral pada rumput laut mencapai 10 -20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman darat.

Manfaat Rumput Laut

  • Rumput laut memiliki berbagai macam manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Mencegah Kanker
  • Sebagai Makanan Diet
  • Mencegah Gejala Osteoporosis
  • Mencegah Penyakit Stroke


Selain manfaat diatas, rumput laut juga dikenal sebagai bahan makanan bergizi. Rumput laut sudah banyak dipaai sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan serta suplemen makanan, dan difortifikasi ke produk pangan guna meningkatkan nilai jual rumput laut ini. Jenis rumput laut yang banyak dipakai untuk bahan pembuatan obat adalah alga coklat atau khususnya sargasum dan juga turbinaria. Pengolahan rumput laut jenis sargasum dan juga turbinaria menghasilkan ekstrak berupa senyawa natrium alginat. Senyawa alginat inilah yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan obat anti bakteri, anti tumor, penurun darah tinggi serta mengatasi gangguan kelenjar.

Selain pengolahan sebagai bahan baku obat, rumput laut juga banyak di kembangkan ke produk makanan seperti agar rumput laut, es krim rumput laut, mie rumput laut dan bakso rumput laut. Baso yang umumnya dikenal dengan bahan daging sapi dan ikan ini bisa kita inovasikan dengan rumput laut. Campuran rumput laut digunakan sebagai bahan pengisi guna meningkatkan kandungan serat. Rumput laut yang dipakai sebagai bahan pembuatan baso adalah rumput laut yang sudah dikeringkan, setelah itu dihancurkan hingga berbentuk serbuk. Pemakaian rumput laut ni disamping untuk menambah serat juga supaya bakso yang dihasilkan menjadi lebih kenyal baik dalam keadaan panas ataupun dingin. Disamping itu tekstur bakso juga lebih lembut jika dibandingkan dengan bakso pada umumnya. Cara membuat bakso rumput laut sebetulnya cukup mudah, berikut ini adalah cara membuat bakso rumput laut.

Cara Membuat Bakso Rumput Laut


Bahan Bakso Rumput Laut :

  • Daging sapi, bisa juga diganti dengan daging ikan atau ayam
  • STPP 0,03 %
  • Tepung tapioka 10 %
  • Garam 4 %
  • Rumput laut 2 %
  • Bawang putih 1 %
  • Gula pasir 2 %
  • Merica bubuk 1 %
  • Es batu 20 %


Catatan: Persentase (%) diperoleh sebagai perbandingan dari jumlah daging yang digunakan.

  1. Contoh untuk 1 kg daging, maka :
  2. STPP 3 gr
  3. Tepung tapioka 100 gr
  4. Garam 40 gr
  5. Rumput laut 20 gr
  6. Bawang putih 10 gr
  7. Gula pasir 20 gr
  8. Merica bubuk 10 gr
  9. Es batu 200 gr


Cara Membuat Bakso Rumput Laut :

Cuci bersih daging yang dipakai, potong-potong menjadi ukuran kecil.
Haluskan daging dengan mesin bakso atau mesin menghalus daging, campurkan garam, bawang putih, gula, merica dan es batu dengan food processor.
Masukkan tepung tapioka, serbuk rumput laut dan STPP sambil terus diaduk sampai rata (homogen).
Buat adonan bakso menjadi bola-bola, masukkan dalam wadah panci berisi air hangat (suhu antara 60 oC sampai 80 oC).
Rebus bola-bola bakso dengan suhu 100 oC selama 15 menit. Angkat dan tiriskan.
Bakso siap dipakai, bisa langsung disajikan atau di kemas.

Dengan membuat bakso dari rumput laut, kita bisa meningkatkan nilai jual dari rumput laut tersebut. tentunya Usaha bakso rumput laut, sebab bakso selalu dicari dan disukai oleh masyarakat. Dewasa ini, bakso bahkan sudah menjadi menu wajib bagi sebagian orang, terutama bagi para wanita. Selamat berusaha, salam UKM.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!