Usaha Sampingan

ukm

User Rating: / 7
PoorBest 
Usaha Sampingan - 3.9 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Sampingan

Usaha Sampingan

Jika kita merasa sudah bekerja dengan keras, bahkan berangkat pagi pulang malam hingga  tidak memiliki banyak waktu bagi keluarga. Namun paktanya banyak yang merasa penghasilan  dari gaji mereka tidaklah cukup, ini mengingat begitu banyaknya kebutuhan yang mesti di  penuhi untuk hidup sehari hari. Namun ada beberapa cara guna memperoleh penghasilan  tambahan, diantaranya adalah dengan membuka usaha sampingan.

 

Seperti namanya, usaha sampingan haruslah dapat dilakukan tanpa menghalangi pekerjaan  sehari hari kita. Jika kita membuat suatu usaha yang kemudian memaksa kita untuk  meninggalkan pekerjaan pokok kita, itu berarti bukan usaha sampingan. Tapi sudah bisa di  katagorikan usaha kecil atau UKM, dan kita sudah murni berwirausaha didalamnya. Jika kita  membutuhkan usaha sampingan, maka kita mesti bisa menangkap peluang yang ada di sekitar  kita. Baik itu di pekerjaan maupun di rumah.

Apapun jenis usaha sampingan yang akan kita tekuni, maka yakinlah itu akan berhasil dengan   baik asalkan kita mempunyai tekad dan kemauan yang kuat, dapat menahan rasa malu yangmungkin di berikan oleh orang sekitar kita yang terkadang sinis walau sebetulnya iri kepada  kita. Lalu apa yang mesti kita perbuat untuk memulai usaha sampingan ini. Seperti kata di atas,  pastikan bidang usaha yang akan kita geluti dengan menangkap peluang di sekitar kita. Istri  kita pintar memasak, ini bisa di jadikan usaha sampingan. Kita kenal dengan pemasok pakaian  misalnya, ini sudah merupakan peluang usaha sampingan. Anda pintar menjahit, ini juga  peluang. Intinya carilah peluang di sekitar kita sendiri, baik itu di rumah maupun di tempat  kerja.

Berikut ini ada beberapa contoh peluang usaha yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan,  mengapa peluang usaha ini bisa cocok sebagai usaha sampingan. Karena peluang usaha ini  tidak mengganggu usaha pokok anda, baik itu sebagai karyawan, guru ataupun mahasiswa.

Usaha Sampingan Les Private

Memberikan les private sejatinya bisa di lakukan oleh siapa saja, baik itu mahasiswa, guru,  atau anda yang menjadi karyawan sekalipun. Tentu saja les private yang di berikan haruslah  di luar jam pekerjaan pokok anda, anda bisa melakukannya di sore hari atau bahkan di malam  hari sesuai perjanjian dengan siswa atau orang tua siswanya. Anda bisa memberikan les  private secara sendiri sendiri ataupun ikut bergabung dengan bimbingan belajar yang  memberikan les private. Keuntungan memberikan les private bergabung dengan bimbel adalah  mereka yag akan mencarikan siswa bagi anda, namun tentu saja ada biaya yang nantinya di  potong dari honor jasa anda. Usaha sampingan les private layak anda tekuni karena tidak  mengganggu pekerjaan pokok anda dengan waktu yang fleksibel.

Usaha Sampingan Penjahit

Jika anda atau istri anda bisa menjahit, anda bisa menerima pesanan jahitan dari tetangga  sekitar rumah atau dari teman kantor. Promosikan ke teman teman kantor bahwa anda atau istri  anda bisa menjahit dengan kualitas yang baik, yang terpenting jangan malu untuk berpromosi  pada teman kantor dan tetangga. Usaha Sampingan menjahit ini bisa dilakukan karena bisa  dilakukan di waktu luang atau di malam hari.

Usaha Sampingan Penterjemah

Anda atau istri anda jago dalam bahasa asing, manfaatkan keahlian ini dengan membuka jasa  terjemahan. Anda bisa menawarkan jasa terjemah di kantor, forum forum internet, social media  seperti Facebook dan twitter. Anda juga bisa membuka jasa ini di rumah dengan istri yang  menjaganya, usaha sampingan penterjemah ini layak dilakukan karena anda bisa  menterjemahkan pesanan saat senggang tanpa mengganggu usaha pokok anda.

Usaha Sampingan Penulis

Setiap orang sesungguhnya bisa menulis, entah itu cerpen, novel atau bahkan sebuah artikel.  Banyak penulis besar yang bermula dari usaha sampingan sambil mereka kuliah atau bekerja,  bukan tidak mungkin anda akan menjadi penulis besar dengan tulisan best seller. Saat ini  menjadi penulis bukan hanya untuk membuat buku, namun anda juga bisa menjalankan usaha  sampingan menulis artikel bagi website website. Untuk artikel website bahasa Indonesia  berharga sekitar $2 perartikel sedangkan untu artikel bahasa inggris sekitar $4 per artikel 500  kata, tentu saja tulisan mesti orsinil dan belum pernah di publis di manapun. Anda dapat  mengiklankan kemampuan menulis anda di forum forum internet dan social media, sedangkan  untuk menerbitkan buku bisa kirim tulisan ke penerbit penerbit langsung maupun redaksi  majalah.

Usaha Sampingan Katering

Istri anda jago masak, jago bikin kue, manfaatkan untuk usaha sampingan katering dan kue.  Setiap karyawan tentu butuh makan siang termasuk anda, adakalanya karena kesibukan maka  seorang karyawan tidak sempat keluar untuk membeli makanan. Ini merupakan peluang bagi  anda, anda bisa menawarkan teman teman anda agar berlangganan katering atau kue kepada  anda setiap harinya. Buatlah menu yang variatif, sehat enak dan tentunya masih  menguntungkan. Usaha sampingan katering ini bisa mudah dilakukan karena tidak  membutuhkan tingkat kesulitan yang tinggi, anda cukup menawarkan dan membawa pesanan  setiap hari.

Usaha Sampingan Rumah Kos atau Kontrakan

Usaha sampingan yang satu ini sebetulnya cukup berbeda karena memang memerlukan modal  yang besar, namun begitu anda bisa melakukannya dengan baik karena tidak mengganggu  kerjaan pokok anda.

Usaha Sampingan Jasa Video Shooting

Usaha Sampingan Jasa Video Shooting bisa anda lakukan di tengah waktu libur anda,  tentunya kita tahu bahwa kebanyakan orang orang membuat acara di waktu libur. Maka anda  bisa terjun langsung dan menerima 'Job' jasa video shooting saat diluar waktu kerja,  sedangkan untuk pekerjaan editing video shooting bisa di lakukan di malam hari saat pulang  kerja. Ini juga bisa anda lakukan sebagai usaha sampingan.

Usaha Sampingan Menawarkan Barang Dagangan

Jika anda mengenal seseorang yang mempunyai produk untuk di jual seperti makanan,  pakaian, jaket, sepatu dan lainnya. Anda dapat menawarkannya ke rekan kerja dan tetangga  anda, bawalah contoh dagangan atau pamplet atau brosur yang biasanya tersedia. Jika anda  kesulitan mendapatkan barang dagangan atau tidak mempunyai modal jika mesti membeli  dagangan tersebut terlebih dahulu, anda bisa mencarinya di internet atau forum seperti  kaskus. Banyak juga toko online yang bisa anda ikuti programnya, anda tinggal download  brosur dari mereka, tawarkan pada rekan rekan kerja dan pesan ke toko tersebut jika ada rekan  yang ingin membeli. Biasanya untuk berjualan di kantor atau tetangga anda mesti memberikan  jangka waktu pembayaran sampai gajian tiba.

Usaha Sampingan Bisnis Online

Bisnis online juga bisa anda tekuni sebagai usaha sampingan. Ada berbagai jenis bisnis  online, contohnya dengan menjadi publisher atau penerbit iklan bila anda bisa membuat  website, ikut program afilliate menjual barang, membuat eBook dan menjualnya di internet dan  berbagai macam bisnis online lainnya.

 

Selain beberapa jenis usaha sampingan di atas, anda juga bisa mencarinya sendiri dengan  memanfaatkan peluang yang ada disekitar anda. Namun, ada yang mesti di ingat dan tidak  boleh di lakukan dalam mencari atau memanfaatkan peluang sebagai usaha sampingan. Yaitu  jangan pernah terjun dalam usaha sampingan dengan jenis usaha yang sama dengan  perusahaan di mana anda bekerja. Jika perusahaan tempat anda bekerja menjual makanan  ringan, jangan pernah ikut menjual makanan ringan di kantor anda. Kecuali, kecuali anda  menjualkan produk perusahaan anda di luar sebagai sampingan. Mudahnya, jangan  menjalankan usaha sampingan dengan 'niche' yang sama dengan perusahaan tempat anda  bekerja karena itu akan memicu terjadinya konflik antara anda dengan perusahaan. Selamat  berusaha.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!