Home Strategi UKM Tips ukm Untuk Pemula

Tips UKM Untuk Pemula

User Rating: / 5
PoorBest 
Tips ukm Untuk Pemula - 4.2 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

ukm
Written by Dody Tabrani   

Tips UKM Untuk Pemula

Tips UKM Untuk Pemula
Tips UKM kerap kali dibagikan oleh para wirausahawan atau usahawan yang sudah sukses supaya bisa memacu para pemula agar lebih semangat ketika mengembangkan usahanya. Sebab setiap usaha yang dibuat melalui pembinaan memiliki pekerjaan yang lebih baik, masyarakat yang mempunyai produk dan layanan yang lebih baik serta pemilik yang hidup lebih bahagia dan lebih memuaskan. Baik untuk mereka maupun keluarga mereka. Tips usaha yang diberikan memang bersifat dasar, namun jika Anda menjalankannya dengan baik bukan tidak mungkin Anda juga akan segera meraih kesuksesan.


Berikut ini beberapa tips UKM untuk pemula yang bisa kita jadikan sumber acuan singkat untuk menjalankan usaha UKM kecil kita

Kesederhanaan
Berpikir sederhana dapat juga menjadikan potensi yang besar bagi usaha kita. Salah satu contoh dari berpikir sederhana di alami oleh seorang usahawan Firmansyah Budi Prasetyo. Dia sukses mengangkat citra singkong goreng menjadi setara dengan kentang goreng (french fries) seperti yang disajikan di restoran.  Sebagai pemilik Tella Krezz dia sudah berhasil mengembangkan usahanya dari sebuah ide sederhana, tips UKM ini juga bisa berlaku sama bagi kita.

Nikmati kreatifitas berpikir

Kreatifitas merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mengelola sebuah usaha. Semakin kita berkreatif maka akan semakin banyak ide serta potensi yang dapat kita kembangkan dan manfaatkan. Jadi kita mesti menikmati proses kreatif ini dan tidak menjadikannya sebagai sebuah beban atau tuntutan yang mesti dipenuhi.

Manfaatkan teknologi

Tips ukm ini berkaitan erat dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, hingga untuk menyampaikan informasi ke berbagai penjuru wilayah juga lebih cepat dan mudah. Kecepatan serta kemudahan penyampaian informasi tersebut mesti dapat kita manfaatkan untuk mempromosikan dan menjual produk ukm kita, misalnya melalui Facebook, Twitter, situs iklan gratis dan lainnya.

Usahakan struktur biaya yang rendah
ketika kita membangun sebuah usaha, yang harus kita perhatikan adalah tujuannya untuk memperoleh keuntungan sebagai sumber pendapatan serta menekan pengeluaran serendah mungkin. Dengan mengubah pola pikir seperti tips UKM ini maka usaha yang kita bangun akan memperoleh keuntungan.

Berteman dengan ketidakpastian
Usaha ukm berbeda dengan pekerjaan. sebab dalam usaha terdapat faktor ketidakpastian yang sangat besar. Sehingga tips UKM terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan mengidentifikasi semua resiko dari ketidakpastian dan mempersiapkan langkah antisipasinya.

DNA wirausaha
Saat ini terdapat mitos yang berkembang di tengah masyarakat yang mengaitkan kemampuan berdagang dengan DNA wirausaha. Jangan percayai mitos ini, mitos yang mengatakan bahwa orang China lebih pandai dalam mengelola usaha misalnya. Semua orang memiliki peluang yang sama, asalkan kita memperhatikan tips ukm yang banyak disampaikan oleh banyak ukm sukses, terus berusaha dan jangan mudah menyerah.

Membuat “jiwa” pada brand

Saat kita membangun sebuah usaha, maka brand atau merek akan sangat diperlukan guna meumbuhkan mindset yang lebih kuat pada pelanggan. Untuk itu kita mesti dapat memberikan “jiwa” pada brand yang kita buat. Salah satu tips UKM yang bisa kita lakukan untuk membuat "jiwa" pada Brand adalah dengan memberikan story telling atau cerita di balik penciptaan produk bisnis Anda. Sebab hal ini lebih banyak disukai oleh konsumen.

Semoga beberapa tips UKM  untuk pemula ini bisa bermanfaat bagi para calon wirausahawan dan usahawan ukm dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Salam ukm.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

 

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!

Joomla templates by a4joomla