Pentingnya Brand dan Logo Bagi Usaha UKM

ukm

User Rating: / 11
PoorBest 
Pentingnya Brand dan Logo Bagi Usaha UKM - 5.0 out of 5 based on 11 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Pentingnya Brand dan Logo Bagi Usaha UKM

Pentingnya Brand dan Logo Bagi Usaha UKM
Pentingnya Brand dan Logo Bagi Usaha UKM - Brand dan Logo sangat penting bagi usaha apapun, termasuk usaha kecil UKM. Dari Brand dan Logo inilah usaha UKM kita akan dikenal oleh masyarakat. Brand merupakan semua hal yang berkaitan dengan perusahaan, visi dan misi, produk atau layanan, serta seluruh atribut, baik yang berwujud ataupun tidak  berwujud. Logo merupakan bagian dari Brand dimana Brand itu dilihat secara visual, logo harus bisa mencerminkan Brand tersebut dalam bentuk visual atau gambar.

Pentingnya Brand dan Logo Bagi Usaha UKM


Brand dan Logo  bukan hanya sekadar gambar logo atau nama perusahaan, namun merupakan image atau persepsi dan asosiasi orang saat mendengar nama perusahaan maupun produk atau layanan perusahaan UKM kita. Ini yang mesti kita perjuangkan, dilakukan, dikatakan, dikenalkan serta ditampilkan ke depan publik.

Brand dan Logo bukan hanya milik perusahaan besar, namun juga sangat penting bagi usaha kecil UKM. Sayangnya, masih sedikit wirausahawan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia yang sadar akan pentingnya dari sebuah Brand dan Logo.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam membangun Brand yang akan kita gunakan. Bagian-bagian ini harus mampu untuk membuat orang yang melihat dan mendengar dapat mengasosiasikan persepsi mereka seperti yang kita inginkan. Berikut bagian-bagian penting dalam sebuah Brand yang harus kita buat.

Pentingnya Brand dan Logo Bagi Usaha UKM


Logo.
Logo adalah bentuk visual yang mencerminkan brand tersebut. Lewat Logolah Brand dan usaha kita dilihat

Nama.
Nama merupakan rangkaian kata yang bisa mengidentifikasikan produk atau layanan dan perusahaan kita. Nama juga bisa mencerminkan visi dan misi dari sebuah perusahaan.

Tagline.
Tagline yang dibuat mesti dapat mengkomunikasikan visi dan misi, produk atau layanan serta konsisten dengan apa yang dijanjikan kepada publik. Tagline haruslah mudah untuk diingat dan singkat.

Grafik.
Grafik yang dugunakan termasuk dengan bentuk huruf yang dipakai. Contoh, Walt Disney, google dan Coca Cola.

Bentuk.
Bentuk dari botol Coca Cola akhirnya bisa membentuk identitas brand Cocacola yang kuat.

Warna.
Warna yang dipakai harus bisa mencerminkan Brand kita, dalam dunia telekomunikasi dikenal beebrapa warna yang mencerminkan operator telekomunikasi tersebut, seperti merah untuk telkomsel, kuning untuk indosat dan biru untuk Xl.

Suara.
Peranan dari lagu jingle ini sangat penting untuk asosiasikan persepsi brand kepada produk atau layanan perusahaan kita. Ingat lagu jingle es krim Walls?

Aroma.
Meskipun terdengar sedikit aneh, tapi pada kenyataannya perpaduan dari aroma bisa membuat Brand kita dikenal. terutama bagi kita yang memiliki produk atau layanan yang dapat dicium aromanya seperti makanan, minuman, parfum dll.

Cita rasa.
KFC mengklaim ayam goreng miliknya mempunyai cita rasa yang berbeda sebab diracik dari 11 bumbu serta rempah rahasia. Banyak juga yang mengklaim menggunakan resep turun temurun.

Pergerakan.
Pergerakan dari sebuah brand harus dapat mencerminkan produk tersebut.

Hal yang penting yang mesti kita perhatikan dalam membuat sebuah brand adalah menyesuaikan bagian-bagian Brand dengan model bisnis yang dijalankan. Misal bila di bidang makanan, maka brand mesti mencerminkan produk atau layanan tersebut dan image perusahaan yang meliputi layanan kepuasan  yang akan diperoleh konsumen. Mulailah berfikir Pentingnya Brand dan Logo Bagi Usaha UKM kita.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!