Etika dan Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan

ukm

User Rating: / 4
PoorBest 
Etika dan Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan - 4.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Etika dan Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan

Etika dan Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan

Kejujuran dan Kedermawanan

Tanggung jawab sosial adalah kewajiban perusahaan guna merumuskan kebijakan, mengambil keputusan, serta melaksanakan tindakan yang memberikan manfaat kepada masyarakat. Ingat “Pedagang yang jujur sederajat dengan nabi, syuhada, dan orang saleh di akhirat kelak.”

 

Kebersamaan dan Etika Bisnis

Kebersamaan dan etika bisnis adalah kunci pokok keberhasilan kewirausahaan. Manfaat kebersamaan agar kegiatan usaha akan mendapatkan dukungan serta keterlibatan dari berbagai pihak.

 

 

 

Jika etika bisnis sudah menjadi pedoman dalam berpikir serta bertindak di berbagai kegiatan usaha dan juga bisa diterapkan dengan benar maka akan mencerminkan kualitas dan citra perusahaan yang bersangkutan. Wirausahawan dianggap memiliki kemampuan kewirausahaan yang handal apabila wirausahawan tersebut dapat memanfaatkan, mencari, serta menciptakan peluang bisnis, dan juga menerapkan asas kebersamaan dan menjalankan etika bisnis secara total, sehingga menghasilkan :

 

  • Terciptanya moral karyawan perusahaan UKM (baik pimpinan maupun staf) guna selalu berorientasi pada pencapaian target perusahaan UKM yang menjadi komitmen bersama.
  • Terciptanya hubungan yang sehat dengan pihak-pihak eksternal perusahaan UKM  yang memberikan dukungan kepada realisasi peluang-peluang bisnis.

 

Asas Etika Bisnis yang Sehat

Penerapan asas etika bisnis yang sehat, tercermin didalam perilaku perusahaan dalam memanfaatkan, mencari, dan meniptakan peluang bisnis yang selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan dan pelayanan terbaik (service excellent).

 

Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan

Dengan menerapkan tanggung jawab sosial maka perusahaan akan mendapat banyak keuntungan jangka panjang. Seandainya perusahaan telah mempunyai kekayaan dalam jumlah besar, maka sebaiknya diimbangi dengan melakukan program-program sosial (CSR) yang keuntungannya mungkin akan dirasakan dalam jangka panjang.

Ada beberapa bentuk pertanggungjawaban sosial wirausahawan tersebut yang bisa dirumuskan sebagai berikut:

 

1. Tanggung jawab kepada lingkungan, dimana wirausahawan mesti selalu menjaga kelestarian lingkungan.

2. Tanggung jawab kepada karyawan, dengan selalu mendengarkan usulan dan pendapat karyawan, mereka diberikan imbalan yang sesuai dan diberikan kepercayaan penuh.

3. Tanggung jawab kepada pelanggan, antara lain menyediakan barang dan jasa yang berkualitas, memberikan harga yang wajar, melindungi hak-hak konsumen dan pelayanan terbaik.

4. Tanggung jawab kepada investor, dengan kesanggupan mengembalikan investasi yang cukup menarik, seperti memaksimalkan keuntungan dan melaporkan kinerja keuangan yang akuntable.

5. Tanggung jawab kepada masyarakat sekitar, seperti menyediakan atau membuka lapangan kerja dan menjaga situasi lingkungan yang sehat disekitar perusahaan tersebut berada.

 

Bila mengacu pada beberapa tanggung jawab tersebut di atas, maka tanggung jawab sosial perusahaan adalah keterlibatan perusahaan dalam memberikan kontribusi terhadap perbaikan dan kesejahteraan sosial masyarakat, dengan tidak hanya semata-mata mempertimbangkan keuntungan ekonomi.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!