Istilah dan Definisi Sertifikasi Halal MUI

Sertifikat Halal

User Rating: / 2
PoorBest 
Istilah dan Definisi Sertifikasi Halal MUI - 3.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

 

Istilah dan Definisi Sertifikasi Halal MUI

 

Sertifikat Halal adalah fatwa tertulis yang dikeluarkan oleh MUI melalui keputusan sidang Komisi Fatwa yang menyatakan kehalalan suatu produk berdasarkan proses audit yang dilakukan oleh LPPOM MUI.

Fatwa adalah ketetapan hukum Islam yang dikeluarkan oleh Komisi Fatwa tentang status hukum suatu produk tertentu. Dalam proses sertifikasi halal, keluaran fatwa yaitu status halal atau haram suatu produk berdasarkan proses audit yang dilakukan oleh LPPOM MUI.

Komisi Fatwa adalah salah satu komisi MUI yang bertugas untuk menghasilkan ketetapan hukum Islam tentang status hukum suatu kasus tertentu.

Rapat komisi fatwa adalah forum untuk membahas hasil audit pada perspektif syariah dan memutuskan status hukum produk yang telah diaudit.

Sistem Jaminan Halal (SJH) adalah sistem manajemen terintegrasi yang disusun, diterapkan dan dipelihara yang mengatur bahan, proses produksi, produk, sumber daya manusia dan prosedur untuk menjaga kesinambungan proses produksi halal sesuai dengan persyaratan LPPOM MUI yang terdapat dalam dokumen HAS 23001.

Perusahaan adalah sebuah unit usaha yang menghasilkan produk berupa pangan, kosmetika dan obat-obatan serta layanan jasa yang terkait dengan rantai pasok produk mulai dari hulu sampai hilir. Bentuk perusahaan dapat berupa: (i) perusahaan kecil, menengah dan besar, (ii) usaha mikro/rumah tangga/kecil, dan (iii) koperasi.

Auditor halal adalah orang yang ditugaskan oleh LPPOM MUI untuk melakukan audit halal setelah melalui proses seleksi, termasuk kompetensi, kualitas, dan integritas, sebagai wakil dari ulama dan saksi untuk mencari fakta tentang produksi halal di perusahaan.

Pemeriksaan kecukupan dokumen adalah proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Bidang Auditing LPPOM MUI terhadap dokumen aplikasi untuk menentukan apakah dokumen aplikasi sesuai dengan ketentuan dan dinyatakan cukup untuk dapat dilakukan audit.

Pre Audit Memorandum adalah pemberitahuan dari LPPOM MUI untuk auditi mengenai hasil pemeriksaan kecukupan dokumen yang perlu ditindak lanjuti.

Audit halal adalah proses pemeriksaan atau penilaian secara sistematik, independen dan terdokumentasi yang dilakukan oleh auditor halal untuk menentukan apakah penerapan sistem jaminan halal berjalan sesuai dengan kriteria LPPOM MUI. Audit halal dapat berupa audit on site dan audit on desk. Audit on site merupakan audit yang dilakukan di lokasi penerapan sistem. Audit on desk merupakan audit yang dilakukan tanpa mengunjungi lokasi penerapan sistem.

Status Sistem Jaminan Halal adalah nilai hasil audit implementasi  Sistem Jaminan Halal . Status Sistem Jaminan Halal terdiri dari A (sangat baik), B (cukup) dan C (gagal).

Sertifikat Sistem Jaminan Halal adalah pernyataan tertulis dari LPPOM MUI bahwa perusahaan telah mengimplementasikan  Sistem Jaminan Halal sesuai dengan standar LPPOM MUI. Sertifikat SJH diberikan bila perusahaan mampu memperoleh status  Sistem Jaminan Halal A 3 (tiga) kali berturut-turut.

Audit Memorandum adalah pemberitahuan dari LPPOM MUI untuk auditi mengenai hasil audit yang perlu ditindaklanjuti.

Perusahaan maklon (toll manufacturing) adalah jasa produksi dari suatu perusahaan (pihak 1) untuk perusahaan lain (pihak 2) dimana produk yang diproduksi dimiliki oleh pihak 2.

Rumah Potong Hewan (RPH) adalah kompleks bangunan dengan desain dan kontruksi khusus yang memenuhi persyaratan teknis dan hygiene tertentu yang digunakan sebagai tempat memotong hewan potong (termasuk unggas) bagi konsumsi masyarakat.

SERTIFIKASI HALAL MUI

Sertifikasi halal MUI adalah proses untuk menerbitkan sertifikat halal melalui pelaksanaan tahapan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan LPPOM MUI.

Untuk pengajuan silahkan lihat Prosedur Sertifikasi Halal

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!