Tes Sertifikasi Nasional Penerjemah

sertifikasi

User Rating: / 4
PoorBest 
Tes Sertifikasi Nasional Penerjemah - 4.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Tes Sertifikasi Nasional Penerjemah

Tes  Sertifikasi Nasional Penerjemah

Profesi penerjemah tersumpah harus memiliki keahlian khusus untuk menerjemahkan dokumen secara benar, sesuai aslinya dan memiliki pengetahuan yang cukup perbendaharaan bahasa. Profesi penerjemah tersumpah memiliki induk organisasi yang bernama Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI). Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) mengadakan tes sertifikasi nasional penerjemah (TSN) bagi anggotanya. Tes yang berlangsung di Jakarta ini dilakukan guna menanggapi kebutuhan akan surat bukti kompetensi bagi profesi penerjemah tersumpah yang berlaku secara nasional.


Ada beberapa sertifikasi yang dianggap cukup mewakili keterampilan profesi penerjemah, yaitu sertifikat Tes Sertifikasi Nasional (TSN) yang diterbitkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) dan sertifikat Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa Internasional (LBI). UKP (Ujian Kemampuan Penerjemah) ini biasanya dilakukan setahun sekali oleh LBI FIB UI atas perintah Gubernur DKI. Beberapa sertifikasi internasional yang bisa dianggap cukup baik dikeluarkan oleh beberapa lembaga penyelenggara ujian sertifikasi penerjemah seperti NAATI dan AUSIT di Australia dan ATA di Amerika.

Yang berhak menjadi peserta Tes Sertifikasi Nasional (TSN) ini merupakan penerjemah profesional yang sudah menjadi anggota HPI. Untuk mengikuti Tes Sertifikasi Nasional penerjemah, anggota HPI mesti memenuhi kriteria tertentu yang di syaratkan, seperti berpengalaman kerja sebagai penerjemah sedikitnya selama tiga tahun, memiliki bukti hasil kerja berupa buku yang telah diterbitkan atau dokumen yang telah diterjemahkan. Anggota HPI juga diminta untuk menunjukkan partisipasinya dalam kegiatan organisasi HPI, baik itu dalam bentuk pelatihan, seminar, diskusi, ataupun lokakarya. Disamping itu, peran serta didalam kongres, forum, seminar tentang penerjemahan, baik tingkat internasional ataupun nasional juga dijadikan sebagai pertimbangan seleksi guna mengikuti Tes Sertifikasi Nasional penerjemah.

Tes Sertifikasi Nasional penerjemah memungut biaya sebesar Rp. 1.000.000. TSN diadakan di Gedung Setiabudi 2, Jl. H.R. Rasuna Said, Jakarta. Dari peserta yang hadir, beberapa sengaja datang dari sejumlah daerah di Indonesia khusus untuk mengikuti tes ini. Materi tes yang berlangsung selama empat jam ini terdiri atas tiga bagian yang dikerjakan secara manual dengan tulisan tangan. Bagian pertama adalah untuk menguji ketepatan penyampaian pesan dalam terjemahan peserta. Dalam waktu 45 menit yang diberikan, peserta harus menerjemahkan sebuah teks umum sepanjang 486 kata.

 

Bagian kedua menguji keterampilan menerjemahkan peserta. Di bagian ini, peserta diwajibkan untuk memilih salah satu teks yang disediakan yang terdiri dari berbagai bidang untuk diterjemahkan. Pilihan bidang yang disediakan antara lain hukum, sosiologi, ekonomi, sastra, dan kesehatan. Pada bagian yang terakhir, peserta diminta untuk menjawab pertanyaan tentang contoh kasus yang terkait dengan kode etik HPI. Kasus yang ditampilkan merupakan contoh kasus yang aktual dan dapat ditemui oleh penerjemah dalam kerjanya sehari-hari.

Bagi peserta tes Sertifikasi Nasional penerjemah yang dinyatakan lulus, HPI yang merupakan organisasi profesi penerjemah dan juru bahasa di Indonesia yang sudah diakui oleh organisasi penerjemah internasional (Fédération Internationale des Traducteurs) sejak tahun 1974 ini akan menerbitkan sertifikat yang menyatakan bahwa penerjemah yang bersangkutan mampu menjalankan tugasnya sebagai penerjemah profesional. Sertifikat ini berlaku secara nasional. setelah jangka waktu lima tahun, penerjemah tersebut mesti mengikuti ujian penyegaran yang dilakukan oleh HPI guna mempertahankan sertifikatnya tersebut.

Informasi bisa di dapat di Himpunan Penerjemah Indonesia Tlp: +62-21-7161 7397 www.hpi.or.id


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!