NUPTK

sertifikasi

User Rating: / 7
PoorBest 
NUPTK - 4.6 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

NUPTK

NUPTK

Cara Daftar, Cara Melihat, Cara Mengetahui dan Mencari Data NUPTK

NUPTK  atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan nomor identitas yang berupa 16 angka yang berfungsi sebagai identitas seorang pendidik atau tenaga kependidikan. NUPTK bersifat nasional serta berlaku bagi seluruh wilayah di Indonesia, tidak akan berubah walaupun pemilik NUPTK berpindah tugas atau terjadi perubahan data periwayatannya.


Bagi pendidik atau tanaga kependidikan yang telah mempunyai  NUPTK berarti sudah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai tenaga pedidik dan kependidikan terdaftar. NUPTK diberikan kepada seluruh pendidik atau tenaga kependidikan baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi guna keperluan identifikasi dalam berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Sertifikasi Pendidik dan tenaga kependidikan.

Sedangkan manfaat utama NUPTK bagi para pendidik dan tenaga kependidikan adalah:

 

  1. Berpartisipasi dalam sebuah proses atau mekanisme pendataan secara nasional sehingga bisa membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik.
  2. Memperoleh nomor identifikasi resmi yang bersifat nasional dalam mengikuti berbagai program/kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat/daerah.

 

Cara Daftar atau  Pengajuan Permohonan NUPTK

Jika Bapak / Ibu adalah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan baik yang telah menjadi PNS atau yang belum menjadi PNS (non PNS) dan belum mempunyai NUPTK, supaya segera melakukan permohonan pengajuan NUPTK dengan cara mengunjungi Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten/Kota setempat dan menemui petugas NUPTK dengan membawa berkas NUPTK yang sudah disiapkan dan disahkan oleh pihak sekolah.

Bila pihak sekolah tempat mengajar belum mempunyai format data usulan NUTPK, supaya  segera meminta Format usulan NUPTK kepada petugas NUPTK di Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten/Kota setempat. Biasanya proses pengajuan NUPTK  memakan waktu hingga 3 bulan hingga NUPTK yang Bapak/Ibu usulkan tersebut keluar.

Cara Melihat, Mengetahui dan Mencari Data NUPTK Terbaru

Untuk melihat apakah data NUPTK yang Bapak/Ibu ajukan tersebut sudah keluar atau belum, ada 3 cara yang bisa di lakukan untuk melihat data NUPTK. Bapak/Ibu bisa mengeceknya dengan mengikuti langkah sebagai berikut:
1. Penelusuran NUPTK berdasarkan tempat tugas PTK

  1. Kunjungi http://nuptk.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih Penelusuran
  3. Pilih Sekolah (untuk melihat data NUPTK berdasarkan tempat tugas)
  4. Isikan data sekolah anda
  5. Klik tombol Cari
  6. Untuk dapat mencetak data NUPTK yang tertera di daftar PTK sekolah, klik gambar Print yang ada disudut kanan atas layar


2. Penelusuran NUPTK berdasarkan nama PTK

  1. Kunjungi http://nuptk.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih Penelusuran
  3. Pilih Nama (untuk melihat data NUPTK berdasarkan nama PTK)
  4. Isikan data diri Bapak/Ibu
  5. Klik tombol Cari
  6. Untuk dapat mencetak data NUPTK yang tertera di daftar PTK sekolah, klik gambar Print yang ada disudut kanan atas layar


3. Penelusuran data PTK berdasarkan nomor NUPTK

  1. Kunjungi http://nuptk.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih Penelusuran
  3. Pilih NUPTK  (untuk melihat data NUPTK berdasarkan nomor NUPTK )
  4. Isikan nomor NUPTK
  5. Klik tombol Cari
  6. Untuk dapat mencetak data NUPTK yang tertera di daftar PTK sekolah, klik gambar Print yang ada disudut kanan atas layar


Tentu saja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah mempunyai nomor NUPTK akan mendapatkan ke untungan lebih dibandingkan yang belum memilikinya. Bagi pihak sekolah yang ingin mendapatkan hak akses HAK AKSES Data NUPTK sudah bisa mengajukan secara online dengan mengunjungi http://nuptk.kemdikbud.go.id/ dan mengklik Akun NUPTK.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!