Tanda Daftar Perusahaan

perizinan

User Rating: / 1
PoorBest 
Tanda Daftar Perusahaan - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Tanda Daftar Perusahaan

Tanda Daftar Perusahaan
TDP atau Tanda Daftar Perusahaan merupakan sebuah daftar catatan resmi yang dibuat berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan-peraturan pelaksananya. TDP memuat hal-hal yang harus didaftarkan oleh setiap perusahaan dan dilegalkan oleh pejabat yang berwenang.

Setiap perusahaan harus mempunyai TDP, baik perusahaan yang memiliki bentuk Perorangan, Perseroan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer (CV), Koperasi, Firma (Fa), ataupun Bentuk Usaha Lainnya (BUL). Termasuk juga Perusahaan Asing dengan status Agen Perusahaan, Anak Perusahaan, Kantor Pembantu, Kantor Pusat, Kantor Tunggal, Kantor Cabang, dan Perwakilan Perusahaan yang berkedudukan serta menjalankan usaha di wilayah NKRI wajib didaftarkan didalam daftar perusahaan dan mendapat TDP.

Tempat Pendaftaran TDP atau Tanda Daftar Perusahaan


Pendaftaran TDP atau Tanda Daftar Perusahaan wajib dilakukan oleh pemilik ataupun pengurus perusahaan, namun juga bisa diwakilkan pada orang lain dengan memberi surat kuasa. Pendaftaran perusahaan bisa dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran yang telah ditetapkan. Penyerahan formulir dapat pendaftaran dilakukan dikantor pendaftaran perusahaan dimana kantor perusahaan atau setiap kantor cabang, kantor pembantu dan atau anak perusahaan berada  di Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Bila diwilayah dimana perusahaan atau perwakilannya berada tidak terdapat tempat pendaftaran, maka pendaftaran dilakukan dikantor pendaftaran perusahaan di Ibukota Propinsi tempat kedudukan perusahaan.

Pendaftaran perusahaan wajib dilakukan dalam waktu 3 bulan sesudah perusahaan mulai menjalankan usahanya. Pendaftaran perusahaan bisa saja ditolak oleh petugas  Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang berwenang. Petugas yang menolak harus menyebutkan alasan penolakkan dan memberi kesempatan kepada perusahaan tersebut guna mengadakan pembetulan dan pendaftaran ulang. Perusahaan yang ditolak pendaftarannya bisa juga mengajukan keberatannya.

Masa berlaku TDP atau Tanda Daftar Perusahaan

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) berlaku selama Perusahaan itu masih beroperasi serta wajib didaftar ulang setiap 5 (lima) tahun sekali. Jika Tanda Daftar Perusahaan (TDP) hilang, maka pemilik perusahaan wajib mengajukan permintaan tertulis ke kantor pendaftaran perusahaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat guna mendapat gantinya dalam kurun waktu selambat-lambatnya 3 bulan sesudah kehilangan.

Perusahaan yang mendapat pengecualian dari Wajib Daftar Perusahaan
Khusus bagi Perusahaan Kecil Perorangan, usaha kecil, UKM Mikro yang dijalankan secara pribadi, serta hanya mempekerjakan anggota keluarga terdekat dan tidak membutuhkan izin usaha, dan bukan merupakan suatu badan hukum atau suatu persekutuan dikecualikan dari wajib Daftar Perusahaan TDP. Pengecualian juga berlaku bagi setiap perusahaan yang berbentuk Perjan (jawatan).

Dasar Hukum TDP atau Tanda Daftar Perusahaan:

  • UU Republik Indonesia No. 3 tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan
  • SK Menperindag No:596/MPP /Kep/9/2004 tentang Standar Penyelenggaraan Wajib Daftar Perusahaan


Walaupun sebagai wirausaha kecil kita belum berkewajiban mendaftarkan perusahaan kita dan mendapatkan TDP atau Tanda Daftar Perusahaan. Namun tidak ada salahnya rekan UKM mengetahuinya, siapa tahu usaha kita akan semakin berkembang hingga menjadi sebuah perusahaan besar.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!