Cara Membuat Surat Keterangan Usaha

perizinan

User Rating: / 1
PoorBest 
Cara Membuat Surat Keterangan Usaha - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha

Surat Keterangan Usaha
Surat keterangan usaha di keluarkan oleh kelurahan atau desa setempat, dimana usaha tersebut berjalan. Surat keterangan usaha berguna untuk mengurus izin usaha ketingkat berikutnya, seperti Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) yang dikeluarkan oleh kecamatan, hingga SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) yang dikeluarkan oleh Dispenda tingkat II.

Surat keterangan usaha juga bisa digunakan sebagai landasan mengajukan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perorangan, bila orang tersebut "hanya" memiliki usaha kecil sebagai sumber penghasilannya.

Walau begitu, tidak ada sanksi yang diberikan bila kita sebagai UKM atau wirausahawan tidak melakukan pengurusan surat keterangan usaha bagi usaha kita. Hanya saja, saat kita akan mengurus perizinan ketingkat yang lebih tinggi akan terhambat. Sebab surat keterangan usaha diperlukan sebagai syarat perizinan lebih lanjut, hingga surat keterangan usaha ini mutlak diperlukanĀ  bila usaha kita mulai berkembang dan memerlukan perijinan lebih tinggi.

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha


Cara membuat surat keterangan usaha cukup mudah, kita hanya perlu membawa foto copy ktp ke kelurahan/desa. Siapkan data usaha sebagai berikut:
Nama usaha
Jenis usaha
Awal tahun berdiri
Nama pemilik

Biaya Membuat Surat Keterangan Usaha
Tidak ada biaya yang ditetapkan untuk membuat surat ini, hanya sedikit keiklasan dari kita. Pengalaman saya membuat surat keterangan usaha dari desa ini saya berikan Rp 30.000. Walaupun sebetulnya tidak diperlukan. Jika disuatu desa atau kelurahan diminta sekian-sekian, itu bukan untuk negara.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!