Usaha Tutut Rebus

peluang usaha

User Rating: / 2
PoorBest 
Usaha Tutut Rebus - 3.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Tutut Rebus

Peluang Usaha Tutut Rebus
Tutut merupakan sejenis keong sawah, masyarakat Jawa Barat biasa menyebutnya tutut. Tutut merupakan hama bagi petani padi, karena tutut dan keong mas memakan batang batang padi yang masih muda. Namun tutut juga di kenal sebagai hewan yang memiliki gizi yang tinggi dan bagus untuk beberapa macam penyakit, itulah sebabnya banyak orang yang menyukai tutut sebagai santapannya. Peluang usaha tutut rebus sudah banyak bermunculan, biasanya di jajakan di pinggiran jalan dengan memakai gerobak dengan harga sekitar Rp 3.000 per porsi.

 

Peluang Usaha Tutut Rebus

Banyaknya UKM usaha tutut rebus saat ini di karenakan peluang usaha tutut rebus ini memang masih terbuka dengan lebar, banyak orang menyukai tutut rebus. Ditambah lagi anggapan di tengah masyarakat kalau tutut bisa membantu mengobati sakit kuning atau liver, sakit maag dan tentu saja menambah nafsu makan. Sebenarnya tutut juga bisa di sajikan untuk berbagai menu masakan, namun memang yang paling populer dan mudah adalah tutut rebus dengan bumbu kuning.

Bahan Baku Usaha Tutut Rebus

Bahan baku utama tentu saja tutut, namun biasanya banyak yang mencampurnya dengan keong mas berwarna hitam yang ukurannya biasanya sama. Tutut mempunyai ukuran terkecil den mempunyai cangkang ekor yang lancip (mirip bekicot) sedangkan keong mas mempunyai cangkang ekor yang agak bundar. Keong tutut dapat di peroleh di pasar tradisional, mencari sendiri di sawah (tidak di anjurkan untuk berjualan), membeli pada peternak tutut maupun melakukan budidaya tutut sendiri.

Tempat Usaha keong tutut rebus
Tempat usaha tutut rebus tentunya di pinggiran jalan yang ramai, persimpangan dan tempat berkumpulnya banyak orang. Target pasar usaha tutut rebus bukan hanya masyarakat sekitar tempat usaha namun juga pengendara mobil dan sepeda motor yang lewat untuk sejenak beristirahat. Buatlah tempat usaha yang nyaman dan mudah terlihat oleh pengendara yang lewat.

Perlengkapan Usaha Tutut Rebus
Sebagaimana usaha kaki lima lainnya, yang dibutuhkan bagi usaha ini adalah sebuah gerobak sebagai etalase. Selain itu beberapa perlengkapan seperti langseng besar, kompor dan tabung gas, mangkuk dan sendok juga di butuhkan. Selain itu anda juga cukup menyediakan bangku panjang yang terbuat dari kayu, tambahkan mejanya bila memungkinkan. Berikut perkiraan modal awal untuk perlengkapan.

Perlengkapan Usaha           
Harga (Rp)
Gerobak  
2.000.000 - 3.000.000
Langseng besar     
100.000 - 200.000
Kompor dan tabung gas 
300.000 - 350.000
Mangkuk dan sendok makan 
75.000 - 100.000
Perlengkapan lain   
100.000

Gerobak                               2.000.000 - 3.000.000
Langseng besar                          100.000 - 200.000
Kompor dan tabung gas              300.000 - 350.000
Mangkuk dan sendok makan      75.000 - 100.000
Perlengkapan lain                                            100.000

Karyawan Usaha Tutut Rebus

Bila anda menjalankan sendiri usaha ini, tidak diperlukan karyawan tambahan bagi usaha ini. Namun bila anda mempunyai beberapa gerobak, cukup mengangkat satu orang karyawan untuk tiap gerobaknya. Anda cukup memasak tutut rebus di rumah kemudian membagikan pada tiap gerobak anda.

Promosi dan Pemasaran Usaha Tutut Rebus
Tidak di perlukan promosi khusus bagi usaha ini, yang terpenting adalah tempat usaha mudah terlihat dan banyak di lalui  banyak orang dan kendaraan yang lewat. Bila kualitas tutut rebus anda enak, biasanya akan terjadi promosi dari mulut ke mulut yang akan meningkatkan penjualan. Spanduk atau banner besar yang bertuliskan tutut rebus sangat dibutuhkan agar orang atau pengendara yang lewat bisa melihatnya.

Resiko Usaha
Peluang usaha tutut rebus sebetulnya tahan banting, tetap maju baik dalam kondisi hujan maupun panas. Resiko usaha terbesar adalah persaingan usaha yang ketat di lokasi yang sama, anda dapat menghindari resiko ini dengan meningkatkan mutu masakan tutut rebus, harga yang bersaing, dan berinovasi dalam memasak tutut rebus anda seperti memakai saus tiram misalnya. Semoga anda dapat memanfaatkan peluang usaha tutut rebus ini dengan baik.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!