Usaha Sarung Jok Motor

peluang usaha

User Rating: / 12
PoorBest 
Usaha Sarung Jok Motor - 4.6 out of 5 based on 12 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Sarung Jok Motor

Usaha Sarung Jok Motor
Saat ini, banyak sekali pemilik sepeda motor baik itu di perkotaan maupun di desa. Sepeda motor dianggap sebagai moda tranfortasi yang paling ekonomis dan praktis. Tidak ayal pertumbuhannya sangatlah pesat, ini membuat usaha pendukungpun mulai banyak bermunculan. Salah satunya adalah usaha sarung jok motor, peluang usaha ini banyak di butuhkan untuk mengganti sarung jok motor yang robek atau yang sudah usang.


Saat ini, orang yang mengganti sarung jok motor bukan hanya karena sarung jok motor mereka sobek atau rusak. Namun banyak juga yang mengganti sarung jok motor hanya karena bosan atau mengikuti sarung jok yang sedang trends. Umumnya anak muda yang senang 'mendandani' motor mereka tidak segan segan mengganti sarung jok motor mereka dengan yang sedang trends walaupun sarung jok motor mereka masih sangat bagus.

Kebiasaan gonta-ganti sarung jok motor pada anak muda membuat peluang usaha ganti sarung jok motor lebih menguntungkan. Hal ini disebabkan sarung jok motor bekas mereka umumnya masih sangat bagus-bagus karena diganti bukan karena rusak atau sobek, sarung jok bekas ini biasanya di tinggalkan pada kita dan bisa kita jual kembali.

 

Harga Sarung Jok Motor

Harga penggantian sarung jok motor yang di tetapkan umumnya bervariasi, berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 50.000. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya pemasangan, sedangkan untuk busa jok motor berkisar Rp 20.000 hingga Rp 50.000 tergantung dari kwalitas busa tersebut jok motor tersebut. Keuntungan lain yang bisa di dapat adalah hasil penjualan busa jok motor bekas dan sarung jok motor bekas, busa jok motor bekas dan sarung jok motor bekas ini masih laku dijual seharga Rp 10.000 perbuah baik dijual kepada pemilik motor yang mengganti busa jok motor dan sarung jok motor dengan budget terbatas atau dijual kepada usaha kerajinan lain.

Tempat Usaha Sarung Jok Motor
Tempat usaha sarung jok motor bisa dilakukan di mana saja, asalkan berada di pinggiran jalan raya. Usahakan yang berlokasi di tempat strategis seperti pertigaan atau jalan yang ramai. Tempat usaha sarung jok motor ini mesti memiliki tempat parkir yang cukup untuk memarkir motor pelanggan yang sedang kita kerjakan.

Peralatan Usaha Sarung Jok Motor

Peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, hanya steples besar untuk jok, obeng, paku dan tambahan mesin jahit jika kita membuat sendiri dari lembaran bahan atau memodifikasi secara khusus seperti penambahan nama dan lain lain. Umumnya sarung jok motor tersedia dalam keadaan lembaran sudah siap pasang untuk satu unit motor. Tapi bila kita ingin untuk yang lebih besar bisa membeli sarung jok motor meteran yang harganya lebih murah, namun kita mesti memotong dan merapihkan jahitan sendiri.

Promosi dan Pemasaran Usaha Sarung Jok Motor

Pemasaran khusus untuk usaha ganti sarung jok motor tidak diperlukan, biasanya promosi justru terjadi dari mulut ke mulut. Mempertahankan kwalitas pekerjaan pemasangan sarung jok  adalah promosi terbaik untuk usaha ini. Pastikan kita memiliki banyak pilihan sarung jok motor dengan tipe dan harga yang beragam. Akrablah dengan para pelanggan, usahakan mengobrol akrab tentang sepeda motor atau obrolan ringan lainnya.

Resiko Usaha Sarung Jok Motor

Model sarung jok motor yang sangat beragam dan terus keluar model terbaru merupakan tantangan bagi Usaha Sarung Jok Motor dalam melengkapi persediaan barang dagangannya. Bila model kita tertinggal jaman, maka akan banyak pelanggan yang beralih ketempat lain. Kita harus bisa menjaga ketersediaan model sarung jok motor yang up to date sehingga pelanggan kita tetap loyal terhadap kita,

Analisa usaha (asumsi sarung jok motor siap pasang)

Modal awal
Sewa kios per tahun                                               Rp 5.000.000,00
Peralatan (rak dan meja)                                          Rp 1.000.000,00
Perlengkapan ( stepler dll ) Rp 100.000
Stok awal sarung jok motor 100 pcs @ Rp 20.000 =   Rp 2.000.000
Stok awal busa jok motor 10 pcs @ Rp 20.000 =        Rp 200.000
Modal awal                                                            Rp 8.300.000

Peralatan mengalami penyusutan setelah digunakan selama 3 tahun (36 bulan)
Dengan rincian sebagai berikut :
1/36 x Rp 1.000.000 = Rp 27.800

Biaya operasional per bulan
Perlengkapan  Rp 100.000
Sewa tempat per bulan : Rp 5.000.000,00/12 bulan Rp 416.000
Biaya listrik Rp 100.000
Biaya penyusutan alat Rp 27.800
Total biaya operasional Rp 643.800

Omset/ bulan :
5 pcs/hari x 30 x Rp 50.000 =  Rp 7.500.000

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan)
Rp 7.500.000 : Rp 8.300.000 = 1,1 bulan

Melihat cepatnya ROI (Return of Investment), peluang Usaha Sarung Jok Motor ini sangat menguntungkan dan layak untuk dilakukan. Modal usaha yang kita keluarkan juga tidak terlalu besar, namun kita mesti memiliki keahlian dalam memasang sarung jok motor dengan rapi dan cepat. Semoga artikel peluang usaha ini bisa menjadi inspirasi untuk anda lakukan bersama, salam UKM.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!