Usaha Nasi Bakar

peluang usaha

User Rating: / 10
PoorBest 
Usaha Nasi Bakar - 4.6 out of 5 based on 10 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Nasi Bakar

Peluang Usaha Nasi Bakar

Nasi bakar sejatinya sudah dikenal sejak dahulu, namun saat ini nasi bakar dijadikan makanan cepat saji dan diolah menjadi semenarik mungkin hingga mempunyai nilai jual lebih. Sesuai dengan namanya, nasi bakar adalah makanan tradisional Indonesia yang dibumbui serta terkadang diberi sedikit lauk dan dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dibakar. Saat ini peluang usaha nasi bakar sedang berkembang, banyak yang membuka usaha nasi bakar baik sendiri sendiri maupun dengan sistem waralaba nasi bakar.


Usaha nasi bakar biasanya di jalankan di restoran atau warung makan yang cukup ekslusif, namun saat ini usaha nasi bakar sudah banyak di jual di both atau outlet maupun warung tenda kaki lima. Ini membuktikan kalau usaha nasi bakar sedang banyak di gemari oleh masyarakat. Kelebihan nasi bakar ini adalah nasi sebagai makanan pokok yang bisa dinikmati kapan saja.

 

Deskripsi Usaha Nasi Bakar

Bahan Baku
Bahan baku utama tentu saja nasi / beras, selain itu bumbu-bumbu juga banyak di pakai untuk memperlezat nasi bakar yang di buat. Banyak juga yang menambahi nasi bakar dengan aneka macam lauk-pauk seperti ikan teri, jamur, daging ayam hingga nugget. Beras yang dipakai biasanya yang pulen, ini agar nasi yang di hasilkan legit saat di bakar. Sangat penting untuk mengetahui resep nasi bakar yang enak, inspirasi resep nasi bakar bisa di lihat di Resep Nasi Bakar.

Tempat Usaha
Salah satu point penting dalam memulai sebuah usaha di bidang makanan adalah lokasi tempat usaha, tempat usaha sangat berpengaruh terhadap kelancaran dan kemajuan usaha nasi bakar yang akan kita geluti. Secara umum lokasi usaha yang memenuhi syarat harus meliputi :

  1. Berada di keramaian. Bisa di tengah pasar atau pusat perbelanjaan, didepan Minimarket maupun di pertigaan yang ramai.
  2. Mudah di akses. Tempat usaha nasi bakar kita mesti mudah di akses baik oleh kendaraan umum maupun pribadi.
  3. Tersedia tempat parkir. Tempat parkir sangat di butuhkan oleh para pembeli yang menggunakan kendaraan pribadi dan sepeda motor.
  4. Di pinggiran jalan yang ramai. Terlebih lagi jika kita memutuskan untuk membuka usaha nasi bakar kaki lima, sangat di sarankan berada di sekitar persimpangan jalan dan jalan yang ramai.


Perlengkapan Usaha
Perlengkapan usaha yang dibutuhkan seperti perlengkapan usaha makanan pada umumnya, yaitu peralatan memasak seperti kompor, rice cooker, wajan dan panggangan untuk membakar nasi. Selain itu dibutuhkan juga peralatan makan seperti sendok dan garpu, piring dan gelas serta meja dan kursi. Tidak ketinggalan adalah tempat memajang nasi bakar kita seperti gerobak, etalase ataupun both corner.

Karyawan
Usaha nasi bakar sekala kaki lima sudah bisa berjalan dengan 1 orang pekerja, jika kita  mendelegasikan pekerjaan ini kepada karyawan maka hanya di butuhkan 1 orang karyawan saja. Jika usaha kita sudah ramai maka dibutuhkan seorang pelayan tambahan untuk melayani para pelanggan, sedangkan urusan meracik dan membuat nasi bakar sebaiknya dikerjakan oleh kita sendiri agar rasa nasi bakar kita tidak berubah.

Promosi dan pemasaran

Ada beberapa langkah strategi promosi dan pemasaran yang bisa kita tempuh, diantaranya berikut ini :

  1. Melakukan penjualan dari outlet kepada pembeli/pelanggan dengan pelayanan yang ramah.
  2. Melakukan ekspansi secara berkesinambungan untuk memperkenalkan usaha Nasi Bakar kita dengan berpromosi melalui pemasangan spanduk, banner, penyebaran brosur atau leaflet maupun promosi dari mulut kemulut.
  3. Mendukung berbagai bentuk kegiatan promo dan advertising yang bertujuan untuk membangun branding Nasi Bakar Kita.
  4. Harga jual yang terjangkau untuk semua golongan.
  5. Variasi rasa nasi bakar yang kita miliki serta rasanya yang enak.

Harga Nasi Bakar

Harga nasi bakar cukup bervariasi, ada yang menjual Rp 4.000 hingga Rp 15.000. ini juga tergantung isian dan rasa dari nasi bakar itu sendiri. Disarankan kita melakukan riset pasar terlebih dahulu terhadap para pesaing kita sebelum menentukan harga jual, usahakan menjual nasi bakar di bawah harga para pesaing kita.

Risiko Usaha Nasi Bakar

Resiko yang sering di temui dari usaha baru adalah sepi pembeli di 3 bulan pertama, lakukan terus promosi dan tetap mempertahankan dan meningkatkan rasa dari nasi bakar yang kita jual. Disamping itu, cuaca hujan juga bisa membuat usaha kita lebih sepi pembeli.

Bagi Anda pemain beru di dunia usaha UKM, disarankan melakukan riset pasar terlebih dahulu kepada para pesaing kita, berapa harga jual dan variasi rasa, nasi bakar apa saja yang di sukai hingga siapa saja atau kalangan mana saja yang lebih sering membeli nasi bakar dari para pesaing kita. Bagi anda yang tidak ingin repot  dan melakukan trial and eror bisa mengambil francise waralaba nasi bakar, saat ini sudah banyak yang menawarkan waralaba nasi bakar seperti Nasi Bakar Kusuka, Nasi Bakar UMAI, Nasi K'bakar Pelangii dan Nasi Bakar Den Ayu. Apapun usaha nasi bakar yang anda pilih, yang jelas peluang usaha nasi bakar masih sangat terbuka lebar.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!