Usaha Keripik Ikan Balita

peluang usaha

User Rating: / 4
PoorBest 
Usaha Keripik Ikan Balita - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Keripik Ikan Balita

usaha keripik ikan balita


Keripik Ikan Balita atau Baby Fish Chips
Ikan balita atau baby fish mulai dikenal pada tahun1997, ikan balita merupakan sebutan bagi anakan ikan air tawar seperti ikan mas, nilem, nila dan bayi ikan lainnya. Untuk bayi ikan mas, merupakan bayi ikan mas yang dipanen saat usia 30-45 hari dan sudah mencapai ukuran 5 hingga 7 cm (sekitar sebesar jari kelingking). Ikan mas balita ini biasanya dihargai sekitar Rp 20.000/kg dari pembudidaya pembibitan ikan mas, atau ada juga yang menjual per ekor atau liter. Namun jika di olah menjadi keripik ikan balita bisa mendapat keuntungan yang berlipat.

Keripik bayi ikan ini sangat banyak penggemarnya, biasanya dimakan sebagai cemilan atau makanan ringan. Namun banyak juga yang memakannya sebagai lauk teman makan, keripik ikan balita yang garing dan gurih ini membuat seluruh bagian ikan termasuk tulangnya bisa di makan. Keuntungan yang didapat juga cukup menggiurkan, di samping minimnya resiko usaha keripik ikan balita ini.

Dari 3 kg ikan balita segar, bisa dihasilkan sebanyak 1 kg keripik ikan balita. Peluang usaha keripik ikan balita ini cukup prospektif . Jika ikan mas balita seharga Rp 20.000/kg atau Rp 60.000 untuk menghasilkan keripik ikan mas balita goreng, maka harga jual yang bisa diperoleh dapat meningkat menjadi sekitar Rp 400.000 – Rp 500.000/Kg keripik ikan balita. Jika dijual dalam kemasan kecil akan lebih menguntungkan, harga 50gr keripik ikan balita mencapai Rp 20.000 hingga Rp 25.000

 

Cara Membuat Keripik Ikan Balita (Baby Fish Chips)

keripik ikan balita
Tahapan proses pengolahan:

Bahan baku Keripik Ikan Balita

  1. Bayi Ikan mas balita
  2. Tepung beras
  3. Tepung terigu
  4. Telur
  5. Santan
  6. Bumbu yang dihaluskan seperti cabe, bawang, garam, gula, dll
  7. Jeruk untuk perasan


Cara membuat keripik ikan balita

  1. Pilih bahan baku bayi ikan mas yang segar dan berkualitas
  2. Cuci ikan balita hingga bersih, buang kotoran dalam perut
  3. Beri perasan air jeruk untuk mengurangi bau amis pada ikan
  4. Haluskan berbagai bumbu yang sudah disiapkan
  5. Campurkan kedalam baskom yang berisi tepung beras, tepung terigu dan telur
  6. Tambahkan larutan santan
  7. Aduk hingga tidak menggumpal, beri tambahan air bila terlalu menggumpal
  8. Masukkan ikan mas balita kedalam campuran adonan tepung
  9. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian goreng ikan hingga matang dan krispy
  10. Tiriskan dahulu keripik ikan mas balita hingga minyak keluar, lebih baik lagi bila memakai mesin peniris minyak. Penirisan minyak memakai mesin peniris minyak bisa memperpanjang daya tahan keripik ikan hingga 4 bulan tanpa pengawet, sedangkan bila tidak menggunakan mesin peniris ikan maka keripik ikan hanya dapat bertahan sekitar 1 bulan saja.
  11. Kemas keripik ikan balita dalam wadah plastik.


Keripik ikan balita yang gurih dan garing krispy dalam balutan tepung sangat banyak digemari konsumen dari berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Keripik ikan balita bisa disajikan secara cepat, mudah, renyah dan bercita-rasa tinggi, juga bisa disajikan sebagai makanan camilan dalam kehidupan sehari-hari. Penjualan produk keripik ikan balita ditujukan kepada seluruh kalangan masyarakat secara umum dan masyarakat golongan menengah keatas secara khusus yang selalu menginginkan suatu produk makanan bercita rasa lezat, renyah dan sehat yang dapat mencukupi kebutuhan akan kalsium tulang mereka.

Refferensi:
Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan
Usaha Keripik Ikan Balita


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!