Home Peluang Usaha Usaha Jasa Service Elektronik

Usaha Jasa Service Elektronik

User Rating: / 8
PoorBest 
Usaha Jasa Service Elektronik - 3.4 out of 5 based on 8 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

peluang usaha
Written by Diandra Azahra   

Usaha Jasa Service Elektronik

Usaha Jasa Service Elektronik
Setiap peralatan elektronik mempunyai resiko mengalami kerusakan, mulai dari televisi, radio tape, DVD/VCD player, kulkas, kipas angin, AC, magic-gar hingga komputer dan lain-lain. Tak diragukan lagi, jika peluang Usaha Jasa Service Elektronik mempunyai prospek yang sangat menguntungkan.


Usaha Jasa Service Elektronik bisa di jadikan sebagai usaha sampingan ini karena yang terpenting adalah kita memiliki keahlian dalam memperbaiki barang elektronik. Usaha ini juga bisa di jalankan di mana saja termasuk di rumah sendiri, asalkan ada waktu untuk mengerjakannya. Namun bila kita memang sudah serius ingin membuka Usaha Jasa Service Elektronik ini, kita sebaiknya membuka sebuah kios khusus agar bisa lebih fokus dan memiliki banyak pelanggan.

 

Target Usaha Jasa Service Elektronik

Target pelanggan peluang usaha ini adalah semua orang yang mempunyai barang-barang elektronik. Mulai dari rekan-rekan Anda di kantor, kerabat dekat Anda, para tetangga yang ada di sekitar rumah Anda dan tentunya masyarakat umum yang memiliki peralatan elektronik.

Memulai Usaha Jasa Service Elektronik

Usaha Jasa Service Elektronik merupakan usaha jasa yang memerlukan keahlian khusus sebagai modal utama, maka sebelum memulai usaha ini, baik itu jadi usaha sampingan maupun usaha pokok kita mesti memiliki dan mempelajari terlebih dahulu hal hal yang berhubungan dengan elektronik. Seperti cara menganalisa dan memperkirakan kerusakan secara cepat, cara membongkar, memperbaiki dan merakit kembali barang elektronik yang rusak dan mengetahui kisaran harga komponen elektronik yang mungkin harus di ganti.

Cari pusat penjualan komponen barang elektronik yang menawarkan produk-produk berkualitas, dengan harga miring. Sehingga biaya operasional yang kita keluarkan tidak terlalu besar. Siapkan juga peralatan servis yang dibutuhkan, seperti obeng, tang kecil, solder, taspen, adaptor, berbagai jenis kabel, serta beberapa peralatan lain yang mendukung. Siapkan juga meja dan kursi kerja yang nyaman karena kita akan lama duduk disana.

Keahlian memperbaiki barang elektronik umumnya bisa di dapat dari pengalaman, namun juga bisa diperoleh dari kursus servis elektonik maupun perguruan tinggi. Bila kita juga mempunyai hobi terhadap barang elektronik, usaha ini akan lebih berhasil sebab usaha yang bagus dijalankan sesuai dengan bidang yang kita senangi.

Tempat Usaha

Tempat Usaha Jasa Service Elektronik bisa dilakukan dimana saja, bahkan dirumah kita sendiri juga bisa. Namun membuat kios khusus memang lebih baik, ini untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang datang ketempat kita. Sebuah ruangan berukuran 3x3 meter sudah cukup untuk menjalankan bisnis ini, pastikan memiliki meja kerja yang nyaman tempat kita melakukan reparasi elaktronik. Sebuah rak bisa di buat di dinding untuk memajang dan menyimpan peralatan elaktronik yang diperbaiki. Buat juga rak khusus untuk tempat peralatan kita.

Resiko Usaha
Hambatan yang sering menghambat usaha jasa reparasi elektronik yaitu kurangnya kemampuan atau pengetahuan untuk mereparasi barang elektronik. Kegagalan dalam memperbaiki bisa menambah kerusakan pada barang elektronik tersebut,  dan tentunya membuat pelanggan kita kecewa dan enggan datang kembali. Selain itu kendala yang dihadapi adalah sulitnya memperoleh beberapa komponen pengganti untuk memperbaiki alat elektronik tertentu, bila adapun pasti harganya cenderung lebih mahal. Kita mesti bisa mengkomunikasikan dengan pelanggan perkiraan harga komponen saat menganalisa barang pertama kali.

Analisa Usaha Jasa Service Elektronik

Analisa ini dibuat dengan asumsi :
Usaha dijalankan di rumah, jadi tidak ada biaya sewa tempat.
Rata-rata dalam satu minggu berhasil mereparasi 3 alat elektronik.
Dengan mematok tarif kurang lebih Rp 50.000 - Rp 100.000 untuk setiap jasa diluar harga komponen elektronik.

Modal awal
Peralatan servis (obeng, tang, solder, taspen, dll)      Rp 2.000.000
Komponen elektronik                                            Rp 1.000.000 +
Total                                                                  Rp 3.000.000

Biaya penyusutan alat setelah pemakaian 2 tahun (24 bulan)
= 1/24 x Rp 2.000.000,00       =                           Rp 83.400,00

Biaya operasional per bulan
Biaya listrik                                                            Rp   150.000
Bahan pendukung servis (kabel, tenol solder)             Rp   100.000
Pembelian komponen rata-rata per bulan                   Rp 1.000.000

Biaya penyusutan alat                                             Rp    83.400 +
Total                                                                    Rp 1.333.400

Omset per bulan
Jasa servis elektronik (belum termasuk ganti komponen) :
1 order x Rp 50.000 x 30 hari                                   Rp 1.500.000
Jasa penggantian komponen rata-rata per bulan          Rp 1.500.000 +
Total                                                                    Rp 3.000.000

Laba bersih per bulan Rp 3.000.000 – Rp 1.333.400,00 =   Rp 1.666.600

ROI (Return of Investment)

(modal awal : laba bersih per bulan)
=   Rp 3.000.000 / Rp 1.666.600 =  1,8 bulan

Usaha Jasa Service Elektronik masih cukup menguntungkan. Jadi bagi kita yang mempunyai kemampuan dibidang elektronik, tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan peluang usaha ini baik sebagai usaha sampingan maupun sebagai usaha utama kita sebagai seorang UKM.Tingkatkan selalu keahlian kita sesuai perkembangan teknologi dan barang elektronik, bila pelanggan sudah banyak tidak ada salahnya mencari seorang pegawai untuk membantu kita.  Selamat berusaha dan salam sukses.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

 

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!

Joomla templates by a4joomla