Usaha Jasa Pengetikan

peluang usaha

User Rating: / 11
PoorBest 
Usaha Jasa Pengetikan - 5.0 out of 5 based on 11 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Jasa Pengetikan

Usaha Jasa Pengetikan

Peluang usaha jasa pengetikan

Saat ini banyak kalangan yang mempunyai komputer dan laptop sendiri, yang tidak mempunyai komputer dan laptop sendiripun bisa dengan mudah menyewa di warnet dan rental komputer. Walau begitu masih banyak orang yang banyak datang ke tempat usaha jasa pengetikan untuk membantu tugas mereka, kesibukan dan rasa malas biasanya menjadi alasan utama bagi para pemilik komputer atau laptop menyerahkan tugas mengetik kepada usaha jasa pengetikan.

Ada dua jenis pengguna usaha jasa pengetikan ini, yaitu orang terdidik yang memiliki ataupun tidak komputer sendiri yang seharusnya bisa mengerjakan tugasnya sendiri dengan orang biasa yang kurang terdidik yang bahkan memegang komputerpun tidak pernah. Orang terdidik biasanya terdiri dari kalangan pelajar, mahasiswa, akademisi maupun pegawai yang karena alasan sibuk, banyaknya yang mesti dikerjakan, capai atau malas mendelegasikan tugas mengetik mereka kepada usaha jasa pengetikan.

Jenis pengguna lain dari peluang usaha jasa pengetikan ini adalah orang biasa yang kurang atau memang tidak mengerti pengetikan, biasanya pelanggan jenis ini banyak di temui bila kita membuka usaha jasa pengetikan di pedesaan. Karena ketidak mengertian mereka terkadang banyak di temui permintaan dari pelanggan jenis ini yang 'Tidak wajar', contohnya meminta mengetikan rekening tabungan untuk syarat pinjaman, mengganti atau merubah akta kelahiran, SKCK, ijazah, dll yang notabene sudah mendekati pemalsuan. Sebaiknya hindari permintaan permintaan seperti ini guna mencegah hal yang tidak di inginkan di kemudian hari.

Persiapan memulai usaha jasa pengetikan

Mencari tempat usaha
Sebagaimana kebanyakan dalam memulai peluang usaha, kita harus mencari tempat usaha yang cocok dan memiki prospek yang bagus untuk usaha jasa pengetikan kita. Tempat usaha yang cocok adalah sekitar kampus, sekolah dan perkantoran. Walau begitu bagi anda yang tinggal di pedesaan pun masih bisa membuka usaha jasa pengetikan ini, usahakan tempat usaha yang mudah di akses atau di pinggiran jalan ramai. Kios seukuran 2 x 2 meter persegi sudah cukup untuk memulai usaha ini.

Peralatan usaha jasa pengetikan
Peralatan yang harus kita miliki adalah komputer, printer, beberapa jenis kertas, scanner, meja komputer dan kursinya yang nyaman arena kita akan duduk lama, alat tulis, buku catatan transaksi dan lainnya. Komputer yang di pakai tidak perlu yang memiliki spesipikasi khusus, cukup komputer pentium II/III dengan harga di bawah 3 jutaan. Bila kita membeli bekas komputer pentium III sekitar Rp 1,5 juta, untuk printer dapat memilih tipe inkjet yang harganya sudah ada yang dibawah Rp 0,5 juta.

Peralatan Harga (Rp)
Dua set komputer 
3.000.000 - 6.000.000  
Satu set printer 500.000 - 1.000.000
Scanner
500.000 - 1.000.000
Meja komputer dan Kursi
300.000 - 400.000
Total perlengkapan
4.610.000 - 9.050.000


Persiapan kemampuan mengetik
Untuk medukung usaha jasa pengetikan kita, maka kemampuan mengetik yang kita miliki dan karyawan kita mestilah baik. Ini akan berpengaruh terhadap hasil kerja kita dan kepuasan pelanggan, bila pelanggan puas dengan hasil kerja kita maka mereka akan terus datang kembali begitu juga sebaliknya. Kita mesti pahami betul apa yang pelanggan kita inginkan, ini sangat penting guna memberikan kepuasan kepada pelanggan kita. Konfirmasi detail order yang diterima sebelum memulai mengerjakan pesanan, ini untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman yang membuat pelanggan kecewa.

Kemampuan apa saja yang mesti disiapkan oleh kita

  1. Kemampuan mengetik cepat dan benar.
  2. Berpromosi dengan baik untuk meraup konsumen.
  3. Kemampuan  mengalokasikan dana dengan baik sebab ada saat dana diperlukan untuk perawatan atau penggantian komponen atau software komputer, membeli kertas atau tinta dan membayar gaji karyawan.
  4. Catat semua transaksi baik transaksi order/pendapatan maupun transaksi pembelian/pengeluaran.


Tetapkan harga yang bersaing
Tetapkan harga jual yang bersaing namun masih menguntungkan, tentukan berdasarkan kerapatan spasi dan jenis dokumen yang diketik. Bila memiliki permintaan jenis huruf (apalagi jenis huruf yang kecil) bisa di negosiasikan harganya. Contohnya sebagai berikut

Jenis Jasa             
Harga (Rp/Lembar)
Pengetikan Spasi 2 
2.000
Pengetikan Spasi 1,5 3.000
Pengetikan Spasi 1 4.000
Pengetikan Dokumen tabel
4.000
Print      B/W   
500
Print  warna sedikit 
2.000
Print  full warna 
3.000
Scan 
2.000


Promosi dan pemasaran
Faktor utama dalam berpromosi adalah mengenalkan keberadaan usaha jasa pengetikan kita, untuk itu usahakan terlihat dari jalan raya. Buatlah banner atau spanduk yang mencirikan usaha kita, kita juga bisa menyebarkan brosur kepada para calon pelanggan seperti di sekitar kampus, sekolahan dan perkantoran maupun instansi pemerintahan. Buat juga diskon seperti bila mengetik dengan jumlah tertentu akan dapat potongan harga 10% dari total transaksi dll.

Hambatan usaha jasa pengetikan

  1. Hambatan pada usaha jasa pengetikan biasanya berasal dari kita sendiri, diantaranya
  2. Lalai atau lambat dalam menyelesaikan suatu pesanan hingga pelanggan tidak mau memakai jasa kita kembali.
  3. Terlalu banyak kesalahan ketik yang kita lakukan.
  4. Ceroboh atau lupa dalam menyimpan file hingga saat file tersebut dicari file tersebut hilang atau entah berada di mana.
  5. Tidak bisa mengatur keuangan hingga saat ada yang mesti diganti atau dibeli tidak cukup uang, usahakan memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha

 

Analisa usaha

Modal Awal

Perlengkapan kita ambil yang terbesar       
Rp 9.050.000
Promosi (Spaduk,Brosur)  
Rp    200.000
Total Modal Awal  
Rp 9.250.000

Perlengkapan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan mempunyai nilai residu sebesar Rp 1.000 dengan memakai metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun =    (Rp 9.050.000 - Rp 1.000) / 4 = Rp 2.262.250 per tahun atau lama dengan Rp 188.520/bulan.

Biaya operasional bulanan

Biaya operasional bulanan Rp Rp
Sewa tempat 
500.000
Buku catatan transaksi   
20.000
Kertas HVS,A4,Kuarto dll 
250.000
Alat tulis 
20.000
Perlengkapan lain
20.000
Listrik + Telepon 
300.000
Penyusutan peralatan 
188.520
Gaji karyawan   
1.000.000
Total Biaya operasional bulanan
2.298.520
Pendapatan
1000 lembar X Rp 3.000   
3.000.000
Jasa lain ( print, scan, dll )
1.000.000
Total pendapatan bulanan
4.000.000
Keuntungan/laba bersih
1.701.480


Balik Modal / BEP
Modal awal / laba = Rp 9.250.000/Rp 1.701.480 = 5,4 Bulan

Peluang usaha jasa pengetikan ini masih sangat menjanjikan bagi para calon UKM terutama di daerah yang memiliki banyak mahasiswa dan pelajar. Saat ini banyak yang berpikir dari pada mengetik sendiri di rental komputer/warnet lebih baik menyewa usaha jasa pengetikan karena di nilai lebih cepat dan harganya juga tidak terlalu jauh berbeda terutama jika kemampuan mengetiknya masih lambat. Ayo manfaatkan peluang usaha jasa pengetikan ini.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!