Usaha Jasa Penerjemah Tersumpah

peluang usaha

User Rating: / 4
PoorBest 
Usaha Jasa Penerjemah Tersumpah - 4.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Jasa Penerjemah Tersumpah

Usaha Jasa penerjemah Tersumpah
Jika anda terbiasa dengan copywriter, mengetik dan bisa beberapa bahasa dengan baik. Maka anda cocok membuka usaha jasa penerjemah tersumpah. Mengapa harus tersumpah, tersumpah disini berarti anda sudah memiliki legalitas dari Gubernur. Usaha jasa terjemahan tersumpah mempunyai hak untuk memberikan legalitas sesuai dokumen aslinya terhadap hasil terjemahan mereka, dan ini terkadang penting bagi orang atau instansi yang meminta jasa terjemah tersumpah.


Ada kalanya seseorang bisa menterjemahkan sendiri dokumen yang mereka miliki, namun karena faktor legalitas juga di butuhkan maka orang tersebut tetap menterjemahkan dokumennya ke tempat usaha jasa terjemahan tersumpah. Untuk itu peluang usaha di bidang usaha jasa translate legal masih terbuka dengan lebar dan menguntungkan.

Untuk membuka usaha jasa terjemah tersumpah memang tidak bisa asal saja, namun mesti lolos ujian sertifikat Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa Internasional (LBI). Setelah lolos verifikasi dan mendapat sertifikasi, kita akan mendapatkan sertifikat resmi. Kita juga dapat membuat suatu stempel resmi dan keterangan di terjemah di terjemahan resmi tersumpah terhadap semua hasil terjemahan kita dalam kurun waktu tertentu.

 

Persiapan memulai usaha jasa penerjemah tersumpah

Mempersiapkan penterjemah utama kita mesti mempersiapkan minimal seorang penterjemah utama yang memiliki kemampuan yang baik, peterjemah utama inilah yang nantinya diajukan mendapat sertifikasi penerjemah dari Gubernur. Selain penterjemah utama, kita juga bisa mengangkat beberapa penterjemah tambahan, penterjemah tambahan ini bisa para mahasiswa jurusan bahasa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dan memperlancar bahasa mereka.

Sertifikasi Penerjemah Tersumpah

Sertifikasi di Indonesia yang dapat dianggap cukup mewakili keterampilan profesi penerjemah, antara lain sertifikat Tes Sertifikasi Nasional (TSN) yang diterbitkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) dan sertifikat Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa Internasional (LBI). UKP (Ujian Kemampuan Penerjemah) ini biasanya dilakukan setahun sekali oleh LBI FIB UI atas perintah Gubernur DKI. Beberapa sertifikasi internasional yang bisa diandalkan, dikeluarkan oleh beberapa lembaga penyelenggara ujian sertifikasi penerjemah seperti NAATI dan AUSIT di Australia dan ATA di Amerika.

Tempat usaha
Sebagaimana kebanyakan dalam memulai peluang usaha, kita mesti memiliki tempat usaha yang cocok dan mempunyai prospek yang bagus untuk usaha jasa penerjemah tersumpah kita. Tempat usaha yang cocok adalah sekitar kampus, sekolah dan perkantoran.Usahakan tempat usaha yang mudah di akses atau di pinggiran jalan ramai. Kios seukuran 3 x 3 meter persegi sudah cukup untuk memulai usaha penerjemah tersumpah.

Peralatan usaha jasa penerjemah resmi
Peralatan yang harus kita miliki adalah komputer, printer, beberapa jenis kertas, scanner, meja komputer dan kursinya yang nyaman karena kita akan duduk lama, alat tulis, buku catatan transaksi dan lainnya. Komputer yang di pakai juga tidak perlu yang mempunyai spesipikasi khusus, cukup komputer pentium II/III dengan harga di bawah 3 jutaan. Jika kita membeli komputer pentium III bekas bisa dapat sekitar Rp 1,5 juta, untuk printer bisa memilih tipe inkjet yang harganya sudah ada yang dibawah Rp 0,5 juta.

Promosi dan Pemasaran
Sebetulnya pengguna usaha jasa tranlation legal bukan hanya orang yang tidak mengerti bahasa, namun bagi orang yang mengerti bahasa tersebut juga masih datang keterjemah resmi. Ini dikarenakan faktor legalitas yang di keluarkan oleh penerjemah tersumpah yang sudah memiliki sertifikasi, hingga hasil terjemahan mereka di terima oleh badan/instansi yang memerlukannya. Promosi terefektif saat ini adalah melalui iklan, baik iklan koran,majalah dan media offline lainnya. Juga media iklan online dan social media. Kita juga bisa membuat Website usaha jasa legal traslation kita guna mendukung promosi dan pemasaran.

Harga
Harga penerjemah tersumpah memang relatif mahal. Bila di penerjemah biasa satu lembar dokumen berkisar Rp 15.000, harga di penerjemah tersumpah bisa mencapai Rp 150.000. Hal ini karena Penerjemahan yang bertanggungjawab membutuhkan proses. Tugas penerjemah pada intinya menyampaikan pesan – bukan kata-kata dalam teks asli atau teks sumber – ke bahasa sasaran atau bahasa tujuan. Untuk itu dia harus memahami benar isi, pesan, bahkan nuansa dan suasana dalam teks sumber. Tak kalah pentingnya, tujuan dari penerjemahan teks tersebut. Sesudah itu barulah dia melakukan penerjemahan. Kadang dibutuhkan waktu untuk mengadakan riset baik dengan menggunakan kamus dalam bentuk cetak, maupun dengan memanfaatkan ‘mesin pencari’ elektronik untuk memahami istilah dalam bahasa sumber dan padanannya dalam bahasa sasaran.

Berikut ini beberapa dokumen yang sering memerlukan penerjemah tersumpah.
Akte Lahir    
Akte Perkawinan
Akte Kematian
Kartu Keluarga
Ijazah dan/atau Transkrip Nilai
Surat Keterangan Kepolisian
Akte Jual Beli
Akte Pendirian Perusahaan
Nota Kesepakatan (MOU), Kontrak Kerjasama
Perjanjian Sewa Rumah
Peraturan, Keputusan Menteri, Undang-Undang
Dokumen Pengadilan
Peraturan Perusahaan
Laporan Tahunan    
Artikel Media Massa
Pidato Resmi
Dokumen Kenegaraan
Surat Menyurat
Petunjuk Pemakaian (manual)
Materi promosi (iklan, brosur, katalog, profil)

Untuk dokumen lain seperti terjemahan novel, surat pribadi tidak memerlukan penerjemah tersumpah untuk menerjemahkannya. Bila anda kesulitan mengikuti sertifikasi penerjemah tersumpah, untuk sementara anda bisa membuka penerjemah biasa. Peluang usaha penerjemah baik tersumpah maupun tidak masih menguntungkan untuk di lakukan kalangan UKM.

Pranala luar
Himpunan Penerjemah Indonesia Tlp: +62-21-7161 7397
http://www.hpi.or.id
LBI FIB UI tempat ujian UKP Tlp: 021-31902112
http://www.lbifib.ui.ac.id/index.php?option=com_content&view=frontpage&Itemid=1


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!