Usaha Jasa Dekorasi Dinding dengan Wallpaper

peluang usaha

User Rating: / 7
PoorBest 
Usaha Jasa Dekorasi Dinding dengan Wallpaper - 4.4 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Usaha Jasa Dekorasi Dinding dengan Wallpaper

Usaha Jasa Dekorasi Dinding dengan Wallpaper
Usaha Jasa Dekorasi Dinding dengan Wallpaper bukan pekerjaan yang asal asalan, diperlukan kemampuan untuk memadu-padankan warna dan cara memasang wallpaper yang benar. Kegiatan mendekorasi dinding ruangan atau dinding kamar menggunakan wallpaper bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan dengan asal-asalan, bukan juga pekerjaan yang boleh dilakukan dengan lack of confidence.


Untuk melakukan Usaha Jasa Dekorasi Dinding dengan wallpaper dibutuhkan keberanian untuk memilih pola wallpaper, menggantung atau cara memasang wallpaper dengan rapi, sehingga wallpaper dapat terpasang dengan baik dan dinikmati oleh penghuni ruangan dalam jangka waktu yang lama. Ketika telah terpasang wallpaper tidak dapat diganti dengan mudah, bukan hanya karena biaya pembelian wallpaper yang mahal hingga membuat kita berfikir untuk menggantinya namun karena biaya untuk menghapus atau mengupasnya juga cukup mahal.

Interior rumah biasanya di cat dengan warna cat yang simple dan lembut, warna yang lembut memberikan aksen interior ruangan yang tenang. tapi pada wallpaper merupakan kebalikannya, wallpaper adalah petualangan, mungkin selama ini kita merasa terlalu terpaku pada pola tertentu dan saat ini kita mencoba untuk menguasai perasaan kita sebelum perasaan ’terpaku’ itu menguasai dan membelenggu kreativitas kita. Seni dekorasi ‘melapis dinding dengan kertas’ melibatkan pengambilan keputusan berdasarkan pola, skema warna, kordinasi, tema, gaya, dan aliran design.

 

Dekorasi Dinding dengan Wallpaper

Jika kita ingin bereksperimen pada dekorasi wallpaper, mulailah dari pekerjaan atau project yang kecil (volume dan nilai project-nya). Tanyakan pada bagian sales assistant dari sebuah toko perlengkapan dekorasi rumah untuk memastikan bahwa kita telah membeli dan memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk memasang wallpaper di dinding ruangan kita. Jika di dinding ruangan kita masih terdapat wallpaper yang masih melekat, kita harus mengupasnya terlebih dahulu dengan menggunakan cairan atau bahan kimia tertentu.

Pekerjaan mengupas wallpaper lama dengan cairan atau bahan kimia bukanlah pekerjaan rumah yang mudah sehingga kita harus berhati-hati. Perhatikan juga ketika kita melumuri dinding dengan bahan perekat wallpaper, pastikan lapisan wallpaper telah berada pada posisi yang rapi dan lurus. Ketika wallpaper telah direkatkan pada bagian dinding, segera bersihkan sisa pekerjaan kita untuk mencegah wallpaper kita kotor atau ternoda. Untuk inilah Usaha Jasa Dekorasi Dinding dengan Wallpaper dibutuhkan, bukan hanya untuk memasang wallpaper namun juga untuk mengupas wallpaper sebelumnya.

Untuk masalah pola atau desain wallpaper, pilihlah wallpaper dengan desain yang simple. Terlebih jika yang ingin kita dekorasi dengan wallpaper adalah ruangan atau area yang bukan area public, area private yang hanya kita dan keluarga saja yang melihatnya misalkan kamar mandi. Kita bisa melakukan apa saja yang kita suka dengan area tersebut, memilih pola wallpaper yang paling kita sukai dan memilih warna wallpaper untuk menghasilkan dekorasi ruangan yang unik serta yang sesuai dengan ide dan keinginan kita. Sehingga ruangan tersebut nantinya akan menjadi unique creation of your own making.

Untuk mulai terbiasa dengan seni wallpaper, bisa kita lakukan dengan melapisi wallpaper pada sebagian dinding diruangan kita. Misalnya, kita bisa memutuskan untuk membagi 2 bagian dinding diruang makan kita, bagian atas dinding bisa kita cat dengan warna tertentu yang kita sukai dan dinding bagian bawah kita dekorasi dengan menggunakan wallpaper. Berbagai macam kreasi atau kombinasi pola (pattern) wallpaper dapat kita coba sehingga kita mahir dalam seni wallpapering. Jika pada saatnya kita telah menjadi lebih mahir, dan jika kita telah menemukan art decorating style sendiri, berarti kita telah siap untuk melakukan pekerjaan wallpapering dalam skala (volume/luasan, atau nilai) yang lebih besar. Jika selama ini kita berlatih art of wallpapering di kamar mandi atau dapur, maka sudah saatnya kita mencoba untuk mengekploitasi kemampuan kita diruang keluarga (living room) atau kamar tidur utama (master bedroom).

Cara Menghitung Kebutuhan Wallpaper

Kita ambil contoh ruangan seluas 4m x 4m dengan tinggi dinding (dari lantai ke plafond) setinggi 3,5m. Dan wallpaper yang digunakan berukuran 10 m x 0,50 m.

Luas bidang dinding = ((panjang dinding + lebar dinding)x 2) x tinggi ruang
= ((4m + 4m)x 2) x 3,5m
= (8m x 2) x 3,5 m
= 16 m x 3,5 m = 56 m2.

Luas bidang wallpaper 1 roll
= panjang wallpaper x lebar wallpaper
= 10m x 0,50 m
= 5 m2.

Bahan yang dibutuhkan
= Luas bidang dinding / luas bidang 1 roll
= 56 m2 / 5 m2
= 11, 20 dibulatkan menjadi 12 roll

Maka jumlah wallpaper yang dibutuhkan sebanyak 12 roll. Namun untuk menghindari kekurangan bahan pada saat pemasangan akibat pemotongan, sebaiknya kita siapkan 10 persen dari volume yang ada.
= 12 + (12 x 10%) = 12 + 1,2 = 13,2 dibulatkan menjadi 14 roll.

Dengan mempersiapkan 14 roll, maka kita tidak perlu kuatir lagi akan kekurangan bahan, atau jika terjadi kesalahan pemasangan.


Akhirnya, jika kita telah siap untuk menutup atau melapisi seluruh dinding ruangan dengan wallpaper bermotif flora atau motif geometris, tetap harus kita ingat bahwa wallpaper itu akan menempel dinding ruangan kita dalam waktu yang cukup lama. Jangan sampai ada bagian yang terlalu terang atau terlalu rumit, karena kita akan menyesalinya dikemudian hari. Usahakan untuk menghasilkan tampilan yang ceria namun tetap sederhana tanpa ada yang terlalu menonjol (pola dan warnanya). Pilih dan gunakan warna-warna yang menyatu dengan warna lain yang ada didalam ruangan, atau warna yang menyatu dengan warna perabotan yang ada didalam ruangan. Wallpaper harusnya bisa tampil menyatu bersama ceiling dan dinding, bukannya menjadi border pemisah diantara keduanya. Wallpaper, layaknya kosmetik untuk wajah seharusnya ‘berbisik dengan lembut’ dan bukannya ‘menjerit histeris’.

Referensi :

http://wikipedia.org
http://architectaria.com/

http://www.rumahuni.com (Gambar)


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!