Usaha Ikan bandeng presto

peluang usaha

User Rating: / 6
PoorBest 
Usaha Ikan bandeng presto - 4.3 out of 5 based on 6 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Ikan bandeng presto

Peluang usaha bandeng presto

Indonesia memiliki kekayaan sumber hayati yang sangat besar, salah satunya adalah sumber penghasil protein hewani khususnya ikan. Indonesia juga kaya akan keaneka-ragaman perikanan baik itu ikan laut maupun ikan tawar. Ikan memang mengandung komposisi gizi yang  sangat ideal. Untuk itulah pengolahan ikan seperti usaha ikan bandeng presto sangat layak di lakukan untuk mengangkat dan memberikan nilai tambah dari perikanan.


Saat ini banyak orang telah menyadari bahwa memakan ikan baik itu ikan laut sangat bagus nilai nutrisinya, namun kebanyakan hanya orang di pesisir yang gemar memakan ikan laut. Ikan merupakan sumber bahan pangan yang amat rentan mengalami kerusakan. Berbagai jenis bakteri bisa menguraikan komponen gizi ikan menjadi senyawa senyawa berbau busuk serta anyir. Begitu juga dengan ikan bandeng.

Peluang usaha pengolahan ikan bandeng atau usaha ikan bandeng presto bertujuan untuk meningkatkan daya jual dan keuntungan dari ikan bandeng. Hal ini di karenakan ikan bandeng sebagai mana ikan lain tidak tahan lama, hingga perlu di olah lebih lanjut untuk mempertahankan kualitas dan meningkatkan nilai jualnya. Usaha ikan bandeng presto juga di latr belakangi banyaknya penggemar ikan bandeng yang kesulitan akan duri dalam ikan bandeng, untuk itu di lakukan presto agar duri dan tulang ikan bandeng menjadi lebih lunak dan bisa di makan.

 

Bahan Baku Usaha Bandeng presto

Bahan Baku usaha ikan bandeng presto adalah ikan bandeng, kita mesti memastikan dahulu ketersediaan ikan bandeng di daerah kita. Usahakan kita mempunyai beberapa mitra atau penyuplai ikan bandeng secara tetap, hal ini untuk mengatisifasi terjadinya kelangkaan ikan bandeng yang bisa membuat usaha ikan bandeng presto kita tersendat.

Cara memilih ikan bandeng

Ada baiknya kita mengetahui cara memilih ikan bandeng yang baik untuk di presto, ikan bandeng yang baik untuk dipresto memiliki ciri ciri sebagai berikut.

  • Ikan bandeng masih terlihat segar dan memiliki bau anyir khas ikan, tidak busuk.
  • Ikan bandeng masih mempunyai sisik yang utuh, tidak terkelupas, menempel kuat dan tertutup lendir bening.
  • Pada bagian insang masih berwarna merah segar, cemerlang dan tidak berbau.
  • ikan bandeng masih memiliki kulit yang cemerlang, kontras dan tidak pudar.
  • Ikan bandeng masih mempunyai daging yang elstis, yang bila di tekan akan kembali ke bentuk semula.
  • Ikan bandeng tidak memiliki bau lumpur atau tanah, ikan bandeng jenis ini yang bagus kita gunakan untuk membuat bandeng presto. Ciri ciri khususnya adalah, punggung ikan bandeng bewarna hitam dan bibir ikan bandeng bewarna kemerahan.
  • Dan tentunya tidak terkontaminasi zat kimia berbahaya.


Peralatan Usaha ikan bandeng presto
Untuk peralatan usaha yang di butuhkan bergantung besar kecilnya usaha bandeng presto kita. Jika kita membuat usaha bandeng presto ini dalam skala kecil, cukup memakai panci presto saja. Namun bila kita ingin memulai skala UKM  menengah kita bisa membeli mesin presto yang banyak di jual di toko mesin industri (lihat disini). Berikut ini perkiraan peralatan yang di butuhkan untuk usaha ikan bandeng presto.

Peralatan                        
Harga skala kecil Harga skala UKM
2 tabung gas 3 kg
400.000
2 tabung gas 12 kg 
900.000
kompor/bunner
150.000 200.000
Panci presto  
200.000
Mesin Presto 
2.000.000
Mesin Vacum Plastik 5.000.000
Mesin Sealer Plastik
1.000.000
Lemari pendingin/Chiller 2.000.000 2.000.000


Cara membuat bandeng presto
Sebaiknya kita memang mengetahui cara membuat ikan bandeng presto atau memiliki resep ikan bandeng presto yang enak. Kita bisa bertanya pada para ahli masak atau bisa juga lihat resep cara membuat bandeng presto. Berikut ini Resep Bandeng Presto menggunakan Mesin Presto untuk Industri.

Bumbu yang diperlukan untuk Resep Bandeng Presto:

  • Bawang Putih 20 siung
  • Bawang merah 10 siung
  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Kemiri 20 butir
  • Garam 5 sendok makan
  • Bumbu penyedap masakan secukupnya
  • Kunyit secukupnya
  • Pewarna Makanan Kuning (bila diperlukan) secukupnya

Cara membuat bandeng presto :

  • Siapkan ikan bandeng segar yang sudah dibersihkan bagian dalam perutnya, namun kita tidak perlu membersihkan sisiknya. Kita tidak bisa memproduksi ikan bandeng presto yang tanpa sisik menggunakan Mesin Presto Industri kapasitas besar dan tekanan yang juga besar, sebab jika sisiknya dihilangkan maka jika dipresto bandeng tersebut akan hancur.
  • Letakkan Ikan Bandeng di cutingboard. Pegang ikan bandeng dengan arah Kepala disebelah kiri dan punggung dibawah. Potong Melintang kurang lebih 3 cm dari ekor, potong hingga terasa kena tulangnya, kemudian tarik pisau dan dikerat membelah punggung hingga kepala bandeng.
  • Haluskan semua bumbu.
  • Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam bandeng yang sudah dibelah. Lumuri semua permukaan bandeng hingga  tertutup bumbu.
  • Letakkan Bandeng yang telah diberi bumbu ke loyang bulat yang berlubang lubang, susun bandeng dengan cara berselang  seling (kepala ekor, ekor kepala)
  • Siapkan Mesin Presto Industri, isi dengan air sampai kira kira 2cm di bawah loyang yang paling dasar, beri bumbu penyedap (Jahe, Laos, sereh dan daun Jeruk purut).
  • Susun Loyang yang sudah berisi bandeng, dengan pembatas bambu, sampai presto ¾ penuh.
  • Presto Bandeng sampai durinya lunak ( 2-3 jam).


Supaya ikan bandeng lebih awet dan tahan lama, sebaiknya ikan bandeng presto yang telah matang tersebut sesegera mungkin kita dinginkan dengan menyimpannya ke dalam wadah dan diberi es. Untuk menjaga supaya ikan bandeng presto tersebut tidak kontak langsung dengan es,  ikan bandeng presto tersebut kita masukkan ke dalam kantong plastik yang ditutup dengan sealer atau kita vacum. Setelah dingin baru masukan ke lemari pendingin agar tahan lama.

Analisa Usaha (Skala Rumahan)


Penjualan bandeng presto : 10 kg/hari @ Rp. 26.000 = Rp. 260.000 x 30 hari = Rp. 7.800.000/bulan

Biaya
Ikan Bandeng segar : 10 kg @ Rp. 13.000 = Rp. 130.000 x 30 hari = Rp. 3.900.000
Gas : 1 kg x Rp. 5.000 x 30 hari = Rp. 150.000
Bumbu : 1 paket @ Rp. 10.000,00 x 30 hari = Rp. 900.000
Listrik dan Air : Rp. 300.000
Transportasi : Rp. 500.000
Total Pengeluaran : Rp. 5.750.000

Margin
Rp. 7.800.000 – Rp. 5.750.000 = Rp. 2.050.000

BEP
Modal usaha Rp 3.750.000 - Rp 2.050.000 = 4,5 bulan

Resiko Usaha
Ikan bandeng yang berbau tanah bisa menyebabkan rasa bandeng presto kurang enak. Bila pelanggan memperoleh bandeng presto yang seperti ini tentu mereka akan kapok membeli lagi. Pemilihan bandeng secara tepat bisa menjadi cara untuk menghindari resiko ini. Aroma tanah pada ikan bandeng sering hanya bisa dideteksi ketika dikonsumsi, oleh sebab  itu pastikan pasokan ikan bandeng diperoleh dari sumber yang mempunyai kwalitas ikan bandeng baik.

Promosi dan Pemasaran ikan bandeng presto
Ikan bandeng presto dapat di jual pada tetangga sekitar dan teman teman kita. Untuk sekala besar dapat menitipkannya di minimarket, di pasar tradisional atau toko toko. Untuk mningkatkan sales penjualan dan mengenalkan ikan bandeng presto kita bisa juga dengan memanfaatkan media online seperti Facebook, twitter, ikan gratis hingga membuat website khusus perusahaan. Semoga artikel Usaha Ikan bandeng presto ini bisa menginspirasi kita semua untuk memulai usaha UKM.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!