Peluang Usaha Ternak Ayam Ketawa dan Ayam Serama

peluang usaha

User Rating: / 17
PoorBest 
Peluang Usaha Ternak Ayam Ketawa dan Ayam Serama - 4.5 out of 5 based on 17 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Ternak Ayam Ketawa dan Ayam Serama

Peluang Usaha Ternak Ayam Ketawa dan Ayam Serama
Banyak orang yang mengalami kehidupan dengan tekanan tinggi ditengah kesibukan rutinitas harian mereka, untuk itu mereka membutuhkan pelampiasan yang positif guna meredam tekanan kehidupan ini. Salah satu jalan adalah dengan memelihara ayam hias seperti ayam serama dan ayam ketawa, keadaan inilah yang menyebabkan peluang usaha ternak ayam ketawa dan ayam serama memiliki prospek yang sangat baik.


Chik fancy atau ayam hias seperti ayam ketawa dan ayam serama saat ini banyak di buru banyak kalangan, bukan hanya para penghobies ayam hias namun juga mereka yang ingin meredam tekanan kehidupan dan mengistiratkan pikiran mereka setelah lelah dalam rutinitas harian. Suara ayam hias yang khas serta penampilannya yang menawan membuat kalangan pehobies tidak peduli dengan harga yang harus dikeluarkan, ayam hias memang bukan untuk di ambil dagingnya melainkan untuk dinikmati keunikan suara dan penampilannya. Dari keunikan suara dan penampilannya ini membuat ayam hias sayang untuk dimakan, sebab inilah nilai jual ayam serama maupun ayam ketawa cukup tinggi.

Kontes-kontes ayam hias yang sangat sering diadakan merupakan sarana paling efektif untuk menaikan harga jual ayam hias yang kita miliki, bila ada ayam serama atau ayam ketawa yag memenangi kontes ayam hias ini maka harganya akan melambung tinggi meninggalkan harga standarnya. Untuk itulah para peternak harus bisa mengikuti kontes-kontes tersebut sebagai ajang memperkenalkan ayam serama dan ayam ketawa yang kita miliki, dan jika menang akan menangguk keuntungan yang sangat besar. Biasanya ayam hias yang diikutkan dalam kontes adalah ayam hias jantan, sedangkan ayam hias betina lebih difokuskan untuk pembiakan dan pemuliaan.

 

Harga Jual ayam serama ataupun ayam ketawa

Harga jual anakan ayam serama ataupun ayam ketawa berkisar Rp 250.000 untuk yang berumur sekitar 3 bulan, untuk ayam serama dan ayam ketawa yang sudah "jadi" bisa berkisar sekitar Rp 5 juta. Namun suatu ayam hias akan melambung tinggi jika ayam tersebut memenangkan kontes. Ayam ketawa juara kontes biasanya bisa ditaksir dengan harga Rp. 50 juta/ekor. Keuntungan yang diperoleh dari ayam hias pemenang kontes mencapai 10 kali lipat dengan harga normalnya. Sebab inilah pembelinya sebagian besar berasal dari kalangan yang berduit.

Promosi dan Pemesaran Ayam Ketawa dan Ayam Serama

Ayam Ketawa dan Ayam Serama bisa dipasarkan di kontes-kontes yang sering diadakan, bilakita sering mengikutinya maka para pecinta Ayam Ketawa dan Ayam Serama akan mengenal kita dan mencari kita bila memerlukan Ayam Ketawa dan Ayam Serama untuk koleksi mereka. Selain itu kita juga mesti aktif di persatuan dan klub pecinta ayam hias yang mulai banyak dibentuk seperti PAKSI (Persatuan Ayam Ketawa Seluruh Indonesia) dan PASIR (Persatuan Ayam Serama Indonesia Raya). Dengan mengikuti kontes, klub maupun persatuan ayam hias akan memudahkan kita bila sedang menghadapi masalah atau harga jual pasaran yang berlaku. Promosi lewat media internet juga bisa dilakukan dengan mengikuti forum-forum ayam hias, website, blog, iklan gratis maupun social media.

Merawat Ayam Ketawa dan Ayam Serama
Pada dasarnya cara memelihara ayam ketawa maupun ayam serama, sama saja dengan merawat ayam biasa, mulai dari perbandingan jumlah jantan dan betina yang dibutuhkan pada saat kawin, jarak kawin, penetasan telur sampai pemberian obat dan vitamin. Untuk tetap mempertahankan kualitas ayam hias, biasanya dijaga dengan cara mengawinkan turunan-turunan dengan tetuanya. Stres pada anakan ayam hias juga bisa terjadi jika wilayah kandang dikagetkan dengan suara asing bukan dari pekerja atau pemiliknya. Tapi jika suara teriakan keras dari pemilik atau pekerja di sana tidak membuat ayam stres. Berbeda jika teriakan itu berasal dari orang asing yang belum familiar.

Ayam ketawa adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari Sidrap, Sulawesi Selatan. Sebenarnya jenis ayam hias ini sudah ada sejak zaman kerajaan di Sulsel, bahkan dijadikan aset di sana. Tapi baru sekitar tahun 2000 ayam ini dikomersilkan dengan diadakannya kontes. Ayam bertubuh besar layaknya ayam kampung biasa ini mempunyai keunikan pada suaranya yang bernada seperti manusia ketawa.

Sedangkan ayam serama adalah hasil silangan antara ayam sutra dengan ayam kate jepang. Postur tubuh ayam serama membentuk huruf S, kepala mendongak agak tertarik ke belakang ke arah ekor, dengan sayap menjuntai lurus ke bawah, membuat ayam ini terlihat gagah. Tidak heran jika nama Serama ini terinspirasi dari Sri Rama yang gagah berani.

Maraknya isu flu burung sebenarnya tidak begitu berpengaruh pada usaha ternak ayam hias, hal ini karena ayam hias bisa dibilang lebih terawat dibandingkan dengan ayam  konsumsi. Para peternak dan pehobies ayam hias sangat menjaga ayam hias yang mereka miliki, termasuk masalah kesehatan. Oleh kerena itu umumnya para peternak Ayam Ketawa dan Ayam Serama tidak begitu terpengaruh dengan isu flu burung ini. Sampai saat ini peluang usaha ternak ayam ketawa dan ayam serama masih sangat menguntungkan dan layak untuk dijalankan sebagai usaha kecil menengah.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!