Peluang Usaha Tanpa Modal Dropshiping

peluang usaha

User Rating: / 10
PoorBest 
Peluang Usaha Tanpa Modal Dropshiping - 5.0 out of 5 based on 10 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Tanpa Modal Dropshiping

Peluang Usaha Tanpa Modal Dropshiping


Peluang usaha tanpa modal dropshiping ini termasuk dalam salah satu bisnis yang bisa dilakukan secara online, maupun offline. Pada dasarnya, dropshiping adalah menjual produk milik orang lain tanpa harus kita memiliki atau membeli terlebih dahulu produk tersebut. Namun produk tersebut langsung kita tawarkan kepada pembeli, dan dikirim langsung oleh pemilik produk kepada pembeli setelah transaksi terjadi.


Keuntungan bagi dropshiper

Jadi dalam usaha dropshiping, yang di cari pertama kali adalah pemilik barang yang mau barangnya dibantu dijualkan oleh para dropshiper (sebutan bagi usahawan Dropshiping). Dari sini umumnya dropshiper akan mendapatkan komisi sekian persen dari pemilik barang jika harga jual barang diminta tetap sama, tidak bisa dinaikkan ataupun diturunkan untuk membuat keseragaman harga. Jadi jika ada pembeli membeli barang tersebut, baik itu melalui dropshiper maupun pemilik barang, maka harga yang harus dibayarkan tetap sama.

Selain komisi, ada juga pemilik barang yang menetapkan harga modal dari pemilik barang. Sedangkan harga jual bisa ditentukan sendiri oleh dropshiper kepada para pembelinya. Keuntungan dari dropshiping seperti ini adalah dropshiper bisa menentukan keuntungan sesukanya, namun kekurangannya akan banyak ragam harga antara dropshiper yang satu dengan yang lain.

Barang yang bisa di dropshiping

Barang atau produk yang bisa di buat dropshiping adalah barang fisik atau bukan barang digital yang bisa dikirim, tahan cukup lama setidaknya dalam pengiriman dan tidak mudah rusak. Contoh barang yang paling banyak di buat dropshiping adalah dropshiping tas, dropshiping baju jersey dll. Saat ini dropshiping makanan juga sudah banyak dilakukan, seperti dropshiping gudeg jogja, dropshiping bakpia hingga dropshiping masakan rendang padang.

Bisnis online dropshiping

Dropshiping termasuk dalam bisnis online, sebab umumnya dropshiper memanfaatkan media online seperti social media, blog, toko online sebagai sarana menawarkan barang. Melalui online dropshiping bisa lebih mudah, sebab kita bisa mengecek stock harga dan barang secara langsung kepemilik barang, melakukan transaksi via IB banking, hingga tracking pengiriman barang oleh jasa pengiriman atau kurir.

Usaha dropshiping secara langsung

Dropshiping bisa juga dilakukan secara langsung atau offline, tanpa melalui internet sama sekali. Dalam hal ini kkita bisa memanfaatkan HP, sms, BBM dan lain-lain. Bahkan tanpa itu semua juga masih bisa, yakni dengan penawaran dor to dor sebagai mana sales suatu produk bekerja pada umumnya. Dropshiping bisa juga dilakukan sebagai usaha sampingan, yakni dengan menawarkan suatu produk ke anggota keluarga kita, tetangga kita hingga rekan kerja, bila terjadi transaksi produk bisa langsung dikirim oleh pemilik ke alamat pembeli. Tentu setelah pembeli melakukan pembayaran kepada kita, dan kita meneruskan pembayaran kepada pemilik barang.

Cara kerja dropshiping

Jika Anda seorang penjual dan ingin menjadi seorang dropshiper, berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan dropshiper.

 

  1. Cari supplier atau pemilik barang yang bersedia di dropshipingkan.
  2. Jual barang tersebut kepada konsumen
  3. Terima pembayaran dari konsumen
  4. Bayar barang yang dibeli konsumen ke supplier
  5. Supplier atau pemilik barang mengirim produknya ke alamat konsumen

 

Peluang Usaha Tanpa Modal Dropshiping

Usaha dropshiping bisa dibilang sebagai usaha tanpa modal, terutama jika dilakukan secara langsung. Dan bila dilakukan secara online sebagai bisnis online, modal usaha dropshiping juga tidak besar atau bisa dibilang usaha modal kecil sebab peralatan yang kita pakai adalah peralatan sehari-hari kita berselancar di internet. Tidak perlu peralatan khusus, cukup sebuah komputer atau laptop atau handphone yang bisa terhubung keinternet, usaha tanpa modal dropshiping sudah bisa kita lakukan.

Peluang Usaha Tanpa Resiko Dropshiping

Usaha tanpa modal dropshiping juga meruakan usaha tanpa resiko, sebab tidak ada kerugian yang mungkin kita derita jika dropshiping kita tidak berjalan dengan baik. Tidak ada barang yang mesti kita stock, atau dana yang harus kita keluarkan di awal. Yang terpenting adalah pastikan pemilik barang atau pihak supplier kredible dalam usahanya. Untuk itu bisa mencoba dengan membeli terlebih dahulu untuk kita, jika memang pengirimannya dan barangnya tidak mengecewakan, maka supplier tersebut bisa memenuhi persyaratan sebagai penyedia barang yang kredible. Barang yang kita beli sebagai uji coba bisa kita jual kembali kepada konsumen, hanya saja kita sendiri yang melakukan pengiriman.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!