Peluang Usaha Serbuk Kayu Gergajian untuk Budidaya Jamur Tiram

peluang usaha

User Rating: / 17
PoorBest 
Peluang Usaha Serbuk Kayu Gergajian untuk Budidaya Jamur Tiram - 4.9 out of 5 based on 17 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Serbuk Kayu Gergajian untuk Budidaya Jamur Tiram

Peluang Usaha Serbuk Kayu Gergajian untuk Budidaya Jamur Tiram
Serbuk kayu gergajian merupakan salah satu produk sampingan hasil hutan dan industri kayu. Serbuk kayu gergajian yang selama ini menjadi limbah bagi usaha penggergajian kayu kini bisa dijadikan menjadi berbagai peluang usaha dan industri kreatif.

 

 

Peluang Usaha Serbuk Kayu Gergajian untuk Budidaya Jamur Tiram

Dalam beberapa hasil penelitian menunjukkan, serbuk kayu gergajian bisa memiliki nilai lebih guna pengembangan komoditas pertanian sebab sangat cocok sebagai media budi daya jamur, terutama jenis jamur tiram (Pleurotus ostreatus). Jamur tiram sudah sangat populer di masyarakat sebagai bahan makanan yang lezat dan disukai serta bergizi sebab mengandung protein, lemak, besi, fosfor, thiamin, riboflavin, niacin, kalsium, kalium, fosfor, natlium dan besi yang relatif tinggi.

Peluang Usaha Serbuk Kayu Gergajian untuk Budidaya Jamur Tiram  
Permintaan pasar akan jenis jamur ini terus meningkat, seiring dengan naiknya harga jual dari jamur tiram tersebut yang bisa mencapai Rp 9.000 - Rp 10.000/kg. Namun teknik budidaya jamur tiram masih  belum banyak diketahui masyarakat. Untuk itu  sangat perlu memperkenalkan teknik budidaya sederhana yang memanfaatkan sumberdaya lokal yang belum terberdayakan dalam rangka mengoptimalkan sumberdaya, meningkatkan nilai tambah limbah serbuk kayu, sebagai diversifikasi usaha yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Dari kandungan serbuk kayu tersebut ada yang berguna dan membantu pertumbuhan jamur, namun terdapat juga yang menghambat pertumbuan jamur. Kandungan yang dibutuhkan bagi pertumbuhan jamur antara lain karbohidrat, lignin, dan serat, sedangkan faktor yang menghambat antara lain adanya getah dan zat ekstraktif (zat pengawet alami yang terdapat pada kayu). Oleh sebab itu serbuk kayu yang digunakan untuk budidaya jamur sebaiknya berasal dari jenis kayu yang tidak banyak mengandung zat pengawet alami, tidak busuk dan tidak ditumbuhi oleh jamur atau kapang lain. Serbuk kayu yang baik adalah serbuk yang berasal dari kayu keras dan tidak banyak mengandung minyak ataupun getah.

Peluang Usaha Serbuk Kayu Gergajian untuk Budidaya Jamur Tiram masih sangat menguntungkan, serbuk kayu gergaji juga lebih mudah ditemui dibandingkan media lain seperti sekam yang memerlukan waktu tertentu. Harga serbuk kayu di tempat gergajian berkisar antara Rp 5.000 - Rp 6.000 perkarung dan selalu tersedia sepanjang waktu. Bagi pemilik gergajian kayu, harga tersebut bisa dibilang cukup lumayan untuk sebuah barang buangan. Dan bagi pengusaha jamur tiram, serbuk kayu gergaji masih menjadi media terbaik saat ini.

Analisa usaha budidaya jamur tiram memakai serbuk kayu gergajian.

Biaya pembuatan kumbung 10.000 Baglog (termasuk serbuk kayu)  
Rp    2.000.000
Biaya pembelian bibit 1.500 X 10.000    
Rp 15.000.000
Biaya instalasi dan pemasangan pipa air
Rp      150.000
Biaya pegawai tetap @Rp 1.000.000 x 6 bulan Rp   6.000.000
Biaya Listrik  @Rp 100.000                        
Rp      600.000
Biaya Transportasi lainnya     
Rp   1.000.000
Biaya Produksi 
Rp 24.750.000



Kemampuan tumbuh jamur setiap baglog                         
0,4 X 1,80 kg  = 0.72 kg/baglog                         
0,72 X 10.000    = 7200 kg                         
Jika harga jual jamur tiram di pasar per kilogram   Rp.10.000,-                 
maka Rp.10.000,- x 7.200 kg  = Rp.72.000.000,- perolehan kotor penjualan jamur tiram segar

Penghasil Kotor – Biaya Produksi  = 72.000.000 – 24.750.000        
Keuntungan bersih (6 bln)              = 47.250.000

Bagi pengusaha budidaya jamur tiram, asalkan di lakukan dilakukan dengan benar bisa sangat menguntungkan. Untuk budidaya jamur tiram bisa dilihat di BUDIDAYA JAMUR TIRAM.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!