Peluang Usaha Nasi Uduk

peluang usaha

User Rating: / 8
PoorBest 
Peluang Usaha Nasi Uduk - 4.4 out of 5 based on 8 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Nasi Uduk

Peluang usaha nasi uduk

Nasi Uduk adalah makanan khas Indonesia, nasi uduk di kenal luas dalam budaya melayu. Nasi uduk atau nasi gurih yang di masak dengan santan ini di kenal juga dengan beragam nama, mulai nasi gurih di Aceh dan Medan, Nasi ulam hingga nasi lemak yang di kenal oleh masyarakat Malaysia. Nama nasi uduk di kenal di masyarakat Betawi dan Sunda. Nasi uduk di masak dengan santan dan di tambahkan daun salam dan sereh hingga menjadi wangi dan menggugah selera, penambahan bumbu bumbu biasanya di sesuaikan dengan

daerah masing masing. Ada yang tidak boleh tertinggal dalam membuat nasi uduk, yaitu sambal, bawang goreng dan kerupuk. Nasi uduk juga dapat di tambahkan aneka lauk, mulai dari semur tempe, tahu, telur hingga telur. Bisa juga di tambah aneka gorengan, tempe orek, bihun goreng, hingga daging ayam bahkan sate.

Peluang Usaha nasi uduk biasanya akan mudah kita temui di perumahan maupun kantin perkantoran. Biasanya nasi uduk di jual pagi hari sebagai menu sarapan dan malam hari untuk makan malam. Peluang usaha nasi uduk ini biasanya di jalankan dengan sangat sederhana, dilakukan oleh ibu-ibu sebagai tambahan pemasukan bagi keluarga. Biasanya usaha rumahan ini dilakukan di depan rumah dengan memasang meja dan etalase sederhana. Pada usaha nasi uduk biasanya di temani dengan usaha kecil gorengan sebagai teman makan nasi uduk. Walau begitu restoran khusus nasi uduk juga mulai banyak bermunculan.

 

Deskripsi Usaha Nasi Uduk

 

Bahan Baku Nasi Uduk

Bahan Baku Nasi Uduk tentu saja beras sebagai bahan nasi, santan, daun salam dan sereh. Sedangkan untuk pelengkapnya anda juga butuh tahu, tempe, kerupuk dan lainnya. Pilihlah bahan bahan yang berkualitas tinggi, sehingga menghasilkan nasi uduk yang berkualitas juga. Sebisa mungkin carilah dari produsen langsung, seperti tahu dan tempe misalnya. Hal ini guna mencegah terjadinya perbedaan rasa dan kualitas di samping harga yang juga bakal lebih murah.

 

Tempat Usaha Nasi Uduk

Hampir setiap lokasi bisa dijadikan tempat usaha nasi uduk. Mulai dari pinggiran jalan raya, perumahan, perkantoran bahkan pusat perbelanjaan atau Mal. Usaha nasi uduk yang dekat dengan perumahan dan di lakukan oleh ibu rumah tangga sebagai usaha rumahan biasanya buka sejak subuh hari untuk memenuhi orang yang ingin sarapan saat hendak berangkat kerja atau sekolah. Tapi bila anda membuka usaha nasi uduk di kaki lima, kios, Mal atau rumah makan. Maka anda dapat membukanya mulai dari pagi hari karena nasi uduk bisa di makan di setiap waktu. Bila membuka usaha ini dengan warung tenda biasanya baru sore hingga tengah malam usaha nasi uduk ini dibuka.

 

Perlengkapan Usaha Nasi Uduk

Perlengkapan usaha bagi usaha nasi uduk ini tidak jauh berbeda dengan usaha makanan lainnya. Anda memerlukan sebuah gerobak atau etalase sebagai sarana berjualan, selain itu peralatan memasak juga anda butuhkan. Anda juga harus menyediakan kursi dan peralatan makan seperti piring dan sendok garpu bagi orang yang makan di tempat. Berikut ini beberapa perlengkapan dan perkiraan harganya.

 

Perlengkapan Usaha Harga ( Rp )

Gerobak atau Etalase 1.500.000 - 3.000.000

Kompor dan Tabung Gas 300.000 - 450.000

Peralatan Masak 200.000 - 400.000

Peralatan Makan 100.000 - 200.000

Meja Kursi 500.000 - 700.000

 

Karyawan

Untuk usaha nasi uduk kaki lima, anda tidak perlu bantuan karyawan. Begitu juga dengan usaha nasi uduk didepan rumah. Namun bila anda membuka usaha dikios, rumah makan atau warung tenda anda dapat mengangkat seorang karyawan untuk membantu melayani tamu yang datang. Sebaiknya anda mengawasi atau langsung membuat nasi uduk, buatlah resep nasi uduk spesial yang tidak berubah ubah dan enak.

 

Promosi dan Pemasaran Nasi Uduk

Bagi usaha nasi uduk di rumah, harga yang murah sangat berpengaruh terhadap usaha rumahan ini. Terutama karena target pasar mereka adalah tetangga sendiri yang tidak sempat membuat sarapan. Rasa nasi uduk buatan anda adalah promosi yang terbaik bagi pemasaran usaha nasi uduk anda. Anda tidak memerlukan promosi khusus karena usaha ini sudah sangat di kenal oleh masyarakat, cukup membuat papan nama yang  mudah dikenali dan menandakan keberadaan usaha anda. Kreativitas anda dalam cara membuat nasi uduk yang khas juga sangat berpangaruh bagi promosi usaha anda.

 

Resiko Usaha Nasi uduk

Persaingan yang ketat dan rasa yang berubah rubah adalah resiko terbesar bagi usaha ini. Resiko lain adalah jika nasi uduk jualan anda tidak habis, nasi uduk termasuk jenis masakan yang tidak tahan lama dan cepat habis. Karenanya anda harus memperkirakan banyaknya nasi uduk yang bisa terjual, Bila hari ini nasi uduk masih banyak yang tersisa, maka kurangilah masaknya untuk keesokan harinya. Masaklah nasi uduk sesuai dengan banyaknya nasi uduk yang habis dihari sebelumnya.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!