Peluang Usaha Es krim Temulawak

peluang usaha

User Rating: / 16
PoorBest 
Peluang Usaha Es krim Temulawak - 4.8 out of 5 based on 16 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Es krim Temulawak

es krim temulawak
Peluang usaha es krim temulawak ini pertama kali di perkenalkan 5 orang mahasiswa Farmasi UGM. Tujuannya adalah untuk membuat sebuah produk alternatif baru yang berbahan baku temulawak, temulawak selama ini sudah dikenal sebagai bahan baku obat traditional. Bahkan pada 14 Juli 2005, pemerintah Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional Minum Temulawak (GNMT) guna meningkatkan pemanfaatan temulawak oleh masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat Indonesia.


Lima mahasiswa UGM ini terdiri dari  Topan Sawitra, Ina Rahmawati, Arum Setianingrum, Widi, dan Khairul Ikhsan yang belum lama ini telah menyelesaikan pendidikan profesi farmasi. Mereka menamakan es krim temulawak mereka dengan nama 'Abilawa', abilawa adalah es krim sarat gizi sebab mempunyai kandungan kurkumin yang tinggi yang berasal dari temulawak. Zat kurkumin diketahui bermanfaat menjaga kesehatan hati (hepatoprotektor), anti oksidan, serta menambah nafsu makan.

“Di dalam membuat es krim Abilawa ini, kami memakai bahan eskrim yang sudah jadi yang dijual dipasaran untuk selanjutnya diolah bersama dengan temulawak,” ujar Khairul. Produk yang telah dilaunching pada 2009 lalu ini, sementara baru di pasarkan secara terbatas di Pasar Minggu Pagi UGM. Berkat inovasi produk es krim ini, Khairul Ikhsan dan rekan-rekannya berhasil memeroleh juara III dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI) 2009.

 

Cara Membuat Es Krim Temulawak

Cara membuat eskrim temulawak ternyata tidaklah sulit dan cukup sederhana, tidak jauh berbeda dengan cara membuat es krim pada umumnya. Bahan utamanya sebanyak 0,5 kg serbuk temulawak yang diolah dengan mencampurkannya dengan air panas, kemudian disaring. Selanjutnya, air saringan ditambahkan dengan jeruk nipis dan didinginkan. Hasil olahan dari temulawak ini kemudian diaduk bersama dengan bahan es krim yang sudah jadi yang banyak tersedia di pasaran.

Bila anda bisa sedikit repot, anda bisa membuat sendiri bahan es krim. Keuntungannya kita bisa mengontrol kwalitas es krim dan rasa yang di inginkan. Berikut cara membuat es krim yang di inovasikan menggunakan sari temulawak.

Bahan Bahan Eskrim temulawak

  • Serbuk temulawak 500 gram
  • Susu sapi murni 1 liter,
  • Vanili
  • Gula
  • Telur
  • Perasa Coklat (terserah selera)


Cara membuat es krim temulawak
1. Rebus susu sapi, ambil bagian kepala susunya (sahne) atau bisa langsung membeli kepala susu.
2. Serbuk temulawak di tambahkan dengan air panas, kemudian disaring.
3. Hasil saringan serbuk temulawak ditambah dengan jeruk nipis dan didinginkan.
4. Telur + gula + vanili dikocok hingga rata
5. Campurkan semua adonan dalam sebiah panci, panaskan dan aduk sampai mengental
6. Ada 3 pilihan cara kerja yaang bisa dilakukan dalam membuat es krim (proses pembekuan):

  1. Adonan dimasukkan dalam es krim maker (pembuat es krim / jika ada)
  2. Adonan dipindahkan ke dalam freezer (Gefrierfach), setiap 1 jam diaduk, supaya tidak terjadi pengkristalan es. Sesudah 3-4 kali pengadukan, tidak perlu diaduk kembali. Bila es krim temulawak yang jadi terlalu keras/liat, sebaiknya 10 menit dikeluarkan sebelum disantap.
  3. Mixer adonan pada wadah platik/baskom lalu wadah tersebut masukkan pada baskom yang lebih besar dan isi dengan es batu.

7. Adonan yang sudah jadi dituang dalam cetakan es krim dan masukkan ke dalam freezer.
8. Tunggu sampai cukup mengeras.

Bahan-bahannya dapat kita temukan di swalayan atau toko bahan kue di pasar tradisional. Kita bisa juga menambahkan rasa : pandan, vanila, stroberi dan lainnya.

Lima mahasiswa UGM tersebut sudah memberikan sumber inspirasi yang sangat berharga bagi bangsa ini. Saatnya kita sebagai pengusaha UKM memanfaatkan peluang usaha es krim temulawak ini dan meningkatkan hasil panen budidaya temulawak dalam produk yang baru. selamat mencoba dan salam UKM.

Refferensi :
ugm.ac.id


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!