Peluang Usaha Agen Property

peluang usaha

User Rating: / 7
PoorBest 
Peluang Usaha Agen Property - 4.4 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Peluang Usaha Agen Property

Usaha Agen Property


Agen properti sering juga kita sebut sebagai broker properti, atau bahasa kasarnya tidak ubahnya seorang calo atau makelar properti. Seorang broker properti tidak ubahnya seorang warausaha, sebab semua keberhasilan dan kegagalan ada pada diri mereka sendiri. Walaupun bisa saja seorang agen properti bergabung dengan perusahaan Broker Properti, namun mereka hanya mendapat komisi jika bisa menjual properti.

 

 

Peluang usaha agen property adalah peluang usaha yang amat menekankan pada aspek kepercayaanUsaha properti di Indonesia tumbuh cepat dalam 10 tahun terakhir, selama beberapa tahun terakhir pertumbuhan sektor properti di dorong oleh banyak agen properti yang jumlahnya mencapai ratusan. Bahkan mungkin bisa mencapai ribuan orang jika dihitung dengan agen properti yang berdiri sendiri atau perorangan,

Menjadi seorang agen property sangat menggiurkan, agen property bertugas menghubungkan antara penjual dengan pembeli rumah atau property lainnya. Broker property berbadan hukum biasanya berperan dalam penjualan apartemen skala menengah hingga besar, pusat bisnis dan perbelanjaan, rumah kantor, Mall hingga perumahan mewah. Sedangkan para agen property perorangan biasanya bermain di level menengah kebawah, atau bahkan rumah warga.

Konsumen Dari Agen Property


Banyak konsumen yang memerlukan jasa agen properti, umumnya mereka merupakan masyarakat yang ingin membeli atau menjual rumah, ruko, apartemen, atau bangunan lainnya. Disamping itu agen property juga dapat bekerja sama dengan kontraktor proyek perumahan Rumah KPR , ruko, maupun apartemen yang sudah siap dipasarkan sebagai tenaga pemasar.

Memulai Usaha Agen Property


Untuk memulai usaha agen property, ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan.

  1. Miliki alat komunikasi (handphone) untuk berhubungan dengan penjual dan pembeli.
  2. Miliki kamera digital untuk mengambil gambar property yang akan dijual. Kamera digital yang dibutuhkan tidak perlu mahal, yang penting dapat menghasilkan gambar yang baik. Cukup menggunakan kamera berukuran 5 mega pixel sudah cukup.
  3. Perluas jaringan relasi bisnis, baik itu penjual, pembeli maupun agen property lain.
  4. Buat database calon pembeli potensial.

 

Keunggulan Usaha Agen Property

Tidak diperlukan modal yang besar dalam memulai usaha agen property ini, sebab yang menjadi objek jual-beli merupakah rumah milik orang lain. Jadi kita tidak perlu repot untuk membeli rumah atau property seperti pengusaha jual beli rumah, walaupun yang di hasilkan hanya komisi dan fee. Seorang agen property yang berhasil menjual rumah atau property lain biasanya akan di bayar sebesar 1%-3% dari harga rumah, kecil? Tentu tidak, 3% dari rumah seharga Rp 1 milyar adalah Rp 30 juta. Ini adalah komisi untuk satu kali transaksi saja, kalikan denga jumlah property yang anda jual dalam 1 bulannya.

Pemasaran Property
Dalam memasarkan property, seorang agen property dapat menggunakan iklan di media massa seperti media cetak, media elektronik maupun media online. Disamping itu, pemasaran juga dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai pameran properti, yang sering diadakan di kota – kota besar. Kita juga dapat membagikan brosur atau pamflet tentang produk properti yang ditawarkan, juga melalui social media yang berkembang dengan cepat.

Kunci Sukses Usaha Agen Property
Supaya usaha agen property dapat berjalan dengan lancar, kita mesti mempunyai kiat kiat khusus. Beberapa kiat tersebut sebagai berikut :

  1. Buat jaringan relasi sebanyak-banyaknya. Semakin banyak relasi kita, akan semakin banyak juga kesempatan terjadinya transaksi jual beli yang menguntungkan bagi kita.
  2. Jaga kepercayaan relasi kita. Jangan sampai ada relasi yang kecewa terhadap kita dan menyebarkan kekecewaannya.
  3. Buat jalinan relasi dengan kalangan perbankan dan notaris. Bila suatu saat kita membutuhkan jasa mereka, kita tidak akan mengalami kesulitan.
  4. Kita mesti mempunyai pengetahuan tentang property yang akan kita jual.
  5. Tingkatkan kemampuan kita dalam bernegosiasi dan meyakinkan pembeli.
  6. Pahamilah semua hal yang diperlukan dan diinginkan oleh calon pembeli.
  7. Perluas pengetahuan kita tentang interior, eksterior, pertanahan, atau feng shui. Suatu saat, penjual atau pembeli akan meminta saran dan pendapat kita.


Kekurangan bisnis Agen Property
Dalam menjalankan usaha agen property, banyak hambatan yan harus kita atasi. Diantaranya adalah :

  1. Saingan usaha agen property ini sudah cukup banyak. Oleh sebab itu, kita mesti pandai menjaga kepercayaan dari konsumen sehingga kita dapat terus mereka andalkan.
  2. Ketidak cocokan selera pembeli dengan rumah yang akan dijual.
  3. Penjual rumah yang bersikeras menjual rumahnya dengan harga mahal sehingga rumahnya sulit untuk terjual.
  4. Pembatalan transaksi yang disebabkan banyak hal.

Dibutuhkan kejelian dalam membaca peluang usaha jika kita menjadi seorang agen property, kemampuan mendatangkan pembeli bagi property yang akan di jual merupakan kunci utama saat terjun kedalam usaha agen property.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!