Menjadi Kartunis

peluang usaha

User Rating: / 4
PoorBest 
Menjadi Kartunis - 4.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Menjadi Kartunis

Menjadi Kartunis
Saat ini kita banyak mengenal tokoh kartun, sebut saja kartun Petruk hingga manga seperti Detektif Conan. Tentu saja tokoh tokoh tersebut tidak jadi begitu saja, ada seorang atau bahkan beberapa orang kartunis di balik semua itu. Buku kartun atau biasa kita kenal sebagai buku komik masih sangat pengemarnya, terutama di kalangan remaja. Walaupun saat ini kartun masih banyak di dominasi oleh Manga Jepang, namun kartu lokalpun sudah banyak bermunculan dan bahkan tidak kalah dengan Manga.


Menjadi kartunis tidak akan pernah mati, walaupun saat ini sudah banyak dijumpai animasi kartun untuk pembuatan film animasi. Namun kartun dalam komik, majalah, hingga surat kabar tetap akan selalu ada. Banyak orang tidak percaya bahwa menjadi kartunis bisa menghidupi keluarga, namun kenyataannya seorang kartunis lokal bisa hidup berkecukupan bahkan berlebih hanya mengandalkan membuat kartun.

Menjadi kartunis juga bisa jadi hobi yang tersalurkan, dan sebaik baiknya pekerjaan adalah pekerjaan yang menjadi hobi dan kesukaan kita. Menjadi kartunis tidaklah mudah, perlu minat dan bakat yang cukup serta usaha yang memadai. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menjadi seorang kartunis sukses, diantaranya.

 

  1. Minat
  2. Ilmu
  3. Usaha
  4. Sabar

 

Minat

Minat di sini bukan hanya sekedar keinginan belaka, namun juga minat yang mendalam. Terlebih jika kita memang sangat menyukai dunia gambar dan kartunis, maka kita sudah memiliki modal minat yang kuat. Minat ini wajib di pertahankan, tanpa minat yang kuat mental kita untuk menjadi kartunis akan patah. Apalagi bila suatu saat mengalami kegagalan, tanpa minat kita akan sulit bangkit kembali.

Ilmu Karikatur

Minat tanpa ilmu, tentu hanya sia sia belaka. Banyak orang bilang menjadi kartunis itu mudah, asal corat coret sembarangan sudah bisa jadi kartun. Itu salah, seorang kartunis harus bisa menggambar dengan benar. Seorang kartunis harus memiliki ilmu yang cukup untuk menggambar sebuah kartun, karakteristik dan watak tokoh kartunpun harus digambarkan dengan jelas. Apalagi bila kita memang memiliki bakat dalam menggambar, maka ditambah minat dan ilmu yang cukup kita bisa menjadi kartunis yang sukses.

Usaha
Setelah kita mengetahui ilmu dan cara menggambar kartun yang baik, maka kita mesti terus menerus berusaha. Usaha ini bisa berupa latihan terus menerus, karena seorang pemain sepak bola yang handalpun butuh terus menerus latihan agar lebih terasah lagi. Demikian juga dengan seorang kartunis, lita harus terus menerus berlatih menggambar kartun hingga kartun kita layak di terbitkan menjadi sebuah komik atau di kirim ke media masa untuk di terbitkan.

Sabar dan Berdoa
Menjadi kartunis bukan seperti menjual gorengan, asalkan kita mau keluar maka sudah banyak yang beli. Menjadi seorang kartunis, kita mesti bersabar menjual karya kita. Ada kalanya kita mesti menunggu berbulan bulan dari penerbit apakah komik kita akan di terbitkan atau tidak, untuk itu di butuhkan kesabaran dan doa dalam menghadapinya. Kita juga bisa mengirimkan karikatur pada beberapa media masa seperti koran, majalah dan lainnya.

Semoga semakin banyak yang tertarik untuk menjadi kartunis, semoga kartun kita bisa menjadi raja di tempat sendiri. Jangan hanya menjadi penonton di negeri sendiri, menjadi seorang kartunis masih  menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!