Menjadi Guru Musik

peluang usaha

User Rating: / 4
PoorBest 
Menjadi Guru Musik - 4.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Menjadi Guru Musik

Menjadi Guru Musik

Pelajaran seni musik sebetulnya sudah dimasukkan dalam kurikulum sekolah banyak negara di seluruh dunia. Tapi, tidak seluruh siswa musik menyukainya, dan tidak semua dari mereka yang termotivasi untuk belajar musik. Akibatnya, mereka tidak lagi bersemangat untuk belajar musik secara formal di dalam kelas sekolah mereka. Bahkan sering terjadi konflik kepentingan, guru musik yang kemudian memberikan tekanan agar siswa mereka mau belajar musik di sekolah.


Untuk mengembangkan kreatifitasnya, siswa justru lebih menyukai belajar musik di tempat musick studio atau bimbingan belajar musik atau les private musik kerumah mereka. Belajar musik di sekolah bisa di bilang masih kaku, harus mengikuti kurikulum yang sangat umum sementara bakat musik anak berbeda beda. Untuk itu, banyak di temui les private musik dan musik studio terutama di kota besar di Indonesia. Bakat anak bisa berkembang dengan baik dengan bantuan guru musik khusus dan kurikulum yang lebih spesifik dan bisa di sesuaikan dengan bakat anak.

Menjadi guru musik di sekolah formal bukan hal yang mudah,  sebab baik mengajar dan belajar merupakan dua proses yang dinamis, guru musik dengan siswa mereka mesti memenuhi setengah jalan - saling menyesuaikan dengan jenis individu mereka. Seorang guru musik disekolah formal tidak hanya mengandalkan teori teori yang sudah baku namun juga mesti melihat perkembangan musik. Misalnya jenis musik apa yang sedang banyak digemari.

Menjadi guru musik harus dapat memberikan motivasi bagi muridnya, ini adalah tanggung jawab yang mesti dimiliki oleh seorang guru musik. Tunjukkan kepada siswa siswa bahwa seorang guru musik benar benar mencintai musik sepenuh hati. Menjadi seorang guru musik dalam sebuah lembaga atau kelas kelas kecil ataupun privat, terkadang seorang guru musik ini dihadapkan pada dua sikap siswa, yaitu yang intuisinya bekerja dan yang tidak bekerja.

Dikatakan intuisi siswa bekerja jika seorang siswa sangat antusias, mudah termotivasi jika memperoleh tantangan, bahkan mereka bisa bertahan walaupun mengalami kemerosotan dan bisa bertahan dengan memberikan dukungan bagi dirinya sendiri.

Dikatakan intuisi yang tidak bekerja tentu saja kebalikan dari siswa yang intuisinya bekerja, biasanya siswa yang intuisinya tidak bekerja akan benci aktifitas, gampang menyerah terhadap tantangan serta memerlukan orang lain yang memberikan dia semangat, lambat dalam mencapai kemajuan, selalu lupa hingga memerlukan latihan yang berulang-ulang.

Musik merupakan sebuah ekspresi nurani dasar yang mempunyai dunianya sendiri. Layaknya sebuah dunia, dunia musik pun disertai oleh bahasa dan warna sebagai sarana ekspresi dan komunikasi. Warna musik adalah semu, tidak hitam, bukan juga putih dan sebagainya. Warna musik tergantung pada kejujuran hati musisi dalam memainkan perannya sebagai individu dalam kesatuan.

Guru musik  mendidik para siswanya supaya tidak hanya menguasai ilmu musik, namun juga bisa mengekspresikannya dalam satu kesatuan. Guru musik menggunakan kurikulum yang dibuat dengan teknik pengajaran yang inovatif. Dikembangkan secara seksama dan internal oleh tim pendidik, dan menggunakan banyak sumber referensi mendidik musik.

Buku memainkan peranan penting dalam proses pembelajaran. Menampilkan buku warna-warni untuk anak-anak, menarik minat dan imajinasi siswa sambil belajar. Membuat pengalaman belajar yang menyenangkan. Tentu saja sebagai seorang guru musik kita mesti memiliki ilmu pengetahuan tentang musik, bukan hanya tentang perkembangan musik namun juga tentang cara memaikan alat musik secara khusus.

Untuk belajar musik, diperlukan studio musik untuk mengembangkan kreatifitas musiknya. Studio musik merupakan kelas yang dilengkapi dengan instrumen musik dan peralatan yang lengkap untuk memastikan yang terbaik dalam pembelajaran. Peralatan tambahan disediakan tergantung pada kebutuhan kelas dan kurikulum. Dirancang untuk menciptakan lingkungan yang sempurna bagi siswa dan guru, dengan menggunakan pemeriksaan akustik dan suara serta pencahayaan yang mendukung secara sempurna untuk mempelajari buku musik.

Bagi guru musik les private, harus di pastikan bahwa siswa mempunyai alat musik yang di butuhkan di rumah mereka. Sebut saja bila kita menjadi guru musik piano, maka siswa tersebut harus memiliki piano untuk latihan dan sarana melatihnya. Bagi guru musik yang bergabung dengan musik studio mungkin bisa memakai alat musik yang tersedia di studio. Menjadi guru musik masih menjadi peluang usaha menjanjikan, hal ini karena honorium yang di terima juga cukup besar.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!