Jenis Usaha Katering

peluang usaha

User Rating: / 6
PoorBest 
Jenis Usaha Katering - 4.3 out of 5 based on 6 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Jenis Usaha Katering

Jenis Usaha Katering,usaha katering,bisnis katering,bisnis catering,Usaha Katering Pesta,Usaha Katering Box, Usaha Katering Perusahaan,Usaha Katering Rumah Sakit,Usaha Katering Tranportasi,katering,wirausaha katering,jasa katering

Anda ingin membuka usaha katering? Sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu jenis jenis usaha katering sebelum terjun ke bisnis catering ini. Saat ini bisnis katering sedang menjamur, ini di karenakan berubahnya paradigma masyarakat menjadi serba instant, praktis dan cepat. Demikian juga dengan makanan, bahkan banyak ibu rumah tangga yang berlangganan masakan katering untuk anak dan keluarga di rumah karena kesibukan bekerja.

 

 

Jenis usaha katering mesti di ketahui supaya kita bisa memperkirakan kebutuhan modal usaha katering kita, selain itu beberapa jenis usaha katering juga harus di kelola dengan cara yang berbeda. Kecuali bila kita memang sudah siap dengan modal usaha yang cukup dan sumber daya manusia yang memadai, anda bisa terjun ke semua jenis usaha katering.

 

Banyaknya pelanggan yang membutuhkan katering baik itu yang berlangganan maupun yang sekali saja membuat usaha katering berkembang dengan pesat. Selain itu, kemudahan dalam memulai usaha jasa katering. Peluang usaha katering bisa dilakukan sebagai usaha sampingan bagi anda yang masih bekerja dan kuliah, caranya dengan menawarkan masakan rumah atau masakan istri anda pada tetangga atau rekan sekantor untuk katering makan siang. Asalkan anda bisa menangkap peluang usaha yang ada maka usaha katering sampingan sudah bisa anda jalankan, hasilnya lumayan setidaknya anda sekeluarga bisa ikut makan sesuai menu yang di buat.

 

Walaupun usaha catering bisa dilakukan sebagai usaha sampingan sekalipun, namun tidak semua jenis usaha katering yang bisa dilakukan sebagai usaha sampingan. Contohnya jenis usaha katering pesta perkawinan, diperlukan keseriusan, modal yang cukup dan sumber daya manusia yang memadai untuk menerima katering perkawinan. Ini di karenakan diperlukan banyak peralatan yang di pakai begitu juga tenaga manusia yang membantu hingga tidak bisa di jadikan sebagai usaha sampingan.

 

Untuk itu diperlukan pengetahuan akan jenis usaha katering yang akan kita tekuni, berikut ini adalah beberapa jenis usaha jasa katering.

 

1. Usaha Katering Pesta

Usaha katering pesta melayani pesanan masakan untuk acara tertentu dalam jumlah besar yang bisa kita hidangkan baik secara prasmanan maupun secara piringan atau a'la carte. Diperlukan modal usaha yang cukup besar dalam usaha katering pesta karena anda mesti melengkapi peralatan memasak dan peralatan makan yang cukup banyak, sumber daya manusia yang di perlukan juga cukup banyak saat ada pesanan. Oleh sebab itu usaha katering pesta tidak bisa dijadikan sebagai usaha sampingan, perlu perencanaan, keseriusan dan pengelolaan yang benar untuk terjun di usaha katering pesta.

 

2. Usaha Katering Box

Jenis usaha katering box atau bisa juga memakai 'rantang' melayani pesanan masakan dalam kemasan rantang atau box. Menu yang di buat disuseaikan untuk makan siang karyawan kantor atau pelanggan rumah tangga, masakan biasanya di antar setiap hari dengan menu masakan yang berbeda beda setiap harinya. Umumnya dibuatkan daftar menu untuk sebulan, jenis usaha katering box cocok untuk dijadikan usaha sampingan.

 

3. Usaha Katering Perusahaan

Jenis usaha katering perusahaan sebetulnya hampir mirip dengan jenis usaha katering box, yang membedakan dalam jasa katering perusahaan masakan bisa disajikan dengan sistem prasmanan selain dengan sistem box. Biasanya jenis usaha jasa katering perusahaan ini dilakukan untuk perusahaan atau pabrik besar yang mempunyai banyak karyawan dengan sistem kerja shifting.

 

4. Usaha Katering Rumah Sakit

Jenis usaha katering rumah sakit menyediakan masakan khusus pasien rumah sakit. Nilai gizi sangat diperhatikan di bandingkan dengan rasa. Usaha katering rumah sakit mesti diawasi dengan ketat oleh ahli gizi yang direkomendasikan dari rumah sakit. Menu masakan yang disediakan disesuaikan dengan jenis penyakit pasien, kemampuan dalam menghitung gizi sangat dibutuhkan.

5. Usaha Katering Tranportasi

Moda tranportasi seperti pesawat terbang, kereta api, kapal laut, dan bus antar provinsi dengan jarak tempuh yang cukup jauh biasanya menyediakan makanan sebagai bagian dari pelayanannya. Jenis bisnis katering transportasi ini di khususkan untuk perusahaan moda transportasi, biasanya masakan di sajikan dalam kemasan kotak beserta minumannya.

Ada beberapa kriteria khusus yang diberikan dalam pengemasan terutama untuk moda tranportasi udara, diperlukan kemasan yang tahan goncangan, tahan bocor dan lainnya yang biasanya di syaratkan oleh masing masing maskapai penerbangan. Masakan yang disajikan bisa berupa masakan pokok maupun berupa kue.

 

6. Usaha Katering khusus

Usaha katering khusus menyediakan masakan bagi pelanggan tertentu seperti katering khusus diet, katering khusus vegetarian, katering khusus olahragawan dan lainnya. Harga yang kita terima biasanya relatif lebih mahal, namun diperlukan keahlian khusus untuk menghitung nilai gizi dari masakan kita sesuai dengan yang dibutuhkan pelanggan kita dan rasa juga harus enak.

 

Semakin banyaknya jumlah wirausaha katering membuat persaingan semakin ketat, namun semakin banyak konsumen yang menggunakan usaha jasa katering membuat bisnis katering ini tidak akan mati. Wirausaha katering mesti menjaga kualitas rasa dan pelayanan yang memuaskan pelanggan guna menarik pelanggan sebanyak mungkin, harga yang di tawarkan pun harus kompetitif dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Pengusaha katering juga mesti semakin kreatif dan inovatif serta dituntut untuk bisa mencari peluang usaha katering di setiap bidang. Fokuslah terhadap satu atau beberapa jenis usaha katering yang penanganannya hampir sama terlebih dahulu.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!