Home Modal Usaha Perjanjian Joint Venture Modal Usaha Ventura

Perjanjian Joint Venture Modal Usaha Ventura

User Rating: / 25
PoorBest 
Perjanjian Joint Venture Modal Usaha Ventura - 4.8 out of 5 based on 25 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Modal Usaha
Written by Dody Tabrani   

Perjanjian Joint Venture Modal Usaha Ventura

Perjanjian Joint Venture Modal Usaha Ventura,Perjanjian Joint Venture, Modal Usaha Ventura,Joint Venture, Modal Usaha,aloan, pinjaman, dana usaha, perbankan

Mengetahui Yang di perlukan dalam Perjanjian Joint Venture atau Modal Ventura. Modal ventura adalah salah satu permodalan dengan cara penyertaan modal usaha dari pihak kedua ( pemilik modal ventura ) kedalam perusahaan dengan sistem kerja bagi hasil. Besarnya bagi hasil di tentukan dengan kesepakatan kedua belah pihak (Walaupun pada kenyataannya pemilik modal ventura yang banyak mengatur).

Sebelum sebuah perjanjian Joint Venture di tandatangani banyak hal hal penting yang harus diperhatikan sebelum sebuah keputusan bisnis joint venture diambil dan dilaksanakan. Perjanjian joint venture ini bisa digunakan saat semua pihak dari kedua belah pihak ( bisa juga lebih) sudah bersepakat guna bekerja sama dan menggabungkan sumber daya serta kemampuan mereka dengan sebuah tujuan yang sama, yaitu menghasilkan keuntungan. Perjanjian joint venture ini bisa di lakukan oleh usaha kecil maupun industri besar.

 

Perjanjian joint venture atau penyertaan modal usaha ventura ini tidak menyebabkan perubahan struktural pada masing masing pihak hingga mereka masih mempunyai hak hak mereka sebagai wirausaha yang merdeka tapi tetap bertanggung jawab pada usahanya. Dan perjanjian Perjanjian joint venture atau penyertaan modal usaha ventura adalah perjanjian kerja sama yang didasarkan sepenuhnya pada kontrak.

 

Semua pihak yang bergabung dalam Perjanjian joint venture atau penyertaan modal usaha ventura akan memperoleh bagiannya masing masing atas keuntungan yang didapat dari bisnis dan juga akan memperoleh bagian mereka saat terdapat sumber keuntungan lainnya seperti pengembalian pajak dan sebagainya.

 

Keuntungan utama yang akan di peroleh dengan adanya perjanjian joint venture ini adalah kebebasan yang lebih banyak, kebutuhan akan modal usaha yang lebih kecil sebab di peroleh dari berbagai pihak, serta kerja yang lebih ringan sebab dikerjakan bersama sama. Perjanjian joint venture ini sangat cocok bagi kita yang membutuhkan rekan bisnis atau rekan kerja guna menangani sebuah proyek secara bersama sama dalam jangka waktu tertentu. Jadi, perjanjian join venture ini lebih tepat bagi kita yang membutuhkan kerja sama yang sesaat atau tidak untuk selamanya maupun jangka panjang. Oleh sebab itu penyertaan modal usaha ventura pada usaha kecil sebaiknya di batasi jangka waktunya hanya beberapa tahun saja saat perjanjian penyertaan modal usaha ventura ini dilakukan.

 

Ada beberapa hal yang mesti di perhatikan dalam membuat perjanjian penyertaan modal usaha ventura yang harus anda cermati, pahami dan persiapkan sebelum usaha joint veture tersebut berjalan.

  • Jumlah rincian tentang semua pihak yang tergabung dalam kesepakatan perjanjian joint venture ini beserta nama-nama mereka dan kontribusi masing masing. Seluruh data ini mesti diarsipkan sebagai syarat administrasi dan mengandung kekuatan hukum. Sebagai antisipasi atas kemungkinan terburuk dalam kelangsungan kerja sama.
  • Arsip mesti mencatat atas perjanjian penyertaan modal usaha ventura ini, tentang tujuan diadakannya kerja sama tersebut serta poin-poin persetujuan lainnya.
  • Perjanjian yang membahas semua kontribusi dari pihak pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kerja sama usaha.
  • Perjanjian joint venture harus membahas tentang kepemilikan modal masing masing pihak dan kesepakatan pembagian hasil hingga pembagian hasil yang dicapai bisa dilakukan dengan seadil adilnya.
  • Perjanjian joint venture harus membahas tentang manajemen usaha tersebut serta peran dari masing-masing pihak dalam pelaksanaan usaha.
  • Hasil dari pembahasan tentang hak atas kekayaan intelektual juga mesti dilampirkan dengan lengkap pada perjanjian joint venture ini.
  • Ketentuan tentang tugas serta kedudukan setiap pihak dalam joint venture ini juga mesti dibahas sebelumnya dengan detail dan dicantumkan di dalam perjanjian joint venture. Hal ini bisa mendukung pelaksanaan bisnis dengan baik dan terciptanya sistem manajemen yang baik.
  • Perjanjian joint venture harus membahas tentang penulisan laporan pertanggung-jawaban masing-masing pihak yang terlibat.
  • Perjanjian joint venture adalah serangkaian dokumentasi kesepakatan bisnis yang harus dibuat berdasarkan kekuatan hukum. Dalam ruang lingkup bisnis yang lebih besar dengan resiko yang lebih tinggi, perjanjian penyertaan modal usaha ventura seharusnya dibuat dengan kesaksian pihak notaris hingga legalitasnya bisa terjamin dan lebih sistematis dan mengacu pada undang undang yang berlaku di Indonesia.

 

Walaupun usaha joint venture yang akan anda lakukan masih merupakan bisnis sederhana seperti usaha sampingan, perjanjian joint venture adalah sebuah keharusan supaya pelaksanaan kerja sama bisnis antar kedua belah pihak bisa berjalan dengan lancar. Hal ini juga mesti dibicarakan oleh seluruh pihak yang terlibat usaha joint venture ini sehingga keselarasan bisa tercipta untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam berusaha.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

 

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!

Joomla templates by a4joomla