Mesin Abon UKM

User Rating: / 4
PoorBest 
Mesin Abon UKM - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Mesin Abon UKM

Mesin Abon UKM mesin penggorengan vakum


Peralatan Yang Digunakan Dalam Pembuatan Abon UKM
Peluang usaha abon masih sangat terbuka, hal ini mengingat semakin banyaknya masyarakat yang hidup dalam kepraktisan atau serba instant. Masyarakat lebih menyukai masakan siap saji dan makanan siap konsumsi, salah satnya adalah abon.

Abon bisa dibuat dari berbagai macam bahan, sebut saja abon ikan, abon sapi, abon itik dan sebagainya. Kreativitas kita disini yang harus jeli membaca peluang usaha abon yang disukai pembeli. Walau begitu, pada prinsipnya pembuatan abon itu sama saja. Oleh karena itu, jika kita bisa mempunyai satu set mesin pembuatan abon. Maka kita bisa memproduksi semua jenis abon sekaligus untuk melebarkan pemasaran dan lebih banyak penjualan.

 

Cara Membuat Abon dengan Mesin Abon

Pembuatan abon dimulai dari pemasakan daging memakai mesin presto. Setelah itu dilanjutkan dengan proses suwir abon memakai mesin suwir abon. Daging yang telah disuwir dicampur dengan bumbu bumbu memakai mesin mixer (daging). Setelah itu digoreng hingga matang, daging abon yang sudah digoreng dihilangkan minyaknya menggunakan mesin spinner atau mesin peniris minyak.

Abon yang sudah ditiriskan dan kering siap dikemas, pakailah mesin pengemas abon untuk mempertahankan kwlitas dan menahan tengik. Mesin Pengemas Abon seperti Hand Sealer, las Injak, Continuous Sealer bisa dipakai. Penting juga untuk memilih plastik kemasan seperti plastik pp atau pe, jika abon yang diproduksi ingin tahan lebih lama gunakan plastik jenis Nylon, Metalizing Plastic maupun Aluminium.

Mesin Presto

mesin presto UKM
Mesin presto digunakan untuk mengukus dan memasak daging hingga matang. Mesin presto industri memiliki tekanan yang cukup tinggi, hingga daging yang dimasak bisa merata dan hemat waktu



Mesin Suwir Abon

mesin suwir abon


Mesin suwir abon amat diperlukan untuk membuat abon skala UKM, mesin suwir daging berfungsi sebagai penyuwir daging yang akan di buat abon. Cara kerjanya Mudah & Cepat. Kita tinggal masukan potongan daging kotak kotak yang sudah dimasak dengan menggunakan mesin presto, maka dalam beberapa menit saja daging abon akan tersuwir dengan rata. mesin ini juga bisa diatur tingkat kehalusan suwirannya, semakin lama penyuwiran diakukan maka semakin halus hasil suwiran daging abonnya.

Mesin Mixer

mesin mixer abon
Mesin mixer digunakan untuk mengaduk atau mencampurkan daging abon yang sudah disuwir dengan bumbu-bumbu rahasia kita. Bumbu akan tercampur merata dengan daging, mesin ini hampir sama fungsinya dengan meat mincer

Mesin Frying Fan

mesin penggorengan frying fan
Mesin ini digunakan untuk menggoreng dengan kapasitas besar dan suhu tinggi.

Mesin Spinner - Mesin Peniris Minyak – Mesin Penapis Minyak – Mesin Sentrigugal

mesin peniris minyak
Mesin peniris digunakan untuk mengurangi dan menghilangkan minyak pada daging abon dan menjaga kekeringan dan kerenyahan dari abon tersebut. Dapat mempertahankan kwlitas dan expired date dari abon yang kita produksi. Mesin peniris juga bisa digunakan untuk meniriskan minyak pada kerupuk, keripik, kacang goreng, kacang mete goreng, kacang telur, bakso goreng, abon, kentang goreng, keripik dari ubi ubian.

Fungsi utama mesin spinner ini adalah untuk berikut ini:

  1. Menghilangkan atau mengurangi sisa minyak goreng yang ada pada makanan termasuk abon yang baru saja digoreng.
  2. Makanan akan menjadi lebih sehat, menurunkan kolesterol,  dan kandungan lemak.
  3. Abon lebih renyah dan tahan lama kerenyahannya.
  4. Lebih tahan dari tengik dan bau.
  5. Makanan akan lebih tahan mengembang dan terhindar dari melempem.
  6. Daya tahan makanan lebih panjang.
  7. Harga termurah mesin spinner sekitar Rp 800.000 ukuran 1 kg/jam


Mesin Pengemas Abon

mesin pengemas hand sealer
Ada beberapa jenis mesin pengemas abon, diantaranya adalah Hand Sealer, las Injak, Continuous Sealer. Hand Sealer adalah mesin pengemas yang dipakai untuk mengemas berbagai macam kemasan plastik. Misalnya untuk mengemas abon,  keripik, makanan ringan dll. Pengoperasian mesin hand sealer dilakukan secara manual menggunakan tangan dan sangat mudah.  Yakni dengan cara meletakan plastik kemasan diantara mesin press plastik tersebut, lalu di tekan layaknya mesin press. dari segi harga, hand sealer yang paling murah diantara mesin pengemas lainnya.

mesin pengemas continuous sealer
Ada juga mesin pengemas makanan bernama Continuous Sealer, cocok digunakan untuk industri yang sudah cukup besar dan memerlukan kecepatan dalam mengemas. Prosesnya hampir sama, namun kita tidak perlu menekan mesin pressnya malainkan menggesekan kemasan yang akan ditutup kepada seal yang berjalan pada mesin tersebut.

Tujuan menggunakan mesin pengemas abon ini agar abon yang kita produksi bisa terlihat lebih higgienis serta lebih menarik hingga bisa meningkatkan nilai jual produk abon kita. Pengemasan dengan memakai hand sealer juga bisa memperpanjang masa kadaluarsa produk, hingga produk abon kita bisa bertahan lebih tahan lama berada pada kemasan plastik dalam keadaan baik. Hal ini karena mesin press plastik merekatkan plastik dengan kuat dan membuat udara tidak dapat masuk.


Refferensi
trstar group
Indo mesin
Mesin spinner daya 70 watt untuk industri harga 800000 Tlp 0811559882086,  Bb 75906E14
Bankernote.com
Gambar : Tokomesin.com, Indotrading.com, nishantpacktech.com, machinepackaging.blogspot.com, sentral mesin
Cara Membuat Abon menggunakan mesin abon UKM


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!