Alat Penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung / Direct Steam Distillation

User Rating: / 8
PoorBest 
Alat Penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung / Direct Steam Distillation - 5.0 out of 5 based on 8 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Metode Penyulingan dengan uap langsung (Direct Steam Distillation)
Pada metode penyulingan ini, bahan baku tidak kontak langsung dengan air maupun api, namun hanya kontak dengan uap bertekanan tinggi yang difungsikan untuk menyuling minyak. Prinsip kerja metode ini adalah membuat uap bertekanan tinggi didalam boiler, kemudian uap tersebut dialirkan melalui pipa dan masuk ketel yang berisi bahan baku. Uap yang keluar dari ketel dihubungkan dengan kondensor. Cairan kondensat yang berisi campuran minyak dan air dipisahkan dengan separator yang sesuai berat jenis minyak. Penyulingan minyak atsiri dengan uap langsung biasa dipakai untuk bahan baku yang membutuhkan tekanan tinggi pada proses pengeluaran minyak dari sel tanaman, misalnya gaharu, cendana, dll.

Alat penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung (steam distillation) Milik Lansida

Penyulingan minyak atsiri dengan uap langsung mempunyai kelebihan dibandingkan dengan penyulingan air dan penyulingan air-uap. Hal ini disebabkan waktu penyulingan relatif lebih singkat dan rendemen yang dihasilkan cukup tinggi bila dibandingkan dengan dua metode penyulingan lainnya. Namun, penyulingan dengan uap langsung membutuhkan peralatan yang relatif kompleks / lebih banyak dan mahal (Hersipa2011)

 

Bagian dan cara kerja Alat penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung steam distillation


Secara garis besar, cara kerja Alat penyulingan Minyak Atsiri dengan uap air steam distillation adalah sebagai berikut. Ketel uap dipanaskan hingga menimbulkan uap tekanan tinggi, uap bertekanan tinggi akan di alirkan ke ketel/tangki bahan baku, dari ketel bahan baku uap air akan membawa serta minyak atsiri ke kondensor untuk didinginkan, setelah itu akan kembali dialirkan ke separator atau pemisah minyak dengan air, air akan dipisah dan masuk kembali kedalam ketel uap sedangkan minyak akan disaring dan dibawa ke tangki penampung.

Ketel Uap
Berbeda dengan penyulingan rendam (water distillation) atau penyulingan air dan uap (water and steam distillation) dimana ketel uap juga menjadi tempat bahan baku, dalam penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung (steam distillation) ketel uap terpisah dengan ketel bahan baku. Ketel uap/pembakaran di peruntukkan untuk membuat uap tekanan tinggi yang akan mengalir melintasi tempat ketel bahan baku dan membawa minyak atsiri ke kondensor.

Ketel Bahan Baku
Ketel bahan baku diruntukkan untuk menyimpan bahan baku minyak atsiri, ketel ini akan menerima aliran uap tekanan tinggi dari ketel uap. Selanjutnya uap akan membawa minyak atsiri dari bahan baku ke kondensor.

Kondensor (Pendingin)

Separator (Pemisah Minyak)
Separator berfungsi guna memisahkan minyak atsiri dengan air berdasarkan perbedaan berat jenis. Separator untuk alat suling sistem kukus kohobasi tersedia 2 macam yaitu untuk minyak dengan density (massa jenis) rendah dan minyak density tinggi.

Tangki Penampung ( Receiver Tank )
Tangki penampung digunakan untuk menampung minyak atsiri, dapat terbuat dari bahan glass atau stainless steel. Untuk bahan glass, pakailah botol gelap supaya minyak terhindar dari masuknya sinar matahari langsung sehingga tidak menurunkan grade minyak.

Jenis material yang digunakan haruslah yang food grade, bisa terbuat dari stainlees steel mulai dari yang paling bagus antara lain :

  • Material Pharmaceutical Grade (SUS 316)
  • Material Food Grade (SUS 314)
  • Material Mild Mild Steel Galvanized
  • Material Mild Steel


Harga Alat penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung (steam distillation)

Harga alat penyulingan Minyak Atsiri dengan metode uap langsung (steam distillation) ini berkisar Rp 10 juta - Rp 20 juta, tergantung dari kapasitas bahan baku dan bahan yang digunakan.

Alat Penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung / Direct Steam Distillation

Jumlah minyak atsiri yang menguap bersama-sama uap air ditentukan oleh tiga faktor, yaitu: besarnya tekanan uap yang digunakan, berat molekul dari masing-masing komponen dalam minyak dan kecepatan minyak yang keluar dari bahan.  Hal yang perlu diperhatikan pada saat penyulingan adalah agar suhu dan tekanan, tetap seragam dan tidak menurun secara tiba-tiba selama proses distilasi berlangsung.

Pemilihan metode penyulingan yang akan kita pakai harus memperhatikan beberapa faktor penting terkait bahan baku yang akan disuling. Penerapan pemakaian metode penyulingan tersebut didasarkan atas beberapa pertimbangan seperti jenis bahan baku tanaman, karakteristik minyak, proses difusi minyak dengan air panas, dekomposisi minyak akibat efek panas, efisiensi produksi dan alasan nilaiekonomis serta efektifitas produksi.

Refferensi :


Mulia Wita | Fransisca Pangestu A.| Gita Hapsari | Fatimah Jumiati | Jalal Romansyah. 2013. Praktikum TEKNOLOGI ISOLASI MINYAK ATSIRI . DEPARTEMEN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN - FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN - INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2013
Wikipedia Steam Distillation http://en.wikipedia.org/wiki/Steam_distillation
Aldis Asia. (http://aldis-asia.blogspot.com/2012/01/alat-suling-minyak-atsiri-asiri-skala.html) Diakses pada [13 February 2014].
Lansida Lab (http://lansida.blogspot.com/2010/12/proses-penyulingan-minyak-atsiri.html)
Farizlab (http://farizlab.indonetwork.co.id/444670/alat-destilasi-minyak-atsiri-alat-penyulingan-minyak-atsiri.htm) Diakses pada [13 February 2014].
Badan Standardisasi Nasional. 1995.Standar Mutu Minyak sereh. http://www.bps.go.id. Diakses pada [13 February 2014].
Laporan Penelitian Pengambilan Minyak Atsiri Kulit Jeruk dengan Metode Ekstraksi Vakum. Semarang: Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.Kemala S.C.Indrawanto dan L. Mauludi. 1999.
Sahroel P. 2009. Minyak Atsiri Indonesia.http: minyakatsiriindonesia.wordpress.com : sumber dari Dewan Atsiri Indonesia dan IPB, 2009, “Minyak Atsiri Indonesia”. Editor: Dr. Molide Rizal, Dr. Meika S. Rusli dan Ariato Mulyadi [13 February 2014]. Alat Penyulingan Minyak Atsiri dengan uap langsung / Direct Steam Distillation


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!