Resep Martabak Telur

kursus

User Rating: / 4
PoorBest 
Resep Martabak Telur - 4.3 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Resep Martabak Telur

Resep Martabak Telur

Martabak telur adalah masakan khas kuliner nusantara yang berbahan dasar telur dan di lapisi kulit martabak. Martabak telur sangatlah di sukai seluruh keluarga, bukan hanya menjadi penganan tapi martabak telur juga bisa menjadi teman makan nasi yang lezat. Sebagian ibu rumah tangga lebih memilih membeli martabak telur jadi dari pada membuat sendiri di karenakan kerepotan dalam membuat kulit martabak telur, sebagian lagi mengakali dengan membeli kulit jadi seperti kulit lumpia untuk martabak telur mereka. Walau begitu sebetulnya membuat kulit martabak telur tidak begitu sulit, kerepotan bagi yang tidak biasa mungkin terjadi saat merentangkan kulit di wajan panas saat hendak di isi isian martabak telur. Berikut ini saya sajikan resep lengkap resep martabak telur.

Bahan Kulit Martabak Telur :

200 gr tepung terigu
Air matang seperlunya
2 butir telur kocok lepas
2 sendok makan minyak
garam seperlunya

Bahan Isi Martabak Telur :

600 gr daging giling
2 batang daun bawang potong tipis, untuk dicampur saat menumis daging giling
8 batang daun bawang potong tipis
12 sendok makan bawang bombay potong tipis
8 buah bawang putih, haluskan
2 sendok teh curry powder
12 butir telur
Merica dan garam seperlunya

Saus Martabak Telur :

4 sendok makan kecap asin
2 sendok teh air asam jawa
Garam dan gula pasir seperlunya
2 sendok makan saus tomat
2sendok makan sambal botol
Ketimun, di iris iris
4 sendok makan air matang


Cara Membuat Kulit Martabak :

Campurkan tepung terigu dengan minyak, telur serta garam, tuangkan sedikit demi sedikit air sambil terus diuleni hingga adonan kalis.
Bagi rata adonan menjadi 4 bagian, bulatkan dan rendam menggunakan minyak goreng.
Diamkan selama 1 - 2 jam. Untuk 1 jam pertama adonan harus terendam seluruhnya dalam minyak goreng, sedangkan untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam mangkok atau wadah, tutup menggunakan kain atau serbet

Cara Membuat Isi Martabak :

Tumis bawang bombay, bawang putih, sampai harum, tambahkan daging giling, curry powder, merica, irisan dari 1 batang daun bawang dan garam.
Aduk kembali sampai daging matang serta air yang keluar dari daging giling menyusut. Angkat. Sisihkan, bagi menjadi 4 bagian.
Kocoklah 8 butir telur , buat telur orak - arik setengah matang. Sisihkan., bagi rata menjadi 4 bagian.

Cara Membuat Saus Martabak :

Campurkan seluruh bahan kuah menjadi satu.

Cara Membuat Martabak Telur :

Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan menggunakan telapak tangan bawah jempol arah melingkar hingga agak melebar. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula beberapa kali hingga adonan menjadi tipis.
Ambil wadah, isi menggunakan 1 buah telur dikocok, daging giling,orak-arik telur, irisan 2 batang daun bawang, garam, merica. Aduk hingga tercampur rata. Untuk adonan kulit yang kedua sampai ke empat, kerjakan cara yang sama dengan adonan kulit yg pertama, begitu juga dengan isinya.
Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan ke dalam minyak panas. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang. Angkat. Martabak telur hangat siap di sajikan, gunakan sausnya untuk menambah selera anda.

Untuk : 4 buah martabak telur / dapat di isis 6 per buah

Resep martabak telur ini selain bisa di sajikan untuk keluarga anda, bisa juga anda jadikan sebagai peluang usaha martabak untuk anda jual.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!