Resep Martabak Keju

kursus

User Rating: / 1
PoorBest 
Resep Martabak Keju - 1.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Resep Martabak Keju

Resep Martabak keju
Martabak merupakan makanan yang sudah khas yang sangat di gemari masyarakat Indonesia dari seluruh kalangan, martabak manis biasa menjadi penganan sebelum makan atau setelah makan. Anda mungkin dapat membeli martabak di pinggiran jalan, tapi tidak ada salahnya anda membuat sendiri martabak kesukaan anda untuk keluarga tercinta. Anda dapat mengkreasikan sendiri masakan anda, berikut resep martabak keju yang bisa anda buat di rumah.

Bahan Baku Martabak Keju:

  • 400 mililiter santan, anda dapat menggunakan santan instan
  • 350 mililiter air hangat kuku
  • 10 gram ragi instan atau yeast - anda juga dapat menggunakan Haan sebagai ganti ragi instan
  • 500 gram tepung terigu
  • 300 gram gula pasir
  • 4 butir telur ayam
  • 1 sendok teh baking soda


Bahan Isian Martabak Keju

  • Susu Kental Manis
  • Keju yang diparut



Cara Membuat Martabak Keju:


Membuat Adonan Martabak

  1. Satukan air hangat dengan santan, aduk hingga merata. Tambahkan ragi instan ke dalam campuran santan hangat, aduk aduk hingga larut. Sisihkan dahulu.
  2. Satukan gula pasir dengan tepung terigu, buatlah lubang di tengahnya, Setelah itu tambahkan telur ke dalamnya, aduk aduk hingga merata.
  3. Tuang campuran santan sedikit - sedikit, sehingga gula dapat larut. Masukan baking soda, aduk aduk hingga merata sehingga adonan menjadi licin.
  4. Biarkan dahulu selama 30 menit di tempat yang hangat sehingga adonan mengembang hingga dua kali lipat tingginya


Cara mencetak martabak keju

  1. Siapkan wajan bulat cetakan martabak dan panaskan, olesi dengan margarin. Tuangkan adonan martabak ke dalam wajan sehingga mengisi 3/4 wajan bulat cetakan martabak.
  2. Tutupi wajan sehingga martabak setengah matang, taburi dengan gula pasir. Tutup kembali hingga permukaan martabak  agak mengering dan pada bagian luarnya menjadi kecoklatan.
  3. Tuang susu kental manis di seluruh permukaan, lalu taburi keju parut. Potong menjadi dua, lipat, dan rapikan, angkat dan simpan di atas talenan.
  4. Olesi martabak keju dengan margarin. Potong kecil sesuai selera anda.
  5. Martabak keju siap di sajikan.


Selain dapat di sajikan untuk keluarga tercinta anda, martabak juga bisa di jadikan peluang usaha martabak yang menggiurkan apalagi bila anda dapat membuat martabak dengan cita rasa yang khas. Selamat mencoba.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!