Resep Cara Membuat Roti Maryam

kursus

User Rating: / 18
PoorBest 
Resep Cara Membuat Roti Maryam - 4.8 out of 5 based on 18 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Resep Cara Membuat Roti Maryam

Roti Maryam / Roti Canai / Roti Prata

Roti Maryam / Roti Canai / Roti Prata

Roti Maryam atau Roti Canai dan dikenal juga dengan nama Roti Prata berasal dari daerah timur tengah, disana biasanya di jadikan teman untuk makan gulai kambing/kari kambing. Namun untuk di Indonesia, roti maryam biasanya di makan dengan cara diolesi madu, susu, sirup, jeli dan bahkan tanpa tambahan apapun.


Saat ini roti maryam sudah banyak di jual di pasaran, baik yang sudah siap saji ataupun dalam bentuk makanan beku. Roti maryam banyak di jual di kedai-kedai timur tengah dan penjual kebab, namun belakangan penjualan roti maryam di kaki lima juga marak. Cara membuat roti maryam memang tidak semudah membuat roti tortila yang juga berasal dari timur tengah. Banyak langkah yang harus di lalui dalam membuat roti maryam ini.

Berikut ini adalah resep cara membuat roti maryam yang di ambil dari blognya Mba Vivi, terlihat mudah bagi yang sudah berhasil mencobanya.

 

Bahan bahan membuat roti maryam :

  • 1 kilogram tepung terigu
  • 2 butir telur utuh
  • 2 butir kuning telur
  • 4 sendok makan susu bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 175 cc  minyak goreng
  • 450 cc  air hangat
  • Margarin untuk olesan secukupnya


Cara membuat roti maryam :

Siapkan wadah, masukkan air, minyak goreng serta telur. Aduk dengan garpu atau whisker asal rata aza.
Masukkan bahan kering kedalam campuran minyak goreng tadi, uleni hingga benar-benar  kalis.
Adonan siap digunakan.

Langkah pertama.

Cara Membuat Roti Maryam

Siapkan loyang yang sudah diolesi minyak goreng. Bagi adonan dengan ukuran sama rata menjadi 22 buah, namun bila ingin lebih kecil atau lebih besar juga boleh tergantung selera kita.

Cara Membuat Roti Maryam

Tata diloyang, olesi permukaan dengan minyak goreng biar tidak kering.

Cara Membuat Roti Maryam

Setelah itu tutup adonan dengan plastik dan lap basah, diamkan selama 1 jam.

Resep Roti Maryam

Sesudah 1 jam, tipiskan adonan. Cukup ditekan-tekan dengan tangan dimeja yang sudah dikasih minyak goreng biar tidak lengket karena adonan sudah lentur. Olesi rata dengan 1 sendok makan margarin.

Resep Roti Maryam

Kemudian gulung adonan yang telah ditipiskan pelan-pelan.

Roti Canai

Adonan yang sudah digulung didiamkan dulu biar lebih elastis lagi untuk proses selanjutnya.

Roti Canai

Sebelum digulung melingkar seperti ini, adonan yang panjang tadi ditarik pelan-pelan supaya biar lebih panjang. Ini dimaksudkan supaya lapisannya semakin tipis , gulung melingkar dari arah yang berlawanan kemudian ketika sudah ditengah adonan ditumpuk.

Roti Prata
Seperti ini jadinya.

Roti Prata

Letakkan adonan diatas sepotong kertas nasi atau plastik atau daun pisang. Tujuannya supaya lebih mudah ketika akan dipindah ke teflon, jangan lupa juga adonan dipipihkan  kira-kira 1/2 cm.

Roti Maryam

Ini roti maryam yang sudah melalui proses dipanaskan di teflon. Adonan yang sudah dipipihkan tadi tinggal dibalik plastiknya pelan-pelan dan adonan akan turun dengan hati-hati.


Jika roti maryam tadi akan disimpan dahulu di freezer atau di bekukan, warna  roti maryam saat di teflon tidak perlu terlalu lama karena akan di masak kembali. Semoga resep cara membuat roti maryam ini bisa membantu, terutama bagi yang akan terjun ke usaha kecil roti maryam.

Refferensi :

Gambar dan resep By Mba Vivi


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!