Resep Cara Membuat Mie Skala Industri Rumah Tangga UKM

kursus

User Rating: / 2
PoorBest 
Resep Cara Membuat Mie Skala Industri Rumah Tangga UKM - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Resep Cara Membuat Mie Skala Industri Rumah Tangga UKM

resep cara membuat mie skala industri rumah tangga ukm
Masyarakat Indonesia saat ini sangat menggemari mie, bahkan hingga masyarakat pedesaan mie sudah seperti makanan pokok. Makanan mie yang paling laris tentu saja mie instan, karena penyajian sangat cepat dan bisa dibuat semua orang. Sedangkan mie jenis lain biasanya dijadikan berbagai bahan usaha makanan berbasis mie, seperti usaha mie ramen, usaha mie ayam, usaha soto mie dll. Berbagai macam peluang usaha mie ini dijual mulai di kaki lima hingga restoran kelas atas.


Jenis-jenis Mie

Seperti kita ketahui, jenis mie dibedakan menjadi 4 jenis. Jenis-jenis mie ini dibedakan dari tingkat pengolahannya. Yaitu jenis mie mentah atau fresh noodle/raw noodle, mie mentah biasanya digunakan pada usaha mie ayam atau mie ramen dan masakan mi di restoran. Jenis kedua adalah mie basah (wet noodle), biasa digunakan oleh indistri baso, usaha soto mie hingga dijual dipasar tradisional. Jenis ketiga adalah mie kering (dry noodle), biasanya dijual dipasar dan toko. Jenis terakhir adalah mie instan, mi instan biasanya diproduksi oleh industri besar karena membutuhkan peralatan yang canggih dan padat modal.

Bahan Baku Utama Membuat Mie

 

  • Tepung terigu atau bisa dicampur dengan Tepung tapioka
  • Air
  • Garam.


Bahan baku Tambahan

  • Telur untuk meningkatkan nilai gizi
  • Pengental seperti air abu atau kansui,  STPP = Sodium Tri Poly Phosphat, CMC ( Carboxymethyl Cellulose )
  • Bahan pengawet benzoat


Peralatan Yang dibutuhkan


  • Mesin Cetak Mie
  • Wadah plastik atau baskom
  • Rol kayu untuk membentuk lembaran, bisa juga menggunakan mesin mie
  • Panci
  • Kompor
  • Kuas
  • Ayakan

 

Resep Cara Membuat Mie Skala Industri Rumah Tangga UKM

cara membuat mie basah


Ini adalah Resep Cara Membuat Mie Skala Industri Rumah Tangga UKM, dengan menggunakan perbandingan sesuai dengan banyaknya mie yang akan dibuat. Perbandingan ini mengacu pada banyaknya jumlah tepung.

  • Tepung 100 %
  • Air ± 30 %
  • Garam 1 %
  • Telur 1 % (pilihan)
  • Air abu1-1,5 % (pilihan) atau kansui : 0,5 atau STPP = Sodium Tri Poly Phosphat sebanyak 0,25 % dari jumlah adonan atau CMC = Carboxymethyl Cellulose sebanyak 0,5 %


Jadi untuk jumlah tepung yang dipakai sebanyak 1000 gr, maka Resep Cara Membuat Mie Skala Industri Rumah Tangga UKM adalah sebagai berikut :

  1. Tepung terigu 700 gram
  2. Tepung sagu 300 gram
  3. Air 250 ml
  4. Garam 10 gram
  5. Telur (pilihan)100 gram
  6. Kansui 10 gram atau STPP 5 gram atau CMC 10 gram


Cara Membuat Mi Skala UKM

  1. Siapkan bahan bahan sesuai dengan resep yang akan dibuat. Untuk memudahkan, gunakan kelipatan 500 gram atau 1000 gram.
  2. Seluruh bahan-bahan kering seperti tepung dicampur rata dalam wadah, sedangkan kansui(pengenyal) dan garam dilarutkan dalam air.
  3. Buatlah lekukkan ditengah adonan tepung didalam wadah, isi lekukan tersebut dengan telur, air serta bahan cair lain.
  4. Adonan diaduk dan diuleni dengan tangan hingga berbentuk adonan kalis. Pengadonan bisa dilakukan dengan menekan adonan diatas meja dengan kayu.
  5. Adonan yang sudah kalis dibulatkan, tutup dengan plastik dan didiamkan ± 30 menit, kemudian uleni kembali ± 5 menit.
  6. Adonan mie dipotong-potong atau dibagi–bagi menjadi ± 100 gram, kemudian bentuk bulat serta dipipihkan dengan roll kayu atau mesin mie yang memiliki fungsi memipihkan hingga ketebalan ± 1,5 cm.
  7. Setelah tebal lembaran dirasa cukup sesuai tebal mie yang akan kita buat, lembaran mie bisa kita potong menjadi tali-tali mie. Mie yang dihasilkan dalam tahap ini adalah mie mentah atau fresh noodle/raw noodle, kita bisa langsung membuat masakan mie atau diolah ketahap selanjutnya.
  8. Mi mentah kita olah kembali menjadi mie basah (wet noodle), mie mentah direbus dalam air mendidih sambil diaduk perlahan selama ± 3 menit. Angkat mie dan tiriskan, cuci dengan air bersih mengalir hingga air cucian bersih. Mie basah sudah bisa di pasarkan atau diolah sebagai bahan resep masakan mie.
  9. Mie mentah selain diolah menjadi mie basah bisa juga kita olah menjadi mie kering, mie mentah dikeringkan dengan cara diangin-anginkan datu dijemur, atau bisa juga dengan menggunakan oven dengan suhu ± 50oC.
  10. Sedangkan untuk membuat mie instan, umumnya bahan yang digunakan ditambahi bahan tambahan khusus agar terbentuk gluten hingga mie mudah dimasak. Mie mentah yang dihasilkan dari adonan mie instan ini dikukus atau steam, kemudian digoreng atau di oven.

cara membuat mie instan


Mie mentah dan mie basah sangat mudah rusak, daya tahan kedua mie ini hanya 1 hingga 2 hari, atau 2-3 hari jika disimpan di kulkas. Mi kering yang didapat dengan cara dijemur dari mi mentah bisa disimpan lebih lama, namun mudah patah (hancur) karena sifatnya yang rapuh. Penanganan mi kering mesti ditangani dengan hati-hati, terutama pada pengemasan dan pemasarannya. Untuk mie instan biasanya diproduksi oleh industri besar, sebab membutuhkan peralatan yang canggih guna membentuk gelombang-gelombang tali mi, pemasakan memakai uap, serta penggorengan dan pengeringan dalam waktu singkat.

Semoga Resep Cara Membuat Mie Skala Industri Rumah Tangga UKM ini bisa membantu sahabat UKM untuk berkreasi dalam usaha mie.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!