Resep Cara Membuat Cincau Hitam

kursus

User Rating: / 31
PoorBest 
Resep Cara Membuat Cincau Hitam - 5.0 out of 5 based on 31 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Resep Cara Membuat Cincau Hitam

Cincau Hitam
Cincau hitam merupakan penganan yang sangat di minati dan biasanya dicampurkan dalam es campur, cincau hitam akan semakin di cari saat bulan puasa tiba sebagai 'Tajil' puasa. Rasanya yang kenyal, enak, segar dan dingin sangat cocok untuk di campurkan dengan minuman dingin apa saja. Berikut ini adalah resep cara membuat cincau hitam.

 

Resep Cincau Hitam

Cincau hitam di buat dari pati daun bagelan, daun bagelan biasanya bisa di dapat di pasar-pasar tradisional dalam bentuk kering dan di ikat-ikat serta di jual per-ikatan. Bahan baku cincau hitam juga sudah banyak ditemui dalam bentuk serbuk siap pakai. Cincau hitam yang sudah jadi juga banyak di jual di pasar tradisional, bahkan di pasar modern juga sudah banyak tersedia. Walau begitu membuat sendiri cincau hitam adalah sebuah jaminan kesehatan dari kita karena seluruh proses dan bahan bisa kita awasi dengan baik hingga cincau hitam yang dihasilkan benar-benar lezat dan sehat seperti yang kita inginkan. Resep cara membuat cincau hitam ini bisa di ikuti dan dibuat sendiri dirumah dengan mudah.

Daun Janggelan Kering Bahan Cincau Hitam


Bahan-bahan yang di butuhkan dalam membuat cincau hitam

  • Daun janggelan kering atau disebut juga daun cincau kering
  • NaOH/Abu Qi, zat ini digunakan untuk membantu menggeluaran zat pati
  • Tepung tapioka secukupnya.
  • Air bersih secukupnya.

Abu Qi merupakan bentukan modern dari air Qi. Secara tradisional air qi atau londo merang (bahasa Jawa) dibuat dari abu tangkai padi yang sudah direndam sebelumnya dalam air kemudian disaring. Air Qi ini di gunakan dalam resep cara membuat cincau hitam untuk membantu mengeluarkan zat pati daun janggelan.

Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat cincau hitam :

  • Kompor
  • Wadah
  • Pengaduk loyang
  • Alat penyaring

Cara Membuat Cincau Hitam

  1. Daun janggelan kering dicuci terlebih dahulu memakai air bersih. Ini dilakukan untuk memperoleh zat pati dari daun janggelan agar lebih optimal.
  2. 1 kilogram daun janggelan kering bersama Abu Qi direbus dalam 20 liter air, masak hingga air berkurang setengahnya. Jangan lupa diaduk secara terus-menerus sebab buih dari campuran ini bisa meluap dan tumpah saat mendidih.
  3. Ambil larutan zat pati cincau hitam kemudian saring menggunakan alat saring.
  4. Berlanjut keproses selanjutnya adalah pembentukan gel cincau hitam.
  5. Sesudah larutan zat pati cincau dingin, campur dengan larutan tepung tapioka. Jangan lupa sambil terus diaduk.
  6. Rebus kembali hingga mendidih dan mengental. Terus diaduk supaya tidak menggumpal.
  7. Tuangkan ke dalam loyang atau cetakan, ember atau wadah lain.
  8. Tunggu hingga dingin sekitar 7-10 jam.
  9. Sesudah dingin cincau hitam siap di nikmati.

Gambar proses resep cara membuat cincau hitam

Cara Membuat Cincau hitam

Membuat Cincau hitam

cara mencetak cincau hitam


Cincau hitam hasil buatan sendiri sudah bisa dinikmati menjadi berbagai macam minuman dingin seperti es campur, bisa juga di kreasikan menjadi minuman lain seperti cincaupucino yang saat ini sedang naik daun. Manfaatkan juga sebagai peluang usaha cincaupucino yang saat ini sedang naik daun atau bisa juga dengan usaha membuat cincau hitam. Resep cara membuat cincau hitam ini memang memakan waktu yang lama dalam proses pembuatan cincau hitam sebab harus di dinginkan, walau begitu sangat pantas dengan hasil yang di dapatkan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!