Resep Cara Membuat Cincau hijau

kursus

User Rating: / 29
PoorBest 
Resep Cara Membuat Cincau hijau - 4.8 out of 5 based on 29 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Resep Cara Membuat Cincau hijau

Resep Cara Membuat Cincau hijau
Resep cara membuat cincau hijau dibuat dari tanaman cincau yang daunnya menghasilkan gel (jeli), ini semacam agar-agar untuk bahan minuman. Jeli cincau terasa segar dan tawar dengan aroma yang sangat khas. Selain lezat dan menyegarkan, cincau juga berkhasiat antipiretik (menurunkan suhu badan atau yang populer sebagai panas dalam), dan stomakikum (merangsang nafsu makan). Khasiat cincau ini disebabkan oleh adanya kandungan berbagai alkaloid, yang terdapat dalam butir hijau daun. Cincau dapat dikonsumsi secara tunggal dengan santan dan gula merah, bisa juga dengan campuran berbagai macam bahan.

 

Mengenal tanaman cincau hijau

Tanaman penghasil cincau

Cincau hijau berasal dari dua jenis tanaman yang berbeda. Yakni cincau rambat (Cyclea barbata) dan cincau perdu (Premna oblongifolia). Sementara cincau hitam berasal dari tanaman Mesona palustris atau janggelan. Ada juga tanaman lain yaitu Stephania  hernandifolia atau dikenal dengan nama cincau minyak yang sering di gunakan untuk membuat cincau

Tumbuhan pertama yang daunnya biasa digunakan untuk membuat cincau adalah Cyclea barbata atau cincau rambat. Cyclea barbata atau cincau rambat ini digunakan untuk membuat Cincau Hijau. Tanaman cincau rambat ini termasuk kedalam suku Menispermaceae, tumbuhan merambat, daunnya berwarna hijau berbentuk bulat telur sampai segitiga. Ukuran daunnya 8-16 x 4-12 cm. Bunganya berwarna kuning kehijauan. Cincau dari cincau rambat dibuat dari esktrak daun segarnya dan dapat dilakukan menggunakan air yang tidak terlalu panas. Gel cincau dari Cyclea barbata berwarna hijau yang kemudian dikenal masyarakat sebagai cincau hijau.

Tumbuhan cincau berikutnya adalah Mesona palustris atau dikenal dengan nama janggelan. Gel cincau yang dihasilkan daun Mesona palustris berwarna hitam yang kemudian dikenal sebagai cincau hitam. Berbeda dengan cincau dari Cyclea barbata, cincau hitam dari Mesona palustris dibuat dari ekstrak daun yang dikeringkan terlebih dahulu.  Pembuatan cincau hitam dari daun jenis ini biasanya direbus sampai matang dan ditambahkan tepung tapioka selama proses penjendalan, prosesnya juga lebih panjang.

Tanaman penghasil cincau ketiga adalah Premna oblongifolia atau dikenal dengan sebutan cincau perdu.  Gel cincau yang dihasilkan berwarna hijau seperti cincau hijau dari daun Cyclea barbata (cincau rambat). Daunnya berwarna hijau tapi berbeda dengan dua jenis lainnya di atas, daun Premna oblongifolia berbentuk bulat memanjang dengan ujung meruncing. Cincau dari daun Premna oblongifolia dibuat dari ekstrak daun yang dilayukan terlebih dahulu.

Tanaman penghasil CAO keempat yang dimanfaatkan sebagai penghasil cincao adalah Stephania  hernandifolia atau dikenal dengan nama cincau minyak. Jenis ini termasuk suku Menispermaceae. Daunnya berbentuk bulat telur hingga segitiga, berwarna hijau dengan ujung runcing.

Daun tanaman cincau yang digunakan dalam membuat cincau hijau ini harus yang tipis dan lemas. Sebab jika yang tebal dan kaku, rasanya agak pahit. Untuk daunnya perhatikan saja yang pangkal daun berlekuk, tengah melebar dan ujungnya meruncing dengan panjang antara 5 sampai 10 cm. Tepi daun berombak dan permukaan bawah daun berbulu halus, sedangkan permukaan atas daun berbulu jarang dan terasa kasar bila dipegang.

Resep Cara Membuat Cincau hijau

Cara membuat cincau hijau memang berbeda dengan cara membuat cincau hitam yang memiliki proses panjang. Proses cara membuat cincau hijau lebih gampang, namun daya tahannya hanya sebentar. Yaitu hanya satu hari, jika di simpan di lemari pendingin bisa tahan hingga 3 hari.

Resep Cara Membuat Cincau hijau

Bahan-bahan membuat cincau hijau :
Daun cincau hijau 50 lembar
Air matang  500 ml

Cara Membuat Cincau Hijau :

  1. Hancurkan atau remas daun cincau sampai keluar gel yang berwarna hijau tua sambil ditambahkan 500 ml air matang tadi sedikit demi sedikit. Ingat semakin banyak air, cincau yang dihasilkan akan semakin lembek.
  2. Saring menggunakan kain halus agar dapat diambil airnya saja, pindahkan kedalam mangkuk yang bersih.
  3. Simpan di tempat dingin (atau di lemari es) sampai cincau mengeras dan menjadi agar-agar (sekitar 3-4 jam)
  4. Jika sudah keras, cincau siap disajikan dengan cara disendoki, taro di gelas untuk disantap bersama orang2 tersayang.


Cincau hijau sangat enak disantap dengan tambahan air gula jawa dan diberi es batu, atau bisa juga di jadikan menu es cincau es krim. Selain dibuat untuk orang-orang tercinta kita, manfaatkan juga sebagai usaha UKM.

Refferensi :

Repository IPB


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!