Cara membuat Donat JCO

kursus

User Rating: / 9
PoorBest 
Cara membuat Donat JCO - 5.0 out of 5 based on 9 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Membuat Donat Jco

Cara Membuat Donat Jco


Usaha donat saat ini sedang booming, ini di tandai dengan kemunculan waralaba donat lokal seperti Jco. Donat Jco mampu bersaing dengan industri donat luar yang sudh ada sejak lama seperti Dunkin Donuts, Krispy Kreme dan lainnya. Tak pelak kesuksesan Jco menyaingi pesaing luar membuat para pelaku UKM juga berniat menirunya, hal ini juga sejalan dengan semakin memasyarakatnya kue donat di masyarakat. Banyak pelaku UKm yang ingin terjun ke industri donat mencari-cari cara membuat donat jco atau resep donat Jco, mereka menilai bila bisa membuat donat seperti Jco maka akan memudahkan persaingan dan mendapatkan banyak pelanggan.

Saat ini persaingan dalam usaha donat atau usaha kedai donat terbagi menjadi beberapa level persaingan. Di puncak persaingan bertengger Jco dengan fastfood donat luar lainnya seperti Dunkin Donuts dan Krispy Kreme. Di level kedua di kuasai oleh usaha donat lokal yang umumnya sudah membuka waralaba bagi kedai mereka, sebut saja Donat Madu, Dokar, Lala Donat, PDO Donat dll yang umumnya sudah memiliki beberapa gerai. Banyak dari gerai donat level 2 ini yang meniru donat seperti Jco dan cara membuat donat Jco sehingga cukup disukai masyarakat.


Untuk level ketiga adalah usaha donat mandiri, umumnya hanya membuat donat untuk gerai mereka, atau bisa juga memiliki beberapa gerobak sebagai "Outlet" mereka. Umumnya mereka ini masih dalam sekala UKM Kecil, dengan "Bos" adalah mereka sendiri sebagai 'juragan' donat. Rasa donat mereka bermacam-macam dan sudah cukup baik, namun masih sedikit yang menyerupai cara membuat donat Jco. Target pasar mereka juga kelas menengah kebawah dengan harga yang tentunya lebih murah.

Bagi anda yang ingin juga memulai usaha donat atau bagi seorang bunda yang ingin membuat donat bagi keluarganya tercinta, berikut ini kami sajikan cara membuat donat Jco yang bisa di ikuti baik untuk usaha donat maupun untuk keluarga. Resep dan cara membuat donat Jco yang berstektur lembut dan empuk dengan bahan baku tepung cakra, namun bila ternyata mama mempunyai tepung komachi jepang tetap bisa digunakan dengan resep donat Jco ini.

 

Resep Donat JcO


Bahan donat Jco kita bagi 2, yaitu bahan donat Jco A dan bahan donat Jco B

Bahan Donat Jco A

  • 225 gram Tepung terigu Cakra/Komachi Jepang
  • 7 gram Ragi instan
  • 1/8 sendok teh Garam halus
  • 150 ml Air bersih


Bahan donat Jco B

  • 50 gram Tepung terigu Cakra/Komachi jepang
  • 15 gram Susu bubuk full cream
  • 30 gram Mentega putih
  • 30 gram Gula pasir
  • 1/2 butir Telur, dikocok lepas

 

Cara Membuat Donat JCO

 

  1. Campurkan seluruh bahan donat Jco A menjadi satu, aduk sampai merata, kemudian simpan adonan ini selama 90 menit diwadah tertutup.
  2. Setelah 90 menit serta sudah mengembang, campur adonan A dengan bahan Jco B, uleni hingga elastis selama 10 menit.
  3. Sesudah itu diamkan adonan donat JCO selama 15 menit dalam wadah tertutup kembali.
  4. lalu gilas adonan menjadi setebal 1 cm, lalu diamkan kembali 10 menit
  5. Ketika mencetak dengan cetakan donat dan diamkan selama 10 menit, jika tidak memiliki cetakan donat bisa membuat bulatan-bulatan kecil dari adonan tadi sebanyak 10 buah, lalu tekan hingga menjadi gepeng dan lubangi tengahnya.
  6. Sesudah adonan donat tercetak, panaskan minyak goreng diatas api kecil. Goreng donat jco hingga matang dan berubah warna, angkat dan tiriskan.
  7. Pakai sumpit pada saat menggoreng untuk membentuk lubang sempurna saat digoreng, yang sebelumnya telah memiliki lubang kecil. Caranya adalah pada  saat digoreng mama memasukkan sumpit ini di lubang kecil donat, kemudian goyang-goyangkan berputar dengan sumpit satu arah hingga terbentuk lubang besar.
  8. Bila kita sudah menggunakan cetakan donat, biasanya sudah terbentuk lubang besar walaupun tetap saja sumpit akan membantu kerapihan lubang saat menggoreng.
  9. Setelah dingin, kita bisa kreasikan toping diatasnya sesuai selera mama atau keluarga. Bisa memakai gula bubuk, meses, saus coklat, irisan keju atau toping lainnya sesuai selera.


Donat Jco memang terkenal dengan tekstur yang lembut dan empuk, namun bukan berarti kita tidak bisa menirunya. Jangan ragu untuk membuka usaha donat ini karena peluang usahanya masih sangat terbuka. Tirulah cara membuat donat jco ini dan kreasikan sesuai kreatifitas anda, beri topping yang menarik. Saatnya untuk membuka gerai pertama anda, bahkan Jco pun di mulai dari satu gerai.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!