Bahan Pembuatan Mie

kursus

User Rating: / 2
PoorBest 
Bahan Pembuatan Mie - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Bahan Pembuatan Mie

Demikianlah bahan bahan pembuatan mie yang harus disediakan dalam membuat mie untuk mendukung usaha kecil mie kita. Semoga bermanfaat.
Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Jenis-jenis Mie, Resep Cara Membuat Mie Skala Industri Rumah Tangga UKM, Cara Membuat Mie Dengan Mesin Mie Sederhana. Ada baiknya kita lebih mengenal bahan bahan pembuat mie.

 

 

Bahan Pembuatan Mie

Tepung Tapioka

Tepung tapioka merupakan salah satu bahan tepung campuran pembuat mie. Tepung tapioka merupakan granula pati yang terdapat pada sel umbi ketela pohon. Tepung tapioka juga mengandung  17% amilosa serta 83% amilopektin. Juga mengandung karbohidrat sebagai komponen utama selain lemak, protein, serta komponen lain dalam jumlah yang relatif sedikit. Tepung tapioka banyak digunakan dalam pengolah makanan sebab tidak mudah menggumpal, mempunyai daya perekat yang tinggi hingga penggunaannya bisa dihemat, tidak mudah pecah atau rusak, serta suhu gelatinisasinya rendah.

Tepung Terigu

Tepung terigu terbuat dari gandum, Hingga saat ini belum ada bahan lain yang umum digunakan sebagai pengganti gandum sebagi bahan pembuatan tepung terigu. Hal ini disebabkan gandum merupakan satu-satunya jenis bijian yang mengandung gluten didalamnya. Gluten merupakan protein tidak larut air, memiliki sifat elastis layaknya karet serta menjadi kerangkan dalam pembuatan mie. tepung terigu merupakan bahan pembuatan mie yang utama.

Minyak Goreng

Minyak goreng digunakan sebagai media penghantar panas dalam proses pembuataan mie. Selain itu, pemberian minyak goreng juga berguna untuk memperbaiki tekstur serta cita rasa dari bahan pangan.

Garam Dapur

Garam dapur berfungsi guna meningkatkan temperatur gelatinisasi pati. Garam akan berpengaruh terhadap aktifitas air selama gelatinisasi, yakni menurunkan Aw untuk gelatinisasi. Pemberian garam dapur (NaC1) disamping memberikan rasa terhadap mie juga berguna memperkuat tekstur, membantu reaksi gluten serta karbohidrat dalam mengikat air.

Garam adalah bahan penyedap yang dapat dipakai dalam makanan. Garam dipakai guna memberi rasa gurih serta meningkatkan kelihatan gluten. Garam juga merupakan suatu bahan pemadat (pengeras). Jika adonan mie tidak menggunakan garam, maka adonan mie tersebut akan agak basah. Garam bisa memperbaiki butiran serta susunan pati menjadi lebih kuat dan secara tidak langsung membantu pembentukan warna mie.

Air

Air menjadi penentu konsistensi serta karakteristik rheologi dari adonan mie. Disamping itu, air juga berfungsi sebagai pelarut bahan-bahan tambahan dalam proses pembuatan mie. Hingga bisa terdispersi secara merata.

Air Alkali

Air yang dipakai didalam pembuatan mie instan berfungsi guna mempercepat terjadinya gelatinisasi. Komposisi dari air alkali terdiri dari garam, pewarna tartazine CI 19140, poliphosfot, potassium karbonat serta sodium karbonat.

Air tebu atau air khi atau kansui dipakai sejak dahulu sebagai bahan alkali untuk membuat mie. Komponen utamanya yaitu K2CO3, NaCO3 dan KH2PO4. fungsi pemberian air abu yaitu untuk mempercepat pengikatan gluten,meningkatkan elastisitas dan flexibilitas meningkan kehalusan texstur dan meningkatkan sifat kenyal.

Air kansui berguna meningkatkan daya rehidrasi, kekenyalan, dan kehalusan texstur. Selain sebagai alkali, natrium karbonat dan kalium karbonat juga dipakai untuk flavour dan mengontrol pH. Natrium karbonat pada makanan juga bisa berguna sebagai anti oksidan.

Sodium tripolifosfat ( Na5,P3O10 ). Dipakai sebagai bahan pengikat air, dimaksudkan supaya air dalam adonan tidak menguap hingga tidak mengalami pengerasan atau pengeringan pada permukaan sebelum pembentukan lembaran adonan. Perbaikan terhadap sifat-sifat adonan tidak menunjukkan penghambatan terhadap alfa amilase.

Pemantap Emulsi dan Pengental

Biasanya bahan-bahan pengental serta pembentuk gel yang larut di dalam air disebut gum. Gum yang sebagian besar berada pada bahan alami dibutuhkan sebagai bahan tambahan yang serguna sebagai pengental, pembentuk gel, dan pembentuk lapisan tipis selain itu juga berfungsi sebagai pembentuk suspensi, pengemulsi, pemantap emulsi.

Pengemulsi yang dipakai adalah CMC, yang mempunyai sifat mudah larut dalam air dan membentuk larutran koloid. Dalam proses pembuatan mie, CMC berguna sebagai pengembang. Selain itu bahan ini juga mampengaruhi sifat adonan dari produk, memperbaiki ketahanan terhadap air, dan menjaga produk tetap empuk selama dalam penyimpanan.

Sebenarnya ke 2 bahan tersebut bisa digantikan dengan:

-Pengenyal ( STPP = Sodium Tri Poly Phosphat ) , karena sifatnya yang bisa mempengaruhi terbentuknya gluten pada mie, sehingga sangat berpengaruh terhadap tekstur mie yang dihasilkan, dimana tekstur mie akan menjadi lebih liat. Selain itu STPP juga dapat mengikat air sehingga dapat menurunkan aktivitas air sehingga kerusakan karena factor mikroba dapat dicegah. Penggunaan bahan ini sebesar 0,25 % dari jumlah adonan.

-CMC ( Carboxymethyl Cellulose ), penggunaannya sebesar 0,5 % akan bisa meningkatkan kekenyalan dan keliatan, tidak lengket dan licin. CMC juga berfungsi supaya mie menjadi lebih elastis serta tidak mudah menjadi bubur /mblobor ( red : Bhs. Jawa ) saat mie dimasak. Sedangkan pada mie kering bisa sebagai pengikat bahan-bahan lain dan memberikan tekstur mie yang halus setelah direbus.

-Soda Kie S dan Soda Kie P
, berguna sebagai pembantu pembentukan gluten sehingga mie tidak keras namun kenyal. Soda kie sama dengan soda abu, orang jaman dulu membuat air kie dengan cara membakar merang hingga menjadi abu, kemudian ditambahkan air, sesudah itu direndam 1 malam. Air bening yang diatas diambil. Namanya air kie( merupakan larutan soda abu). Soda abu nama kimianya Sodium Carbonate yang sering disebut dengan Soda Kie S.

Pewarna Makanan

Suatu bahan yang bernilai gizi tinggi, enak serta memiliki tekstur sangat baik, akan tetap kurang peminatnya bila mempunyai tampilan yang kurang menarik atau mempunyai warna yang kurang enak dipandang. Pewarna makanan juga diberikan guna menghindari kesan yang menyimpang dari warna yang seharusnya dari makanan tersebut. Untuk itu ditambahkan pewarna tambahan pada produk-produk makanan tersebut.

Demikianlah bahan bahan pembuatan mie yang harus disediakan dalam membuat mie untuk mendukung usaha kecil mie kita. Semoga bermanfaat.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!