Cara Membuat Batako Secara Manual

Keahlian

User Rating: / 72
PoorBest 
Cara Membuat Batako Secara Manual - 4.8 out of 5 based on 72 votes

Pastikan anda Like UKM Kecil di Facebook untuk mendapat update inspirasi terbaru. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Membuat Batako Secara Manual

Cara Membuat Batako Secara Manual

Pengunaan beton sebagai material bangunan saat ini sudah sangat umum dan telah dibuktikan oleh waktu sebagai bahan dinding yang tahan gempa. Beton dapat diproduksi dengan tangan dan mesin. Penggunaan khusus beton ditentukan oleh ukuran dan mutunya. Salah satu jenis beton yang cukup familiar dikalangan masyarakat adalah BATAKO, ada dua macam cara membuat batako yaitu cara membuat batako secara manual dan cara membuat batako press dengan bantuan mesin cetak press batako.


Batako memiliki sifat-sifat panas dan ketebalan total yang lebih baik dibandingkan dengan beton padat. Bila  dibandingkan dengan batu bata, batako mempunyai  keuntungan tertentu seperti, beratnya hanya 1/3 dari batu bata untuk jumlah yang sama. Batako dapat disusun 4 kali lebih cepat dan cukup kuat untuk semua penggunaan yang biasanya menggunakan batu bata. Dinding yang dibuat dari batako memiliki keunggulan dalam hal meredam panas dan suara. Semakin banyak produksi beton semakin ramah lingkungan dari pada produksi bata tanah liat sebab tidak harus dibakar.

Batako sendiri memiliki berbagai bentuk dan ukuran, yang dikenal dimasyarakat saat ini adalah batako padat dengan batako berlubang. Bedanya hanya di cetakan saja, serta harus di ingat walaupun batako berlubang volume nya tidak sama dengan batako padat namun tetap mesti memiliki kekuatan setara dengan batako padat.

Berikut Bahan -  bahan yang butuhkan untuk membuat batako secara manual adalah :

  • Semen
  • Air
  • Kerikil kasar
  • Pasir (ukuran halus sampai 5 mm)


Peralatan yang diperlukan :

  • Cetakan batako
  • Ayakan pasir
  • Kotak adukan
  • Sendok semen
  • Sekop
  • Cangkul
  • Ember dan ember penyiram
  • Plastik (untuk menjaga kelembaban)


Langkah Persiapan :
Siapkan perkakas,peralatan dan bahan. Ayak pasir pertama dengan ayakan pasir 1 cm untuk memisahkan batu-batu yang besar. Lalu ayak lagi dengan ayakan yang lebih kecil untuk mendapatkan pasir halus. Pasir harus bersih dari kotoran, sampah dan lumpur.

Mengaduk Beton
Kali ini akan dibahas mengaduk beton dengan tangan, jangan lupa siapkan sarung tangan plastik. Langkah-langkah mengaduk beton dengan tangan adalah sebagai berikut :

  1. Taburkan sejumlah pasir yang sudah diukur setebal 10 cm di kotak adukan
  2. Tuang semen di atas pasir dan aduk keduanya secara bersamaan sampai warna keduanya tercampur
  3. Bentuk adukan menjadi gundukan, serta buat lubang seperti cekungan di  tengah
  4. Siram dengan sedikit air secara perlahan dan aduk hingga terbentuk pasta yang merata
  5. Bila menggunakan kerikil, sekarang tambahkan dalam takaran yang sesuai kerikil dan aduk sampai setiap kerikil terlapisi secara merata;
  6. Periksa adukan: ambil segenggam penuh adukan dan bentuk seperti bola kecil. Bila bola tersebut tidak retak, dan tangan sedikit basah, adukan siap untuk dicetak.

Perbandingan Adonan Beton
Untuk perbandingan adonan beton digunakan 1 bagian semen bermutu baik + 2 bagian pasir sungai yang  bersih + 3 bagian kerikil + Air secukupnya

Langkah selanjutnya Mencetak Batako secara manual

Siapkan alat cetakan

  1. Masukkan adukan beton kedalam wadah sementara
  2. Tempatkan bagian bawah cetakan ke tempat yang benar (di bawah atap atau tempat teduh lainnya)
  3. Beri oli dibawah cetakan
  4. Tuang adukan beton kedalam cetakan
  5. Letakkan alat tekan cetakan di atas bagian bawah cetakan
  6. Tekan alat tekan lurus ke bawah hingga “bagian kakinya menyentuh lantai pada ke dua sisi
  7. Injak dengan kaki ke atas alat tekan cetakan, tekan cetakan, ambil pegangan bagian bawah cetakan, perlahan – lahan angkat bagian atas cetakan
  8. Letakkan bagian bawah cetakan ke tanah secara perlahan
  9. Keluarkan peralatan tekan dari bagian bawah cetakan; pisahkan ke samping
  10. Perlahan-lahan angkat bagian bawah cetakan ke atas, dan tempatkan di samping batako yang baru jadi
  11. Biarkan batako yang baru selama 1 hari, jangan kena sinar matahari  langsung
  12. Setelah 1 hari, batako ditumpuk dan dilakukan /curing/ selama seminggu
  13. Bersihkan cetakan dari debu dan beri minyak lagi di cetakan dan batako berikutnya siap dicetak.


Semoga cara membuat batako secara manual ini bisa menambah info bagi kita sehingga mampu mendorong timbulnya ide bisnis baru yang bisa kita kerjakan supaya pengganguran di negeri kita berkurang dan ekonomi keluarga kita meningkat. Bagi anda yang ingin serius membuka usaha batako, ada baiknya bertanya kepada Ahli Bangunan yang ada didaerah anda atau melakukan survey dan mempelajari langsung di pabrik batako sehingga pada prakteknya tidak salah dan merugikan baik untuk pribadi (modal dan waktu) maupun bagi lingkungan.

Sumber Refferensi :

http://www.ilmusipil.com


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel

Akses ditolak!
Silahkan Login atau Register Untuk berkomentar!